ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH

Main Article Content

Januardi Pratomo
Trinandari Prasetya Nugrahanti

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan sebelum dan selama pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan adalah 14 perusahaan sektor keuangan Bank Umum Syariah pada periode 2018-2020 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengujian yang digunakan adalah regresi sederhana (uji t) dan analisis jalur serta uji Sobel. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) pengungkapan ISR berpengaruh terhadap kinerja keuangan; (2) Pengungkapan ISR berpengaruh terhadap nilai perusahaan; (3) kinerja keuangan berpengaruh terhadap nilai perusahaan; (4) tetapi kinerja keuangan tidak mampu memediasi pengaruh pengungkapan ISR terhadap nilai perusahaan.

Article Details

How to Cite
Januardi Pratomo, & Trinandari Prasetya Nugrahanti. (2022). ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 274–283. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial Issues 1.1158
Section
Articles

References

Effendy, L., Isnaini, Z., & Isnawati. (2021). “Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting Perusahaan Yang Tergabung di Jakarta Islamic Index”. Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram, 10(1), 71-87.

Andrianto, & Firmansyah, M.A. (2019). Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori & Praktek). Surabaya: Qiara Media.

Arifin, J. & Wardani, E.A. (2016). “Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure, Reputasi, dan Kinerja Keuangan: Studi pada Bank Syariah di Indonesia”. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 20(1), 37-46.

Arshad, R., Othman, S., & Othman, R. (2012). “Islamic Corporate Social Responsibility, Corporate Reputation & Performance”. International Scholarly and Scientific Research & Innovation, 6(4), 643-647.

Baghallab, S.M. & Chaar, A.M. (2021). “Corporate Social Responsibility in Islamic Commercial Banks in Saudi Arabia”. PalArch’s Journal of Archaeology Egypt Egyptology, 18(13), 1373-1382.

Bowen, H.R. (1953). Social Responsibility of The Businessman. New York: Harper & Row.

Brigham, E.F., & Houston, J. F. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Terjemahan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Bringham, E.F. & Daves, P.R. (2014). Intermediate Financial Management. Cengage Learning.

Dowling, J. & Pfeffer, J. (1975). “Organizational Legitimacy: Social Values and Organizational Behavior”. Pacific Sociological Journal Review, 18, 122-136.

Eisenhardt, K. (1989). Agency Theory: An Assesment and Review. Academy of Management Review, 14, 57-74.

El-Halaby, S. & Hussainey, K. (2015). “The Determinants of Social Accountability Disclosure: Evidance from Islamic Banks Around The World”. International Journal of Business, 20(3), 202-223.

Elkingston, J. (1997). “Cannibals with Forks. The Triple Bottom Line of 21st Century Business”. Oxford: Capstone Publishing Ltd.

Fahmi, Irham. (2013). Analisis Laporan Keuangan, Bandung : Alfabeta.

Fauzi, M., Akbarudin, W.H., Darmasetiawan, I.E., & Darussalam, A. (2020). “Penerapan Tanggung Jawab Sosial Perbankan Syariah Milik Negara dengan Indeks Islamic Social Reporting”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 488-500.

Freeman, R.E. (1984.) Strategic Management: A Stakeholder Approach, Boston, Pitman.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Ghozali, I. dan Chariri, A. (2016). Teori Akuntansi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gray, R., Owen, D., & Maunders, K. (1987). Corporate Social Reporting: Accounting and Accountability. Prentice-Hall, London.

Hadinata, S. (2018). “Islamic Social Reporting Index dan Kinerja Keuangan Pada Perbankan Syariah di Indonesia”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 72-95.

Haniffa. (2002). “Social Responsibility Disclosure: An Islamic Perspective”. Indonesian Management and Accounting Research Journal. 1(2), 128-146.

Harahap, S.S. (2011). Teori Akuntansi (12th Ed.) Jakarta: Rajawali Pers.

Harmono. (2018). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Harun, M.S., Hussainey, K., Kharuddin, K.A.M., & Al-Farooque, O. (2019). “CSR Disclosure, Corporate Governance and Firm Value: a study on GCC Islamic Banks”. International Journal of Accounting & Information Management, Emerald Publishing Limited. 1834-7649.

