Analisa Strategi Pemasaran Online Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Fashion di Kota Bandung ( Masa Covid-19 Januari s/d Maret 2020)

Main Article Content

Gunardi
Agus Rahayu
Lili Adi Wibowo

Abstract

Creative industries, especially SMEs (Micro,Small and Medium Enterprises) in the city of Bandung during
the Covid-19 pandemic experienced a sharp decline in sales, this Fashion MSMEs need an Online
Marketing Strategy to maintain sales and support the government movement PSBB (Large Social
Restriction), so this will have a positive impact in improving the SMEs Financial Performance. This study
uses a Qualitative Descriptive approach by interviewing and collecting data from SMEs Fashion in
Bandung City, taking research data during the economic situation of Bandung, in particular, being weak
and generally the world because of the Pandemic Covid-19. The results showed that the marketing
strategies carried out by Fashion MSMEs in Bandung were carried out by means of online marketing, this
had a positive impact in boosting the financial performance of Fashion SMEs in Bandung.

Article Details

How to Cite
Gunardi, Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2020). Analisa Strategi Pemasaran Online Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Fashion di Kota Bandung : ( Masa Covid-19 Januari s/d Maret 2020). Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 61–68. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v3i1.134
Section
Articles

References

Achmad, A. (2017). Pengukuran Kinerja Badan Usaha Koperasi dengan Balanced Scorecard. Istidlal:

Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 1(1), 57–72. https://doi.org/10.35316/istidlal.v1i1.99

Denison, D. R., & Mishra, A. K. (1993). Toward a Theory of Organization and Effectiveness.

Organization Science, Vol. 6, pp. 204–223.

Ekonomi Bisnis.Com. (2019). Kontribusi UMKM terhadap PDB 2019 Diproyeksi Tmbuh 5%.

Elwisam, Lestari, R. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran,Inovasi Produk Kreatif dan Orientasi

Pasar untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM. Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB),

(2), 277–286.

Gunardi, Dedi Sulistiyo S, T. S. (2012). Usulan Peta Strategis Teknologi Informasi Menggunakan

Pendekatan Analisis Critical Success Factor (CSF) dan IT Balanced Scorecard.

Http://Jurnal.Unikom.Ac.Id/Jurnal/Usulan-Peta-Strategi.2V, 10(1), 143–153.

Ismanto, H. (2016). Analisis Kinerja Keuangan Umkm Tenun Ikat Troso Jepara. Jurnal Economia,

(2), 159. https://doi.org/10.21831/economia.v12i2.11340

Jabarprov. (2017). Bandung Miliki 300 Ribu UMKM. Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa

Barat, 6–8. Retrieved from https://jabarprov.go.id/index.php/news/22387/2017/04/08/BandungMiliki-300-Ribu-UMKM

Jurnal.id. (2020). Pengertian , Jenis dan Manfaat Pemasaran Apa itu Pemasaran Online ? Apa itu

Pemasaran Online ? Jenis-Jenis Saluran Pemasaran Online. 1–8.

KoinWorks Blog. (2019). Macam-Macam Strategi Pemasaran Online. 2–5.

Kontan.Co.Id. (2020). Google: Hanya 16% UMKM Indonesia yang punya situs. Kontan.Co.Id.

Retrieved from https://industri.kontan.co.id/news/google-hanya-16-umkm-indonesia-yang-

punya-situs

Lestari, S. (2014). Analisis Usability Web ( Studi Kasus Website Umkm Binaan Bppku Kadin Kota

Bandung ). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(1), (halaman 46).

Pikiran Rakyat.Com. (2020). UMKM Fashion Jawa Barat Terpukul. 1–5.

Priyatiningsih, K. (2016). Pengaruh Strategi Bisnis dan Kinerja Keuangan ( Studi Kasus pada

Perusahaan Properti di Bursa Efek Indonesia ). 731–740.

SEMBIRING, E. R. (2003). Kinerja Keuangan, Political Visibility, Ketergantungan Pada Hutang,

Dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi Vi,

(1985), 16–17.

Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online terhadap Peningkatan

Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran, (20), 1–5. Retrieved from

file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf

Soedewi, S. (2007). Pengaruh Pemasaran Terhadap Kinerja Keuangan Industri Berskala Kecil.

Majalah Ekonomi, XVII(2), 137.

Workwithus.org. (2019). Perkembangan Dunia Marketing Online 2019. 1–4.

Zuriani, R. (2018). Pengaruh Strategi Bersaing dan Orientasi Wirausaha Terhadap Kinerja Perusahaan

dengan Lingkungan Persaingan Sebagai Variabel Moderator (Studi pada Perusahaan Jasa

Laundry di Labuhabbatu). Ecobisma, 5(2), 107–119.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004