STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM SUPERVISI AKADEMIK GUNA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU

Authors

  • Luluk Muzayyanah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Heldy Ramadhan Putra P UIN Raden Mas Said Surakarta

Keywords:

Strategi kepemimpinan, Supervisi akademik, Profesionalisme Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan supervisi akademik yaitu pelaksanaan Supervisi, Teknik-teknik supervisi, hambatan-hambatan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi, dan tindak lanjur supervisi guna meningkatkan profesionalisme guru. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analsis data adalah reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penyusunan program supervisi dilakukan pada setiap awal tahun pengajaran melalui kegiatan rapat dengan melibatkan guru, supervisi dilaksanakan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan oleh tim pelaksana supervisi. Teknik supervisi yang digunakan adalah teknik individual dan kelompok. Evaluasi supervisi dilakukan pada setiap akhir semester. Faktor pendukung pelaksanaan supervisi adalah guru yang menanggapi secara positif tentang pelaksanaan supervisi, terjalinnya hubungan yang baik antara guru dengan guru dan kepala madrasah dengan guru. Hambatan supervisi adalah kurangnya pemahaman guru tentang supervisi sehingga tidak mendapatkan kesempatan membantu pelaksanaan supervisi oleh kepala madrasah, adanya guru yang bersikap membatasi diri karena usia maupun kemampuan di bidang IT dan kesibukan kepala madrasah.

References

Azyanti, Sri. 2018. Motivasi Kepala Sekolah. Yudha English Gallery.

Djuhartono, Tjipto, Ulfiah Ulfiah, Hanafiah Hanafiah, And Deti Rostini. 2021. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kejuruan.” Research And Development Journal Of Education 7 (1): 101. Https://Doi.Org/10.30998/Rdje.V7i1.9147.

Endang Palupi, Bukman Lian, And Artanti Puspita Sari. 2021. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru.” Cahaya Pendidikan 7 (1): 51–62.

Hasanah, Siti Nurhidayatul. 2016. “Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru.” Edukasi 4 (2): 366–85.

Isbianti, Pandit, And Dwi Esti Andriani. 2021. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Klaten Jawa Tengah.” Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan 3 (1): 75–85. Https://Doi.Org/10.21831/Jump.V3i1.39020.

Istikomah, Istikomah. 2018. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Nur El-Islam : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 5 (2): 26–53. Https://Doi.Org/10.51311/Nuris.V5i2.107.

Leniwati, Leniwati, And Yasir Arafat. 2017. “Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru.” Jmksp (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2 (1): 106–14. Https://Doi.Org/10.31851/Jmksp.V2i1.1158.

Lorensius, Zaenab Hanim, And Warman. 2022. “Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Di Smk Katolik Kota Samarinda.” Attractive: Innovative Education Journal 4 (2): 2685–6085.

Marhawati, Besse. 2019. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar: Studi Kualitatif.” Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan 4 (1): 71–76. Https://Doi.Org/10.17977/Um025v4i22020p071.

Novianti, Herna. 2015. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Manajer Pendidikan 9 (2): 350–58.

Priyambodo, Pebriana. 2023. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru.” Tirai: Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam 2 (1): 34–58. Https://Doi.Org/10.28944/Afkar.V5i1.135.

Putra, Muh. Muchlis Dan Heldy Ramadhan. 2022. “Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Alignment: Journal Of Administration And Educational Management 5 (1): 49–58. Https://Doi.Org/10.31539/Alignment.V5il.3776.

Qiftiyah, Maratul, Rina Rahmi, And Septika Laily Anti. 2020. “Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru.” Indonesian Journal Of Islamic Educational Management 3 (1): 1–9.

Riski, Aulia. 2019. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah Aulia Riski.”

Suhayati, Iis. 2013. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Dan Kinerja Mengajar Guru.” Jurnal Administrasi Pendidikan Upi 17 (1): 86–95.

Surani, Surani, Annisa Saputri, And Mustamin Mustamin. 2022. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Di Smpn 1 Petasia Kabupaten Morowali Utara.” Education And Learning Journal 3 (1): 45. Https://Doi.Org/10.33096/Eljour.V3i1.149.

Suwartini, Erni Agustina. 2017. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan.” Jurnal Administrasi Pendidikan 24 (2): 62–70.

Syamsul, Herawati. 2017. “Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (Smp).” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 1 (2): 275–89. Https://Doi.Org/10.24252/Idaarah.V1i2.4271.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Muzayyanah, L., & Putra P, H. R. . (2023). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM SUPERVISI AKADEMIK GUNA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(8), 1805–1815. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3341