Persepsi pemustaka terhadap perilaku staf perpustakaan layanan sirkulasi Perpustakaan O. Notohamidjojo
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v3i1.3749Keywords:
Persepsi Pemustaka, Aspek Empati, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perilaku Staf Perpustakaan, Layanan SirkulasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi Pemustaka terhadap perilaku Staf Perpustakaan pada layanan Sirkulasi dari Aspek Kehandalan dan Aspek Empati di Perpustakaan O. Notohamidjojo Universitas Kristen Satya WacanaSalatiga. Penelitian ini menggunakan Mixed Method. Pada Penelitian ini penulis menggunakan 98 responden pemungutan kuesioner dan 5 responden wawancara mendalam. Peneliti menggunkan teknik analisis data reduksi data, penyajian data display, mendistribusikan kuesioner, perumusan pendapatan dan masalah, kesimpulan data. Hasil Penelitian Persepsi Pemustaka terhadap perilaku Staf layanan sirkulasi Perpustakaan O. Notohamidjojo Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, peneliti melihat dari aspek kehandalan dan aspek empati masuk kategori tinggi di lihat dari daya tanggap, cepat tanggap, kesopanan. Hal ini bisa dilihat dari daya tanggap pustakawan dalam memberikan informasi cukup baik, pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemustaka. Sikap pustakawan dalam melayani sudah memberikan pelayanan yang ramah, peduli dan menyenangkan. Aspek perhatian pustakawan masih kurang proaktif dalam mencarikan buku yang diinginkan pemustaka, serta kurangnya tindak lanjut pustakawan dalam merespon masukan dari pemustaka, hanya sebagian masukan yang ditindak lanjut oleh pustakawan.
References
Akbar, A. (2020). Pengelolaan perpustakaan berbasis akreditasi. Leisyah.
Asnawi, A. (2020). Persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan layanan sirkulasi di perpustakaan Kota Yogyakarta. Jurnal Adabiya, 20(1), 64–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/adabiya.v20i1.6778
Azwar, M. (2014). Teori Simulakrum Jean Baudrillard dan upaya pustakawan mengidentifikasi informasi realitas. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 2(1), 38–48.
Endarti, S. (2022). Perpustakaan sebagai tempat rekreasi informasi. Abdi Pustaka: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 23–28. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6990
Firmansyah, H., & Hanany, L. N. H. (2014). Partisipasi pustakawan dalam mencerdaskan masyarakat. Jurnal Pustakawan Indonesia, 13(2), 69–71. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/bip.v17i1.873
Handoyo, M. Z. E., Burhanudin, M., & Rahmadhani, A. (2021). Persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan “Rumah Ilmu” Universitas Negeri Semarang. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(1), 128–140.
Kurniawan, A. (2018). Metodologi penelitian pendidikan. Remaja Rosda Karya.
Mustaqim, M. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif/Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i1.1351
Rahayu, S. (2017). Mengenal perpustakaan perguruan tinggi lebih dekat. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 57(1), 103–110. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9109
Rejeki, S., & Asari, C. (2018). Ragam sapaan yang digunakan pengajar BIPA. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Sukardi, H. M. (2021). Metodologi penelitian pendidikan: Kompetensi dan praktiknya (Edisi Revi). Bumi Aksara.
Trihandayani, R., & Sudiar, N. (2022). Promosi perpustakaan dalam minat kunjung di Sekolah Dasar Negri 10 Minas. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(8), 1127–1135. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/jiss.v3i08.658
Wahyuni, M. (2016). Peran pustakawan sebagai penyedia informasi. IQRA: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 9(2), 196–210. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v9i2.73
Wicaksono, G. S., & Ati, S. (2019). Persepsi Pemustaka terhadap Kinerja Pustakawan pada Layanan Sirkulasi di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Batang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 21–30. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/viewFile/23129/21155
Widya, A. N., & Suwarno, W. (2013). Persepsi pemustaka tentang sikap Pustakawan pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Daerah Jepara. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(4), 82–96. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/4649