Strategi diferensiasi, orientasi pasar dan persepsi harga terhadap keunggulan bersaing Marketplace Shopeefood
DOI:
https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i3.2560Keywords:
Diferentiation strategy; Market orientation; Price perception; Competitive advantage; Profit growthAbstract
This study aims to analyze whether the differentiation strategy, market orientation, price perception on competitive advantage in the ShopeeFood marketplace at Maarif Hasyim Latif University students. In this study using quantitative research methods. This research was conducted on students of Maarif Hasyim Latif University, Faculty of Economics with a population of 541 students. The sampling technique of this research uses purposive sampling. The study uses multiple linear regression data analysis techniques. The results of this study show, the differentiation strategy partially has a positive and insignificant effect on competitive advantage, market orientation partially has a positive and significant effect on competitive advantage, price perception has a positive and significant effect on competitive advantage, differentiation strategy, market orientation, and price perception simultaneously have a positive and significant effect on competitive advantage. The implications this research it is hoped that ShopeeFood will pay more attention to the factors affect its competitive advantage. This allows ShopeeFood to implement the right strategy to maximize profit growth.
References
Dewi, N. D., & Ps, N. (2019). Pengaruh Kemudahan, Keamanan Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Menggunakan Aplikasi SHOPEE (Studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo). JURNAL EKOMAKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 8(1), 25–32. https://doi.org/10.33319/jeko.v8i1.29
Dimas, R., Priharti, V., Herlina, T., & Hakiki, N. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Usaha Rumah Kreatif PT . Semen Baturaja. 9(1), 45–59.
Firmansyah, M. A., Mahardhika, B. W., & Susanti, A. (2019). Pengaruh Strategi Diferensiasi Dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Elzatta Royal Plaza Surabaya. Jurnal Balance, XVII(2).
Kumesan, B. Y., Wenas, R. S., & Poluan, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Niat Beli Konsumen Di Restoran Cepat Saji Richeese Factory Bahu Mall Manado. 9(4), 1187–1197.
Luwiska, A. (2019). Analisis Pengaruh Digital Marketing Terhadap Repeat Purchase Dengan Digtal Promotion Dan E-Service Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Layanan Pesan-Antar Makanan SHOPEE FOOD Di Surabaya. 21.
Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Toko Immanuel Sonder. 9(3), 1077–1086.
Muhajirin, K. (2019). Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing ( Studi Pada UMKM Tenun Gedogan Kota Bima ). 490–502.
Omega, wilar W., Frederik, W. G., & Soepeno, D. (2017). Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Keunggulan Bersaing Pada PT.Bank Central Asia, Tbk. Kantor Cabang Utama Manado. 5(3), 3845–3854.
Rinandiyana, L. R., Kurniawan, D., Siliwang, U., & Bersaing, K. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Profitabilitas. 5(3), 681–688.
Satyarini, R. (2016). Strategi Diferensiasi sebagai Alat untuk Memenangkan Persaingan pada Industri Kreatif di Bandung. Bina Ekonomi, 20(1), 47–56.
Sinaga, dewi sartika. (2015). Pengaruh Strategi Diferensiasi terhadap Kepuasan Konsumen (Kasus Hotel Ratu Mayang Garden Pekanbaru). 2(2), 1–9.
Sugiyono. (2017). “Penelitian adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antar satu variabel dengan variabel lain. Repository.Stp, 26–37.
Suhaeni, T. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif ( Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung ). 4(1), 57–74.
Sukmawati, B. S. N., & Setiawati, C. I. (2021). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee. E-Proceeding of Management, 8(4), 3354–3363.
Tampi, N. H. R. (2015). Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Diferensiasi Layanan Dan Diferensiasi Citra Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada PT. Telkomsel Grapari Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(4).
Yucha & Harianto. (2021). Pengaruh Digital Marketing dan Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di E-Commerce Shopee pada Mahasiswa UMAHA. 4(1), 40–44.
Zahara, A. P., Danial, R. D. M., & Samsudin, A. (2020). Strategi Diferensiasi Sebagai Upaya Mewujudkan Keunggulan Bersaing pada UKM Furniture. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 20–27.