PEMANFAATAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Main Article Content

Fadhilah Hanum

Abstract

Praktikum pembelajaran fisika sangat penting sebagai penunjang pembelajaran dan sebagai fokus pada aspek prosedural dan praktis. Hal ini sesuai dengan tujuan pembelajaran fisika sebagai proses yang meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran fisika berupa laboratorium virtual terhadap tingkat pemahaman siswa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan literature review. Tinjauan pustaka adalah rangkuman sumber informasi seperti jurnal, artikel, buku, dan lain-lain yang berkaitan dengan suatu pembahasan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berupa kajian pustaka, kumpulan publikasi ilmiah atau informasi yang berkaitan dengan kajian pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti, media laboratorium virtual memiliki manfaat dalam pembelajaran fisika yang berdampak baik terhadap pemahaman konsep siswa. Hal ini juga dibuktikan pada penelitian yang dilakukan di beberapa sekolah dengan hasil skor rata-rata pemahaman konsep fisika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media laboratorium virtual dalam kategori cukup.

Article Details

How to Cite
Hanum, F. (2023). PEMANFAATAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(8), 1782–1790. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3479
Section
Articles

References

Agustini, S., Arsyad, M., & Yani, A. (2019). Penggunaan media pembelajaran virtual lab terhadap pemahaman konsep fisika pada peserta didik SMA Negeri 1 Marioriwawo. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar, 1(0).

Ahdan, S., Priandika, A. T., Andhika, F., & Amalia, F. S. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Bola Voli Mengunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Learning Media For Basic Techniques Of Volleyball Using Android-Based Augmented Reality Technology.

Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Aşıksoy, G., & Islek, D. (2017). The Impact of the Virtual Laboratory on Students’ Attitudes in a General Physics Laboratory. International Journal of Online Engineering, 13(4).

Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Bortnik, B., Stozhko, N., Pervukhina, I., Tchernysheva, A., & Belysheva, G. (2017). Effect of virtual analytical chemistry laboratory on enhancing student research skills and practices. Research in Learning Technology, 25.

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik di sekolah dasar. Educare, 90–97.

Dwiningsih, K., Sukarmin, M., & Rahma, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran di era global. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 156–176.

Dyrberg, N. R., Treusch, A. H., & Wiegand, C. (2017). Virtual laboratories in science education: students’ motivation and experiences in two tertiary biology courses. Journal of Biological Education, 51(4), 358–374.

Gaffar, A. A., & Sugandi, M. K. (2019). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Praktikum Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Materi Invertebrata. Seminar Nasional Biologi, Saintek, Dan Pembelajarannya I Tahun.

Gunawan, G. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. FKIP Universitas Mataram.

Gunawan, G., Harjono, A., Hermansyah, H., & Herayanti, L. (2019). GUIDED INQUIRY MODEL THROUGH VIRTUAL LABORATORY TO ENHANCE STUDENTS’SCIENCE PROCESS SKILLS ON HEAT CONCEPT. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(2), 259–268.

Herga, N. R., Čagran, B., & Dinevski, D. (2016). Virtual laboratory in the role of dynamic visualisation for better understanding of chemistry in primary school. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(3), 593–608.

Hidayaturrohman, R., Lesmono, A. D., & Prihandono, T. (2017). Pengembangan bahan ajar interaktif fisika berwawasan SETS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. FKIP E-PROCEEDING, 2(1), 9.

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Application of Virtual Laboratory to Improve Student Concept Understanding. EduChemia (Journal of Chemistry and Education), 2(2), 186.

Irawan, I. B., Musthofa, J. A., & Iriyanto, M. Y. (2016). Pembuatan Media Pembelajaran Mobile Pocket Book Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 Pada Materi Usaha dan Energi.

Iskandar, D. (2018). Pengembangan model mobile virtual laboratorium untuk pembelajaran praktikum siswa SMA. Kwangsan, 6(1), 286884.

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).

Martin-Villalba, C., Urquia, A., & Dormido, S. (2012). Development of virtual-labs for education in chemical process control using Modelica. Computers & Chemical Engineering, 39, 170–178.

Maryuningsih, Y., Manfaat, B., & Riandi, R. (2019). Penerapan Laboratorium Virtual Elektroforesis Gel Sebagai Pengganti Praktikum Riil. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 9 (1), 48.

Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan keterampilan proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 72–80.

Pritoni, M., Meier, A. K., Aragon, C., Perry, D., & Peffer, T. (2015). Energy efficiency and the misuse of programmable thermostats: The effectiveness of crowdsourcing for understanding household behavior. Energy Research & Social Science, 8, 190–197.

Rizkiana, F., & Apriani, H. (2020). Simulasi PhET: pengaruhnya terhadap pemahaman konsep bentuk dan kepolaran molekul. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 1–7.

Rokhim, D. A., Asrori, M. R., & Widarti, H. R. (2020). Pengembangan virtual laboratory pada praktikum pemisahan kimia terintegrasi telefon pintar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 216–226.

Said, A. A., Cahyadi, D., & Arifin, I. (2017). Struktur Media Pembelajaran Dalam Perspektif Desain Komunikasi Visual. Tanra, 4(2), 66–74.

Saputri, E. Z., & Saifuddin, M. F. (2022). Student Perception on Biology Subject Using Virtual Laboratory. Indonesian Journal of Biology Education, 4(2), 1–6.

Sujarwanto, E. (2019). Pemahaman konsep dan kemampuan penyelesaian masalah dalam pembelajaran fisika. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 1(1).

Taulabi, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Budaya Kerja Guru. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(2), 285–301.

Turner, J. A., & Rapoport, J. (1977). Myxoedema ascites. Postgraduate Medical Journal, 53(620), 343–344. https://doi.org/10.1136/pgmj.53.620.343

Tüysüz, C. (2010). The Effect of the Virtual Laboratory on Students’ Achievement and Attitude in Chemistry. International Online Journal of Educational Sciences, 2(1).

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2).

Widiantini, N. N. A. S., Putra, M., & Wiarta, I. W. (2017). Model pembelajaran sets (science, environment, technology, society) berbantuan virtual lab berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 141–148.