PENCIPTAAN MOTIF ULEN-ULEN BATIK TULIS PADA KEMEJA

Main Article Content

Handriyani Fitri
Widdiyanti Widdiyanti
Ferawati Ferawati

Abstract

Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui penciptaan motif ulen-ulen batik tulis pada kemeja, dengan Teknik yang digunakan adalah teknik batik tulis dan pewarnaan dengan teknik mencolet menggunakan kuas. Motif ulen-ulen merupakan salah satu motif yang terdapat pada kerawang Gayo yang terdapat di kabupaten Aceh Tengah. Metode penciptaan dalam karya ini melalui beberapa tahap, pertama tahap eksplorasi yaitu pencarian ide, kedua tahap perancangan yang berisi, gambar acuan, dan desain alternatif. Ketiga tahap perwujudan yang berisi desain terpilih dan proses perwujudan. Hasil penelitian ini motif ulen-ulen merupakan salah satu motif yang terdapat pada kerawang Gayo, yang berasal dari Aceh Tengah. Kata ulen-ulen berasal dari bahasa Gayo yang berarti bulan-bulan. Motif ulen-ulen berbentuk bulat melingkar, lingkaran tersebut terdapat beberapa bagian motif kerawang Gayo seperti motif bunge ni kapas, pucuk rebung, puter tali, tapak seleman, jang peger, dan tei kekur. motif ulen-ulen memiliki makna kekuatan, petunjuk dan pedoman pada masyarakat Gayo.

Article Details

How to Cite
Fitri, H., Widdiyanti, W. ., & Ferawati , F. . (2023). PENCIPTAAN MOTIF ULEN-ULEN BATIK TULIS PADA KEMEJA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(8), 1816–1825. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3444
Section
Articles

References

Abidin, Zainal, 2002, Skripsi “Makna Simbolik Warna Dan Motif Kerawang Gayo Pada Pakaian Adat Masyarakat Gayo”, (Uny) Yogyakarta.

Abdullah, Kamil, Muhammad, Irvan, 2019, “Photobook Siti Kewe The Higland Of Gayo”, Jurnal, Pantun Jurnal Ilmiah Seni Budaya, Bandung.

Ferawati, 2010, Tesis “Motif Kerawang Gayo Busana Adat Pengantin Gayo Aceh Tengah”, (Isi) Padangpanjang

Gustami, Sp, 2007, Butir Butir Mutiara Timur, Ide Dasar Penciptaan Karya Seni, Prasista, Yogyakarta.

Kartika, Dharsono Sony, 2017, Seni Rupa Modern, Rekayasa Sains, Bandung.

, 2016, Kreasi Artistik. Citra Sains: Karangayar.

Poerwadarminta, W.J.S, 1976, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Pn Balai Pustaka, Jakarta.

Tim Sanggar Batik Barcode, 2010, Mengenal Batik Dan Cara Mudah Membuat Batik, Tim Sanggar Batik Barcode Bekerjasama Katabuku, Jakarta.

Hurgronje, Snouck. 1996. Gayo. Masyarakat Dan Kebudayaannya Awal Abad Ke-20. (Terjemahan Asnah, Aman Hatta Hasan). Balai

Komaruddin, Yoke Tjuparmah. 2000. Pustaka: Jakarta.Kamus Istilah, Karya Tulis Ilmiah. Pt Bumi Aksara: Jakarta.

Mn, Joni. Et. Al. 2017. Kerawang Gayo. Mahara Publishing: Tanggerang.

Nursyiwan. 2011. “Varian Teknik Penalaran Talempong Logam Di Minangkabau”. Disertasi. Yogyakarta: Isi Yogyakarta.

Sachari, Agus. 1986. Desain Gaya Dan Realitas. Cv.Rajawali: Jakarta.

Sumardjo, Jakob. 2000. Filsafat Seni. Penerbit Itb: Bandung.

Susanto, Mikke. 2002. Diksi Rupa, Kumpulan Istilah Seni Rupa. Kanisius: Yogyakarta.