Pengaruh personal branding, tingkat kepuasan, trust, dan motivasi berkoperasi terhadap loyalitas anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) “Bina Bersama” Lampung Utara
Main Article Content
Abstract
This study aims to examine the effect of personal branding, level of satisfaction, trust, and motivation of cooperatives on the loyalty of members of the Sharia Financing Savings and Loans Cooperative "Bina Bersama" North Lampung. This research is causal quantitative research. The dependent variable is loyalty and the independent variables are personal branding, level of satisfaction, trust, and motivation to cooperate. This research sample amounted to 166 samples taken by non-probability sampling technique with purposive sampling. Based on the results of the study, it was found that: (1) there is a positive influence of personal branding on the loyalty of cooperative members (2) there is no influence of the level of satisfaction on the loyalty of cooperative members (3) there is a positive influence of trust on the loyalty of cooperative members (4) there is no positive effect of cooperative motivation to the loyalty of cooperative members.
Article Details
References
Choeriyah, N. (2015). Pengaruh motivasi berkoperasi dan loyalitas anggota terhadap partisipasi anggota di KUD Mekar Ungaran Kabupaten Semarang. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, 1–132.
Ekawati, R. D., Rusdarti, & Hadi, S. (2014). Pengaruh citra, pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas anggota pada Koperasi Wanita Persada Mandiri Salatiga. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 38–45.
Grzesiak, M., Grzesiak, & Barlow. (2018). Personal brand creation in the digital age. Palgrave Pivot.
Haroen, D. (2014). Personal branding. Gramedia Pustaka Utama.
Hearn, A., & Schoenhoff, S. (2015). From celebrity to influencer: Tracing the diffusion of celebrity value across the data stream. A companion to celebrity, 194-212.
Maliyah, S. (2015). Pengaruh citra merek, kepercayaan (trust) dan komitmen terhadap loyalitas nasabah pada PT. Henan Putihrai Asset. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 9–21. https://www.neliti.com/publications/96732/pengaruh-citra-merek-kepercayaan-trust-dan-komitmen-terhadap-loyalitas-nasabah-p
Nugraha, C. A., Riyanto, J., & Gozali, I. (2017). Pengaruh persepsi dan nilai nasabah terhadap tingkat kepercayaan bank (Studi pada nasabah bank BPR syariah di Kota Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen, 32(1), 71–79. https://doi.org/10.24856/mem.v32i1.461
Nur, A. M., & Ali, A. (2020). Analisis kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan pada Koperasi Kredit Pintu Air Cabang Makassar. Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 3(2), 86–92. https://doi.org/10.33627/pk.v3i2.413
Oktariana, Y., Fauzi, A., & Kumadji, S. (2012). Faktor-faktor customer relationship management (manajemen hubungan pelanggan) dalam mewujudkan kepuasan anggota dan dampaknya terhadap loyalitas anggota (Survey pada anggota Koperasi Nusantara Cabang Malang di Kantor Pos Besar Malang). Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 149–162. https://profit.ub.ac.id/index.php/profit/article/download/250/556
Pradasa, T. G. (2020). Pengaruh motivasi, kompensasi, dan gaya kepemimpinan terhadap loyalitas karyawan (Studi kasus pada Karyawan PT Linard Power Kontraktor Jakarta). Skripsi Mahasiswa, FEB Universitas Muhammadiyah Suraakarta.
Prayoga, I. M. S., Jodi, I. W. G. A. S., & Putra, B. N. K. (2019). Pengaruh trust dan komitmen terhadap loyalitas (Studi pada Koperasi Arsa Winangun Kintamani). In Seminra Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-InoBali, 564–567.
Putra, D. P. dan Ayuni, R. F. (2016). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan toko online. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Uinversitas Brawijaya, 4(2), 1-10.
Putri, C. U. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap loyalitas anggota Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Anugerah Syariah Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Skripsi FE UNNES Semarang, 1–70. https://lib.unnes.ac.id/29614/1/7101413025.pdf
Rusdarti, Siti Maghfiroh. (2016). Pengaruh kepuasan, antusiasme, dan switching barrier terhadap loyalitas anggota pada koperasi serba usaha. Jurusan Pendidikan Ekonomi, 5(1), 290–300.
Safari, N. H. (2015). Pengaruh pengetahuan perkoperasian, motivasi berkoperasi dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) Padurenan Jaya Gebog Kabupaten Kudus. Universitas Negeri Semarang, 94. http://lib.unnes.ac.id/17468/1/7101409069.pdf.
Setiawan, H., Minarsih, M. M., dan Fathoni, A. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi kasus pada nasabah Koperasi Rejo Agung Sukses Cabanng Ngaliyan). Journal of Management, Vol. 2(2), 1-17.
Setyoparwati, I. C. (2019). Pengaruh dimensi kepercayaan (trust) konsumen terhadap kepuasan pelanggan pada e-commerce di Indonesia. Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), 111–119. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp111-119
Silaban, N. R. U. (2015). Pengaruh kualitas layanan dan kepuasaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Koperasi Simpan Pinjam Rentha Jaya Purwakarta. Jurnal Administrasi Bisnis Unpar, 11(1), 65–87.
Sugiyono, M. (2016). Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulistyowati, T. Y., Hadi, S. & Harnanik (2015). Pengaruh pelayanan, kinerja pengurus koperasi, dan motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota koperasi pegawai Republik Indonesia (KPRI) Eka Karya Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 496–508. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Sumantika, A., dan Prakosa, A.(2018). Brand positioning, persepsi dan kepercayaan nasabah pada bank perkreditan rakyat. Jurnal Optimum, Vol/ 8(2), 225-235.
Sutrisno, S., Cahyono, D., & Qomariah, N. (2017). Analisis kualitas pelayanan, kepercayaan serta citra koperasi terhadap kepuasan dan loyalitas anggota. Jurnal Sains Manajemen & Bisnis Indonesia, 7(2), 157–174. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/1230/990
Uno, H. B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.
Verawati, G. dan Nugrahini, D.D. (2022). Dampak strategi personal branding funding officier terhadap loyalitas nasabah di bank pembiayaan rakyat syariah Lantabur Tebuireng Cabang Mojokerto. Falahiya: Research Journal of Islamic Bankimg and Finance, Vol 1(1), 35-43.
Widhiantari, N.M.T.dan Wirawan, I. D. G. K. (2022). Pengaruh motivasi anggota dan sikap anggota terhadap loyalitas anggota pada Koperasi Serba Usaha Kertasari Sedana Banjar Kertasari Peguyangan Tahun 2020. Arthaniti Studies Journal, Vol. 3(1), 6-12. https://doi.org/10.5281/zenodo.5549464
Yusanda, A., Darmastuti, R., & Huwae, G. N. (2021). Strategi personal branding melalui media sosial instagram (Analisis isi pada media sosial mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana). Scriptura, 11(1), 41–52. https://doi.org/10.9744/scriptura.11.1.41-52.
Zahara, & Silvia, S. (2020). Analisis layanan jasa koperasi terhadap tingkat kepuasan anggota koperasi (Studi Kasus Koperasi Bina Usaha di Desa Gampong Raya Dagang). Jurnal Sain Ekonomi Dan Edukasi (JSEE), VIII(1). http://www.jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jsee/article/view/547