EVALUASI SISTEM KOMPENSASI FINANSIAL DENGAN METODE POINT SYSTEM PADA UKM SS SEKTOR KULINER KOTA BOGOR

Main Article Content

Monica Aulia Pratiwi
Naswa Alifya
Oktavianti Kurniasari
Tiara Kuswah Zulpakar
Yosefani Trisnauli Napitupulu
Lindawati Kartika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem kompensasi pada UKM SS berdasarkan kesesuaiannya dengan prinsip 3P (Pay for Position, Person, dan Performance), UMP dan UMK setempat yang mengindikasikan tingkat kebutuhan hidup layak. Evaluasi sistem kompensasi pada penelitian ini dilakukan dengan menyusun salary mapping berdasarkan dua pendekatan, yaitu metode adhered dan overlapping. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, terdapat kebutuhan untuk melakukan pembenahan pada sistem kompensasi UKM SS. Pembenahan ini diperlukan karena hasil dari salary mapping awal menunjukkan bahwa sistem kompensasi yang saat ini diterapkan belum sesuai dengan aturan dan metodep penggajian yang berlaku. Implikasi dari proses evaluasi sistem kompensasi pada UKM SS yaitu diperlukannya pembenahan gaji melalui kenaikan persentase gaji sebesar 14,74% dengan metode adhered dan 18,31% dengan metode overlapping.

Article Details

How to Cite
Pratiwi, M. A., Alifya, N., Kurniasari, O., Zulpakar, T. K., Napitupulu, Y. T., & Kartika, L. . (2023). EVALUASI SISTEM KOMPENSASI FINANSIAL DENGAN METODE POINT SYSTEM PADA UKM SS SEKTOR KULINER KOTA BOGOR. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(5). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3357
Section
Articles

References

Alwan, H. I., & Djastuti, I. (2018). Pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening (Studi pada CV. Manfaat di Ambarawa). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 320-333.

Aulia, N. A., Kasran, M., & Haedar, H. (2019). Pengaruh Kompensasi Financial Dan Non Financial Terhadap Motivasi Dan Prestasi Kerja Karyawan (studi kasus PT. Telkom Cabang Palopo). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 4(1).

Bangun, W. (2018). Manajemen sumber daya manusia.

Fauzan, A. (2022). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Karyawan Di Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(2), 1860-1880. https://doi.org/10.31955/mea.v6i2.2292.

Hariandja, M.T.E. (2002) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

Kemenaker. (2017) Struktur dan Skala Upah. Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Mathis R. L., Jackson J. H., & Valentine, S.R. (2015) Human Resource Management: Essential Perspectives. 7th Edition. Massachusetts: Cengage Learning.

Maulidiyah, N. N., Rofish, T. N., & Armanto, N. (2021). Kompensasi dan Kepuasan Kerja sebagai Alternatif Peningkatan Kinerja Karyawan. Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam, 2(1), 41-48.

Mujanah, S. (2019). Manajemen Kompensasi. Surabaya: CV. Putra Media Nusantara (PMN).

PayScale. (2013) How to Build Pay Grades and Salary Mapping Ranges. Available at: http://resources.payscale.com/rs/payscale/images/2013-How-to-Build-Pay-Grades-and-Salary-Ranges.pdf. (Accessed: March 22, 2023).

Priyatono, M. (2019). Pengaruh Kompensasi Finansial dan Non Finansial terhadap Kinerja Karyawan Mesastila Hotels dan Resorts. Media Wisata, 17(1).

Santi, V. E., & Widodo, S. (2021). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Surya Pasca Scientia, 10(2).

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016) Research Method for Business. 7th Edition. New Jersey: John Wiley & Sons.

Sugiyono. (2019) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta