KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: MENDORONG PEMBARUAN PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA

Main Article Content

Adi Setiawan
Amin Suryani
Destriana Kurniawati

Abstract

Memasuki dunia kerja saat ini, diperlukan SDM yang memiliki pengetahuan yang luas dan juga berwawasan. Program yang diciptakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk mengenalis terkait program MBKM guna mendorong pembaruan pendidikan tinggi di Indonesia. Penulisan artikel ini menggunakan jenis kualitatif. Hasil yang didapatkan adalah untuk mendukung proses pembaharuan pendidikan di Indonesia menjadi pendidikan yang lebih baik lagi dibutuhkan suatu program pembelajaran yang berbeda dengan sebelumnya. Program terbaru yang baru-baru ini di implementasikan adalah program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Hasil penelitian ini menunjukkan melalui kegiatan MBKM, lulusan yang diharapkan akan memiliki kepribadian yang positif, seperti berbangsa dan bernegara, professional, kompetitif, berilmu, beradap, bertaqwa, serta memiliki jiwa iman yang kuat. Selain itu, dengan adanya MBKM ini akan melatih mahasiswa untuk berpikir secara berkelompok ataupun secara indivu, sehingga akan menciptakan jiwa partisipasi, inovatif, kolaboratif, kreatif, kritis, dan unggul.

Article Details

How to Cite
Setiawan, A., Suryani, A., & Kurniawati, D. (2023). KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: MENDORONG PEMBARUAN PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(5), 905–913. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3174
Section
Articles

References

Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5863-5873.

Kodrat, D. (2021). Mindset Mutu Manajemen Perguruan Tinggi Islam Dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Al-Mujaddid: Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 3(1), 48-61.

Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 211-222).

Ladjar, M. A. B. (2021). Optimalisasi Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Penjasorkes Melalui Strategi Pembelajaran Daring. Akademisi dan Jurus Jitu Pembelajaran Daring, 49.

Masruroh, S., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Buana Perjuangan Karawang. J-STAF (Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah), 1(1), 100-113.

Mudrikah, A., Khori, A., Hamdani, H., Holik, A., Hakim, L. L., Yasmadi, B., & Hidayat, H. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Islam Nusantara. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 137-148.

Rahman, N., Erwing, E., Adiansyah, R., & Amin, A. M. (2022). Program MBKM: Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Al-Nafis: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 2(2), 115-123.

Rodiyah, R. (2021, August). Implementasi program merdeka belajar kampus merdeka di era digital dalam menciptakan karakter mahasiswa hukum yang berkarakter dan profesional. In Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang (Vol. 7, No. 2, pp. 425-434).

Rumetna, M. S. (2018). Pemanfaatan Cloud Computing Pada Dunia Bisnis: Studi Literatur. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(3). 305-314.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157.

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67.

Sundi, V. H., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Analisis Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-61.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2).