Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech Human Tech Journal : Juurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Sosial Politik en-US akuntansi@ikopin.ac.id (M. Ardi Nupi Hasyim) akuntansi@ikopin.ac.id (Yopie Luthvianty) Sat, 25 May 2024 00:00:00 -0500 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Deteksi dan tracking objek secara real time berbasis computer vision menggunakan metode YOLO V3 https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/4348 <p>Tujuan dari penelitian ini bermaksud untuk mengimplementasikan pendekatan YOLOv3 dalam sistem deteksi objek real-time. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah YOLO V3 (You Only Look Once). Metode ini dikombinasikan dengan algoritma tracking, untuk melacak objek secara berkelanjutan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode YOLO V3 mampu melakukan deteksi objek secara cepat dan akurat dalam berbagai kondisi lingkungan. Kecepatan deteksi dan tracking objek yang dihasilkan memenuhi persyaratan real-time, sehingga dapat digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan respons cepat, seperti pengawasan keamanan, pengenalan wajah, dan mobil otonom. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem ini memiliki jangkauan deteksi hingga 100 cm saat objek dekat dengan kamera, dan hingga 150 cd/m2 saat objek berada dalam cahaya paling terang. Sistem memiliki waktu deteksi kurang dari 3 detik dan akurasi deteksi 100% untuk banyak item dalam satu gambar. Sistem dapat mendeteksi gambar secara akurat dan mendeteksi hewan secara akurat. Sistem dapat mendeteksi objek dalam keadaan gelap yang sudah ditentukan ketika objek tersebut memil<em>i</em>ki kontur yang sama dengan object yang ada di dat<em>a</em>set meski mangalami penurunan akurasi yang cukup signifikan dan waktu deteksi.</p> Iwan Virgiawan, Fadel Maulana, Muhammad Abimanyu Putra, Diffa Dwi Kurnia, Estu Sinduningrum Copyright (c) 2024 Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/4348 Sat, 25 May 2024 00:00:00 -0500 Kualitas Pelayanan Perpustakaan Digital Berdasarkan In-deks Kepuasan Masyarakat https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/4358 <p>Perpustakaan merupakan salah satu pusat sumber belajar yang dapat digunakan oleh pemakai dalam hal ini mahasiswa, dosen, maupun masyarakat dalam upaya mengembangkan kemampuan dan kecakapannya.Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, semakin tinggi tingkat kepuasan dan kepercayaan mahasiswa terhadap perpustakaan digital maka dilakukan penelitian tentang Kualitas Pelayanan Perpustakaan Digital Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di perpustakaan Notohamidjojo Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan perpustakaan digital berdasarkan indeks kepuasan mahasiswa dan metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, data kuantitatif yang diperoleh pada penelitian ini yaitu melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap layanan perpustakaan digital di Perpustakaan O. Notohamidjojo Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga menunjukkan kategori baik (B). Unsur pelayanan yang memperoleh nilai tertinggi adalah kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan, sedangkan unsur dengan nilai terendah adalah persyaratan pelayanan.</p> Goreti Akna Vilanati G.B, Tintien Koerniawati, Rudy Latuperissa Copyright (c) 2024 Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/4358 Fri, 17 May 2024 00:00:00 -0500