PENGARUH TOURIST EXPERIENCE TERHADAP TRUST, SATISFACTION DAN PERCEIVED VALUE UNTUK MELAKUKAN REVISIT INTENTION
Keywords:
Pengalaman Turis, Kepercayaan, Kepuasaan, Perceived Value, Niat Berkunjung KembaliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tourist experience, trust, satisfaction, perceived value dan revisit intention. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 210 responden wisatawan museum gedung sate, berumur lebih dari 17 tahun dan pernah mengunjungi museum gedung sate. Penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25 dan Amos versi 22 untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hipotesis pertama yaitu pengaruh tourist experience terhadap trust berpengaruh positif dan signifikan diterima, hipotesis kedua yaitu pengaruh tourist experience terhadap satisfaction berpengaruh positif dan signifikan diterima, hipotesis ketiga yaitu pengaruh tourist experience terhadap perceived value berpengaruh positif dan signifikan diterima, hipotesis keempat yaitu pengaruh trust terhadap revisit intention berpengaruh positif dan signifikan diterima, hipotesis kelima yaitu pengaruh satisfaction terhadap revisit intention berpengaruh positif dan signifikan diterima, hipotesis keenam yaitu pengaruh perceived value terhadap revisit intention berpengaruh positifi dan signifikan diterima.
References
Abbasi, G. A., Kumaravelu, J., Goh, Y. N., & Dara Singh, K. S. (2021). Understanding the intention to revisit a destination by expanding the theory of planned behaviour (TPB). Spanish Journal of Marketing - ESIC, 25(2). https://doi.org/10.1108/SJME-12-2019-0109
Aprilia S., D., Pujiastuti, E. E., & Hadi, L. (2019). Pengaruh citra destinasi, e-wom, terhadap kepuasan wisatawan dan kepercayaan (Studi pada wisatawan yang berkunjung tebing breksi Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Dialektika, 4(1).
Ardani, W. (2021). Trust Drivers and Revisit Intention of Foreign Tourists in Bali. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1). https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1593
Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1).
Bps. (2021). Perkiraan Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Kota Bandung Berdasarkan Pintu Masuk Kota Bandung (Jiwa), 2019-2021. BPS Kota Bandung.
Bps. (2023). Kunjungan wisatawan mancanegara pada Maret 2023. Bps.Go.Id.
Caratri, E. (2021). Pandemi Covid-19, Jumlah Pengunjung Menurun ke Gedung Sate. Vibiz Media.
Dewi, I. A. I., & Laksmidewi, D. (2015). Pengaruh Customer Experiences Terhadap Revisit Intention Dengan Mediasi Learning In Museum Dan Visitor Satisfaction Di Museum Wayang. Jurnal Manajemen, 12(2). https://doi.org/10.25170/jm.v12i2.814
Fadiryana, N. A., & Chan, S. (2020). Pengaruh Destination Image Dan Tourist Experience Terhadap Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Perceived Value Pada Destinasi Wisata Halal Di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Inovasi, 10(2).
Indonesia, C. (2018). PHRI: Industri Pariwisata Jadi Sektor Idola Indonesia. CNN Indonesia.
Mayasari, N. P., & Artanti, Y. (2021). Pengaruh Creative Tourist Experience, Travel Motivation dan Perceived Risk Terhadap Revisit Intention Pada Wisata Edukasi Secara Virtual. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(3). https://doi.org/10.35899/biej.v3i3.313
Prakoso, D. B., Pujiastuti, E. E., & Sadeli. (2020). Pengaruh Pengalaman Wisatawan Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Serta Niat Berkunjung Kembali (Studi Pada Wisatawan Di Wisata Alam Posong Temanggung). DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2).
Puspitasari, N. B., Pramono, S. N. W., & Rahmadhika, A. E. (2018). Factors that affect intention to revisit of tourists in Semarang. AIP Conference Proceedings, 2019. https://doi.org/10.1063/1.5061887
Shin, H., Nicolau, J. L., Kang, J., Sharma, A., & Lee, H. (2022). Travel decision determinants during and after COVID-19: The role of tourist trust, travel constraints, and attitudinal factors. Tourism Management, 88. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2021.104428
Siswadi, A. (2019). Hampir 150 Ribu Pengunjung, Apa Keistimewaan Museum Gedung Sate? Tempo.
Sitepu, E. S., & Rismawati, R. (2021). The Influence of Service Quality, Destination Image, and Memorable Experience on Revisit Intention with Intervening Variables of Tourist Satisfaction. International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events, 5(1), 77–87. https://doi.org/10.31940/ijaste.v5i1.2097
Wicaksana, G. S., Pujiastuti, E. E., & Suratna, S. (2019). engaruh Kualitas Layanan Dan Pengalaman Terhadap Kepuasan Serta Kepercayaan Wisatawan (Studi Pada Wisatawan Yang Berkunjung Pada Obyek Wisata Telaga Menjer Di Wonosobo). Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 17(1). https://doi.org/10.31315/be.v17i1.5554