MINAT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN

Authors

  • Eti Sumiati Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

DOI:

https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i2.45

Keywords:

Visit Level, Library

Abstract

This study aims to determine the interest and quality of service to visit level in the library IPDN Jatinangor. The result of the research shows that the interest and the quality of service have partial and simultaneous effect on visit level in the library of IPDN Jatinangor. Where, member interest variable and service quality together have influence equal to 51,80% to visit level of library of IPDN Jatinangor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahman Saleh, Rita Komalasari. 2014. Manajemen Perpustakaan. Jakarta : Universitas Terbuka.

Abdul Rahman Saleh.2009. Psikologi; Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana

Akdon, Riduwan. 2007. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Ating Somantri dan Sambas Ali Muhidin. 2006. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung : Pustaka Setia.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Engkos Ridwan Achmad Kuncoro. 2013. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis. Alfabeta: Bandung.

Fandy Tjiptono. 2002. Prinsip-Prinsip Total Quality Service.Yogyakarta : Andi.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Habir. 2015. Pengaruh layanan perpustakaan terhadap minat kunjung pemustaka di perpustakaan STIKES Mega Rezky Makassar. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi,dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 3(2), 156-171.

Johan Widjaja, Siana Halim. 2014. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Mahasiswa ke Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Jurnal Titra, Vol. 2, No. 1, Januari 2014, pp. 35–40.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Ketut Gunawan, Sundring Pantja Djati. 2011. “Kualitas Layanan dan Loyalitas Pasien (Studi pada Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Singaraja–Bali).”. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.13, No. 1, Maret 2011: 32-39. Singaraja : Universitas Panji Sakti Singaraja, Universitas Kristen Petra.

Lasa. 2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Moenir. 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mohamad Surya. 2003. Psikologi Konseling, Bandung : Pustaka Bani Quraisy.

Muliaty. 2016. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pada Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar”. Jurnal Administrasi Publik, Volume 6, Nomor 1 Tahun 2016, Makasar: Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar.

Nasra Gathoni, Thomas Van der Walt. 2016. “Evaluating library service quality at the Aga Khan University library: Application of a total quality management approach”. Journal of Librarianship and Information Science1–14. Africa : Aga Khan University, University of South Africa.

Nyoman Oka Dharma, Ni Wayan Sri Budi, I Gede Ngurah Sugata. 2013. “Hubungan Antara Kualitas Layanan Perpustakaan Undiksha Dan Kepuasan Penggunanya”. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol. 2, No. 2, Oktober 2013. Singaraja : UPT. Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha.

Peraturan Pemerintah No 30 Tahun 1990 Tentang Perguruan Tinggi.

Prasetyo, Bambang. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rahayuningsih. 2007. Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat. 2005. Metodologi Penelitian. Bandung : Mandar Maju.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Standar Nasional Perpustakaan Tahun 2011, Perpustakaan Nasional RI.

Standar Nasional Perpustakaan Tahun 2013, Perpustakaan Nasional RI.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sulistyo-Basuki. 2004. Pengantar Dokumentasi. Bandung: Rekayasa Sains.

Supriyanto. 2006. “Meningkatkan Eksistensi IPI dalam Mengembangkan Profesionalisme Pustakawan”. Dalam Supriyanto dan Rimbarawa (Ed.), Aksentuasi Perpustakaan dan Pustakawan. Jakarta:Ikatan Pustakawan Indonesia Pengurus Daerah DKI Jakarta.

Umar, Husein. 2002. Metode Riset Komunikasi Organisasi : sebuah pendekatan kuantitatif, dilengkapi dengan contoh proposal dan hasil riset komunikasi organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Undang - Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang RI Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Downloads

Published

2019-11-04

How to Cite

Sumiati, E. (2019). MINAT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(2), 111–120. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i2.45