Pemodelan matematika arus lalu lintas dan solusi waktu tunggu optimal di persimpangan jl. Padayungan, Kota Tasikmalaya
Main Article Content
Abstract
Salah satu persimpangan dengan arus lalu lintas yang padat di Kota Tasikmalaya adalah di persimpangan Jl. Padayungan. Sehingga dibutuhkan upaya untuk perbaikan dalam manajemen lalu lintas, serta waktu sinyal agar diperoleh kinerja arus lalu lintas yang optimal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan pemodelan arus lalu lintas dan menentukan waktu tunggu total optimal menggunakan pendekatan Graf Kompatibel. Graf Kompatibel memodelkan hubungan antara arus lalu lintas sebagai simpul (vertex) dan pasangan arus yang dapat berjalan bersamaan tanpa konflik sebagai sisi (edge). Dengan menggunakan asumsi belok kiri mengikuti lampu, waktu tunggu total optimal di persimpangan ini adalah 75 detik. Sementara itu, asumsi belok kiri tidak mengikuti lampu menghasilkan waktu tunggu total optimal sebesar 45 detik. Kedua hasil tersebut lebih efisien dibandingkan waktu tunggu aktual yang diterapkan, yaitu 109 dan 150 detik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan graf kompatibel dapat mengoptimalkan manajemen lalu lintas di persimpangan, sehingga dapat mengurangi kemacetan dan meningkatkan kinerja lalu lintas secara keseluruhan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Dewi, K., Krisdiyanto, A., Yasak, I., & Rafferti.K, A. (2023). Analisis Pengaruh Penyempitan Jalan Dan Parkir Badan Jalan Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 4(1), 71–89.
Fanani, A. (2021). Optimasi Waktu Tunggu Lalu Lintas Dengan Menggunakan Graf Kompatibel Sebagai Upaya Mengurangi Kemacetan. MathVision : Jurnal Matematika, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.55719/mv.v3i1.240
Farida, Y., Fanani, A., Purwanti, I., Wulandari, L., & Zaen, N. J. (2020). P Pemodelan Arus Lalu Lintas Dan Waktu Tunggu Total Optimal Di Persimpangan Jl. Jemur Andayani – Ahmad Yani Sebagai Upaya Mengurai Kemacetan. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 389–398. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp389-398
Heidemann, D. (1991). Queue length and waiting-time distributions at priority intersections. Transportation Research Part B, 25(4), 163–174. https://doi.org/10.1016/0191-2615(91)90001-Y
Huang, Y. (2024). Optimal control of traffic light signals using stochastic simulation. Applied and Computational Engineering, 45(1), 63–67. https://doi.org/10.54254/2755-2721/45/20241027
Kusmira, M., & Taufiqurrochman. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Graf Pada Pembuatan Jalur Angkot 05 Tasikmalaya. Seminar Nasional Sains Dan Teknoligi, 11, 1–6.
Lusiani, A., Sartika, E., Binarto, A., & Habinuddin, E. (2020). Compatible Graphs on Traffic Lights Waiting Time Optimization. 198(Issat), 467–471. https://doi.org/10.2991/aer.k.201221.077
Tanveer, S. (2017). Application of Graph Theory for Scheduling of Traffic Lights. International Journal of Mathematics and Computer Applications Research, 7(5), 21–24. https://doi.org/10.24247/ijmcaroct20172
Thalib, M. T. N. (2016). Kepadatan Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan. Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa Dan Teknologi Sekolah Tinggi Teknik (STITEK) Bina Taruna Gorontalo, 6(1), 59–68.
Wang, S., Ahmed, N. U., & Yeap, T. H. (2019). Optimum Management of Urban Traffic Flow Based on a Stochastic Dynamic Model. IEEE Transactions on Intelligent Transportation Systems, 20(12), 4377–4389. https://doi.org/10.1109/TITS.2018.2884463