Hendriksen, E.S. & Breda, M. (2004). Teori Akunting (Terjemahan). Edisi Kelima. Buku Kesatu. Batam Centre: Interaksara.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Services.

https://republika.co.id/berita/q9sq59383/sejauh-mana-dampak-covid-19-terhadap-bank-syariah

https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/Documents/Pages/Statistik-Perbankan-Syariah---Desember-2018/SPS%20Desember%202018.pdf

https://www.sahamok.net/bank/daftar-bank-syariah

Ibrahim, R.H., & Muthohar, A.M. (2019). “Pengaruh Komisaris Independen dan Indeks Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(01), 9-20.

Ikatan Bankir Indonesia. (2014). Memahami Bisnis Bank. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ikit. (2015). Akuntansi Penghimpun Dana Bank Syariah. Yogyakarta: Deepublish.

Indrarini, S. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (Good Governance dan Kebijakan Perusahaan). Surabaya: Scopindo.

Jaiyeoba, H.B, Adewale, A.A, & Quadry, M.O. (2018). “Are Malaysian Islamic Banks’ Corporate Social Responsibilities Effective? A Stakeholders’ View”. International Journal of Bank Marketing, 36(1), 111-125.

Jensen, M.C., & Meckling, W. (1976). “Theory of the firm: Managerial behavior, agency cost and ownership structure”, Journal of Finance Economic 3:305-360.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khairiyani. (2020). “Islamic Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan”. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 8(2), 279-290.

Khan, B., & Tariq, R. (2017). “Corporate Social Responsibility Impact on Financial Performance of Islamic and Conventional Banks: Evidance from Asian Countries”. Research Journal of Finance and Accounting, 8(7), 20-28.

Maliah, Sulaiman, & Willett, R. (2003). “Using the Hofstede-Gray framework to argue normatively for an extension of Islamic Corporate Reports”. Malaysian Accounting Review, 2(1), 27-35.

Murhadi, W.R. (2013). Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat.

Nusron, L.A., & Diansari, R.A. (2021). “Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perbankan Syariah di Indonesia”. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 18(1), 65-73.

Othman, R., Thani, A.M., & Ghani., E.K. (2009). “Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Shariah-Approved Companies in Bursa Malaysia”. Research Journal of International Studies, 12(12), 4-20.

Platonova, E., Asutay, M., Dixon, R., & Mohammad, S. (2018). “The Impact of Corporate Social Responsibility Disclosure on Financial Performance: Evidence from the GCC Islamic Banking Sector”. Journal Business Ethics 151, 451-471.

POJK Nomor 4/POJK.03/2016 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum.

POJK Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan (LJK), Emiten, dan Perusahaan Publik.

Pratomo, J. (2021).“Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Sebelum dan Saat Pandemi COVID-19”. Jurnal Sosial dan Teknologi, 1(12), 648-654.

Siswanti, I. (2018). “The Influence of Financial Performance and Non Financial Performance on Islamic Social Responsibility Disclosure: Evidence from Islamic Banks in Indonesia”. The International Journal of Accounting and Business Society, Vol.26, No.2 (12). Brawijaya University: Malang.

Soemitra, A. (2016). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.

Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, Vol. 87, No. 3. (Aug., 1973), pp. 355-374.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Syukron, A. (2018). “Tanggung Jawab Sosial dan Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Shariah di Indonesia”. Dinar: Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah, Vol.1, Nomor.2 (3-8). ISSN: 2477-0469. eISSN: 2581-2785.

Taskin, D. (2015). “The Relationship between CSR and Banks’ Financial Performance: Evidence from Turkey”. E-Journal of Yaser University.

Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.

Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Jakarta: Gramedia.

Yulianty, R., & Nugrahanti, T.P. (2020). “Pengaruh Sustainability Reporting Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening”. Jurnal Riset Perbankan Manajemen dan Akuntansi, 4(1), 12-24. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/PBS-dan-kelembagaan.aspx

Yusuf, M.Y. (2017). Islamic Social Responsibility (I-CSR) pada Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Depok: Prenadamedia Group.