CSR sebagai pemoderasi profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI (Periode 2018-2020)
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the effect of profitability, leverage on firm value,CSR as a moderator (case study: Manucturing companies listed on the Indonesian stock exchange during 2018-2020 period). This study uses quantitative methods. The sample in this study was obtained using a purposive sampling method with a total of 65.Hypothesis testing was done by using multiple liniear regression test which previously performed calculation of each variabel and classic assumption test in advance. The population in this research are Manucturing companies listed on the Indonesian stock exchange during 2018-2020. The results of this study indicate that 1). Profitability has a positive effect on firm value. 2). Leverage has no effect on firm value. 3). CSR cannot moderate the relationship between profitability. 4). CSR cannot moderate the relationship between leverage.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Akhmad Darmawan, Yudhistira Putragita. (2020). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variable Moderating dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variable Kontrol. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 5(1), 48.
Azmi, N., Isnurhadi, I., & Hamdan, U. (2018). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan, 15(2), 95-108. doi:https://doi.org/10.29259/jmbt.v15i2.6657.
Bursa Efek Indonesia. (2018-2020). Laporan Keuangan & Tahunan. Dalam www.idx.co.id. Diakses pada 11 Desember 2021.
Brigham, Engene F. Dan Gapenski, Louis C. (2006). Intermediate Financial Management. New York: The Dryden Pres.
Ghozali Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivarate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gossling, T dan C Vocht. (2007). Social Role Conception and CSR Policy Success. Journal of Business Ethics, 74, 363-372.
Harahap. (2013). Analsis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Hestinoviana, Vidyanita, Suhadak, and Siti Ragil Handayani. (2013). The Influence of Profitability, Solvability, Asset Growth, and Sales Growth Toward Firm Value ( Empirical Study on Mining Companies Which Listed on Indonesia Stock Exchange). Jurnal Administrasi Bisnis. 4(1), 1-11.
Irham, Fahmi. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Edisi Pertama. Jakarta PT Raja Grafindo Persada.
Nurjaya, et al (2021). Pengaruh Liquiditas dan Profitabilitas terhadap Return Saham: Studi Empiris Pada Perusahaan Real Estate dan Property Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019. Jurnal Tadbir Peradaban 1(1), 60-68.
Purwanto, Iwan. (2011). Analisa Perubahan Organisasi Menuju On-Demand Enterpraise Studi Kasus : Perguruan Tinggi XYZ. Universitas Dian Nuswantoro. Retrieved from http://eprints.dinus.ac.id/21
Pratama, A. B. A., & Wiksuana, I. G. B. (2018). Pengaruh Frime Size dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.
Sutama, Dedi dan Erna Lisa. (2018). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indoneia). E-Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 10(1), 21-39.
Sutama, Dedi Rossidi. Erna Lisa. (2018). Pengaruh Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage ). Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi. 10(1).
Ustianti, N. (2015). Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Manajerial, Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, Keputusan Pendanaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Keuangan dan Perbankan di BEI Tahun 2009-2013). Journal Of Accounting, 1(1).
Van Horne, James C. Dan Wachorwicz, J.M. (2012). Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Timbuleng, Ferlen., Nangoy, Sientje C. dan Saerang, Ivonne S. 2015. Pengaruh Faktor Likuiditas, Leverage, NPM dan ROI terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal EMBA. Vol.3 No.2 Juni 2015, Hal. 546-557. ISSN 2303-1174.
Sucuahi, William and Jay Mark Cambarihan. (2016). Influence of Profitability to the firm value of Diversifed Companies in the Philippines Accounting and Finance Research, Vol. 5 No.2, 149-153.
Syahyunan. (2015). Manajemen Keuangan 1. Medan: USU press.
Yuliani, Nurbaity. (2014). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham dan Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibilitypada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2013 (Tesis). Universitas Udayana.
Zuraedah, Isnaeni Ken. (2010). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Respontibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional Veteran.
Zulhaimi, H., & Nuraprianti, N. R. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Dewan
Komisaris, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 7(3), 555–566. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i3.17729