Pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan
Main Article Content
Abstract
The author of the study aims to examine the factors that affect firm value. There are several variables used, namely profitability, leverage, firm size, and liquidity. The purpose of this research is to find out empirically namely profitability, leverage, firm size, and liquidity affect firm value in the financial sector of companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2017-2020. The research sample using purposive sampling method, obtained as many as 33 financial sector companies for 4 years based on certain criteria. The research shows that the profitability variable does not affect firm value, liquidity does not affect firm value, leverage affect but does not significantly affect firm value, and firm size significantly affect firm value.
Article Details
References
Akbar, F., & Fahmi, I. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, Vol. 5.
Angga Pratama, A. B., & Wiksuana, I. G. B. (2018). Pengaruh Firm Size Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5, 1289. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i05.p03
Anugerah, K. H. G., & Suryanawa, I. K. (2019). Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusaaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 26, 2324. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i03.p24
Astuti, N. K. B., & Yadnya, I. P. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kebijakan Dividen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 3275. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p25
Ayu Widiastari, P., & Wirawan Yasa, G. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Free Cash Flow, dan Ukuran Perusahaan padaNilai Perusahaan. 23, 957–981.
Dewi, N. P. I. K., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaa Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen, 8(5), 3028–3056.
Fahmi, I. (2012). Analisis Kinerja Keuangan. Alfabeta.
Fahmi, I. (2014). Analisis laporan keuangan (D. Handi (ed.); Cet. 4). Alfabeta.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi 5). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hery. (2017). Teori Akuntansi: Pendekatan Konsep dan Analisis. PT Grasindo.
Hery. (2018). Analisis Laporan Keuangan : Integrated and Comprehensive (Edipramono (ed.); Cetakan 3,). PT Grasindo. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1171856
I, N. K., Endiana, I. D. M., & Pramesti, I. G. A. A. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Akuntansi Lingkungan, Leverage dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Kharisma, 3(1), 52–62.
Indrarini, S. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (Good Corporate & Kebijakan Perusahaan). In Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba.
Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada.
Lubis, I. L., Sinaga, B. M., & Sasongko, H. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Sruktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 3(3), 458–465. https://doi.org/10.17358/jabm.3.3.458
Lumoly, S., Murni, S., & Untu, V. N. (2021). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Logam dan Sejenisnya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). COMPETITIVE Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 128. https://doi.org/10.31000/competitive.v5i2.4313
Oktaviarni, F., Murni, Y., & Suprayitno, B. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Kebijakan Dividen, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.9.1.1-16
Ponziani, R. M., & Azizah, R. (2017). Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Nonkeuangan yang Terdaftar di BEI. 19(1).
Putri Ayu, D., & Suarjaya, G. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(2), 1997. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i08.p03
Rizki Andriani, P., & Rudianto, D. (2019). Pengaruh Tingkat Likuiditas, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Tercatat Di Bei (Bei) Periode 2010-2017. Management, and Industry (JEMI), 2(1), 48–60.
Setiawati, L. W., & Lim, M. (2018). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Pengungkapan Sosial Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal Akuntansi, 12(1), 29–57. https://doi.org/10.25170/jara.v12i1.57
Sutama, D. R., & Lisa, E. (2018). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi, X(2), 65–85.
Thaib, I., & Dewantoro, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Perbankan Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 25–44.
Yanti, I. G. A. D. N., & Darmayanti, N. P. A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Makanan Dan Minuman. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(4), 2297. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i04.p15
Yastini, N. P. Y. A., & Mertha, I. M. (2015). Pengaruh Faktor Fundamental terhadap Nilai Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 11(2), 356–369. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/10692