Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Ogos indonesia gemilang di Pekalongan

Main Article Content

Vigi Reinaning Dyahtritami
Fitriani Nur Utami

Abstract

Quality is the main key to products being recognized and trusted by the wider community. Quality products have an important role in building customer satisfaction. The better the quality of the product provided, the higher the level of customer satisfaction. This also applies to service quality. If the quality of service provided to consumers is good, it will result in a sense of satisfaction from consumers for the company. The study aims to determine the effect of product quality and service quality on customer satisfaction at PT Ogos Indonesia Gemilang in Pekalongan. The type of research that will be used by the author in this study is quantitative with descriptive causal (cause-and-effect) methods; the aim is to determine whether or not there is an influence or relationship between the independent variable and the dependent variable. The sampling technique used in this study is purposive non-probability sampling. The results showed that product quality and service quality had a simultaneous and partial effect on customer satisfaction at PT Ogos Indonesia Gemilang in Pekalongan.

Article Details

How to Cite
Dyahtritami, V. R. ., & Utami, F. N. . (2023). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Ogos indonesia gemilang di Pekalongan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(8), 3407–3414. Retrieved from http://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/2767
Section
Articles

References

Agusti, I. S., & Verano, Y. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen (KFCArjuna Medan Perjuangan). Niagawan, 11(1), 37–42.

Cahya, A. D., Marthasari, A., Ramadhani, P. A., & Wulandari, R. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen (Studi Kasus pada UMKM Baso Aci Ena Yogyakarta). Jurnal Daya Saing, 7(2), 144–150.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace: kualitas produk dan kualitas pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Hartadi, N., & Husda, N. E. (2020). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Tanjung Uncang di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(3).

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182.

Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1267–1283.

Pongoh, M. E. (2013). Kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan kartu as telkomsel di kota manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Purwono, F. H., Ulya, A. U., Purnasari, N., & Juniatmoko, R. (2019). Metodologi penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). GUEPEDIA.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitaif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tunjungsari, H. K., & Ginting, G. (2020). Perkembangan dunia usaha di era digital. Pustaka. Ut. Ac. Id, 1–43.

Tussifah, H., & Navitsha, N. P. (2021). The effect of product quality and service quality on consumer satisfaction at Roya Café Mantingan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(1), 69–86.

Winto, F. R. (2021). Tren fashion dunia berkembang pesat di Indonesia. Investor. Id.

Yurianto, A. O., & Dewi, R. S. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan (Studi Pada Nasabah Asuransi Unit Link PT. Prudential Life Assurance Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 753–761.

Zinedine, B. A., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen yang melakukan pembelian online melalui Zalora. EProceedings of Management, 8(4).