DETERMINAN KONSISTENSI PEMBAYARAN ZAKAT PROFESI : STUDI KOMPARASI MUZAKI PENERIMA UPAH DAN NON PENERIMA UPAH

Main Article Content

Nur Fajriyah Rizkiyani
Pancawati Hardiningsih

Abstract

This study aims to compare the muzakki who receive wages and muzakki who are non-wage recipients. The sampling technique used was a non-probability sample with purposive sampling. The average value of the accountability perception of the muzakki who receives wages is higher than that of the non-wage recipients, but the average value of transparency, zakat literacy, income, religiosity, trust and interest in paying professional zakat on non-wage recipients is higher. The results showed that there was no significant difference in perceptions of accountability and transparency of zakat institutions between muzakki who were wage recipients and non-wage recipients, there was no significant difference in zakat literacy, income and religiosity of muzakki wage recipients and non-wage recipients, there was no significant difference in trust in zakat institutions and interest in paying professional zakat between muzakki who are wage recipients and non-wage recipients.

Article Details

How to Cite
Rizkiyani, N. F., & Pancawati Hardiningsih. (2022). DETERMINAN KONSISTENSI PEMBAYARAN ZAKAT PROFESI : STUDI KOMPARASI MUZAKI PENERIMA UPAH DAN NON PENERIMA UPAH. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2628–2648. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i6.1154
Section
Articles

References

Ajzen, I. (1988). Attitudes, personality, and behavior. Milton Keynes: Open University Press dan Chicago, IL: Dorsey Press.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes 50.

Amalia, N., & Widiastuti, T. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Muzaki Membayar Zakat (Studi Pada Laz Surabaya). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 6(9), 1756–1769. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Amelia, L., & Murtani, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Muzakki Dalam Membayar Zakat (Studi Baznas Sumatera Utara). Jurnal FEB, 1(1), 195–205.

Amymie, F. (2019). Optimalisasi Pendistribusian dan Pendayagunaan Dana Zakat dalam Pelaksanaan Tujuan Program Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 17(1), 1–18. https://doi.org/10.15575/anida.v17i1.5046 Basri, Z. Z. (2015). Zakat Infak Sedekah dan Akuntansinya serta Potensinya dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat Miskin. Jakarta: Universitas Trisakti.

Amirullah, 2015. Pengaruh Pemahaman, Pendapatan dan Lingkungan Muzakki Terhadap Perilaku Membayar Zakat (Studi Pada Pedagang Pasar Kolombo).

An Nur. 2021. Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim. https://annur.ac.id/negara-berpenduduk-mayoritas-muslim/#. Institus Agama Islam Lampung (diakses pada 29 September 2021).

Asminar, 2017. Pengaruh Pemahaman, Transparansi dan Peran Pemerintah Terhadap Motivasi dan Keputusan Membayar Zakat Pada Baznas Kota Binjai.

Aziz, 2015. Pengaruh Pemahaman, Religiusitas dan Kondisi Keuangan Muzaki Terhadap Kepatuhan Zakat Profesi di Kota Yogyakarta.

BPS. (2020). Badan Pusat Statistik. Retrieved January 24, 2021, from sp2010.bps.go.id

Dewi, 2019. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat dalam Menunaikan Zakat Melalui Lembaga Formal.

Farhati, W. L. (2019). Pengaruh pengetahuan muzakki, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan zakat terhadap minat membayar zakat pada organisasi pengelola zakat. Doctoral Dissertation, UIN Walisongo.

Fahad, 2019. Pengaruh Kepercayaan Terhadap Baznas, Pendapatan dan Pengetahuan Zakat Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat Mal di Kabupaten Bojonegoro.

Fitrianingtyas, 2019. Pengaruh Religiusitas dan Pendapatan Terhadap Intensi Muzakki Membayar Zakat Profesi Kota Surabaya.

Farhati Wihdiasmara Lia, 2019. Pengaruh Pengetahuan Muzakki, Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Organisasi Pengelola Zakat. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Gunawan, 2020. Pengaruh Pemahaman Zakat terhadap Kepatuhan Membayar Zakat di Baznas Pada Kalangan ASN di Kantor Balaikota Yogyakarta.

Harahap, K. R. (2019). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Muzakki (Studi Kasus: Baznas Provinsi Sumatera Utara). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Hamzah Zulfadli, 2020. Pengaruh Pengetahuan Zakat Dan Kepercayaan Kepada Baznas Kabupaten Kuantan Singingi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat. Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau.

Ismelati, 2018. Pengaruh Pendapatan Masyarakat Muslim terhadap Kepatuhan Membayar Zakat Maal (Studi di Desa Salulemo Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara).

Jumarni, 2019. Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Kepercayaan Muzakki Membayar Zakat di Baznas Kota Jambi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Kartika Indri, 2020. Pengaruh Pendapatan Terhadap Minat Membayar Zakat Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Muzakki di BAZNAS Salatiga). Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Kabib, 2021. Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Sragen.

Masfufah Zuhriyati, 2021. Pengaruh Literasi Zakat, Pendapatan Dan Religiusitas Terhadap Kepatuhan Petani Membayar Zakat Pertanian (Studi Kasus Pada Petani Kabupaten Cilacap). Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Masfufah, 2021. Pengaruh Literasi Zakat, Pendapatan dan Religiusitas terhadap Kepatuhan Petani Membayar Zakat Pertanian.

Murhaban, 2018. Pengaruh Tingkat Pendapatan dan Pengelolaan Dana Zakat terhadap Kepatuhan Masyarakat Membayar Zakat di Kabupaten Bireuen.

Nur Kabib, 2021. Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Sragen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Salatiga.

Nasution, 2017. Pengaruh Pendidikan, Pendapatan dan Kesadaran Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS): Studi Kasus Kota Medan.

Nurhasanah, 2020. Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Kualitas Pelayanan, Transparansi Lembaga Amil Zakat Terhadap Minat Bayar Zakat di Badan Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Provinsi DKI Jakarta.

Rakhmania, 2018. Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Kepercayaan, dan Pengetahuan Terhadap Minat Muzakki Mengeluarkan Zakat Melalui Lembaga Amil Zakat di Kota Malang.

Rosalinda, 2021. Pengaruh Pengetahuan Zakat, Pendapatan dan Kepercayaan Muzakki Terhadap Minat Pelaku UMKM Untuk Membayar Zakat Niaga di Organisasi Pengelola Zakat Kota Bengkulu Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Sragen.