PENERAPAN SISTEM PENJADWALAN ONLINE UNTUK MENURUNKAN ANGKA WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN DI POLIKLINIK INSTALASI PAVILIUN
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v2i3.2917Abstract
Waktu tunggu pelayanan pasien di poliklinik merupakan salah satu penilaian mutu dalam suatu rumah sakit. Waktu tunggu yang lama mengindikasikan adanya suatu miss managemen waktu. Managemen waktu yang baik bisa dimulai dengan pengaturan penjadwalan pasien secara online, dimana pasien dapat mengetahui kapan harus datang ke rumah sakit sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Waktu tunggu yang lama akan membuat keramaian dan beresiko meningkatkan angka komplain terhadap pelayanan rumah sakit. Tujuan : memberikan gambaran dan gagasan dari manfaat penerapan sistem penjadwalan online terhadap angka waktu tunggu pelayanan pasien di Poliklinik Instalasi Paviliun, untuk menghindari keramaian dan menurunkan angka komplain pasien terhadap pelayanan rumah sakit melalui tinjauan literatur. Pembahasan : hasil telah dan review 11 jurnal pilihan, disimpulkan bahwa penerapan penjadwalan online telah banyak diterapkan dalam rangka mengurangi waktu tunggu pelayanan pasien poliklinik. Rekomendasi : Pengaplikasian atau penerapan penjadwalan online dapat dilakukan oleh peneliti selanjutnya untuk melihat pengujian keefektifitasan penjadwalan online pada pasien poliklinik.
References
Lin, C.-F., Fu, Y.-C., Lin, L.-S., & Fu, C.-S. (2022). Minimal Human Interaction in Hospitals: Effective Online Registration System Design. SAGE Open, 12(3). https://doi.org/10.1177/21582440221122695
Aula, 2021. Hospital Management Information System Acceptance At Wonosari Regional Hospital, Gunung Kidul, Yogyakarta.
Bar-dayan 2002, Waiting time is a major predictor of patient satisfaction in a primary military clinic.
Puspitaloka Mahadewi et al., n.d.Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Poliklinik Paru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang. https://jurnal.unigo.ac.id/index.php/gjph/article/view/463/328
McIntyre & Chow, 2020. Waktu Tunggu sebagai Indikator untuk Pelayanan Kesehatan yang Sedang Ketegangan. https://remote-lib.ui.ac.id:2190/doi/10.1177/0046958020910305
Waine et al., n.d. 2020. Penanganan komplain di rumah sakit. https://jurnal.ugm.ac.id/v3/JMPK/article/view/4253/1530
Ariadi, 2019. Komplain Pasien Di Pelayanan Rumah Sakit file:///C:/Users/USER/Downloads/275-1-1676-1-10-20190428.pdf
Keller et al., 2021. Online Versus Telephone Registration: Differences in Quitline Participant Characteristics. https://pdf.sciencedirectassets.com/271902/1-s2.0-S0749379721X00025/1-s2.0-S0749379720303184/main.pdf?X-Amz-Security-Token=IQoJb3JpZ2luX2VjED8aCXVzLWVhc
Sharma et al., 2022. Association of waiting time and satisfaction level of patients with online registration system in a tertiary level medical institute outpatient department (OPD). https://pdf.sciencedirectassets.com/280958/1-s2.0-S2211883722X00051/1-s2.0-S2211883722000946/main.pdf?X-Amz-Security-Token=IQoJb3JpZ2luX2VjEEIaCXVzLWV
Mulac et al., 2021. Barcode medication administration technology use in hospital practice: A mixed-methods observational study of policy deviation.
Kemenkes RI. 2008. Kepmenkes No 129/ Menkes/ SK/ II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta : Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Scarvada AJ, Bouzdine-Chameeva T, Goldstein SM, Hays JM, Hill AV. 2004. Teknik Ilsutrasi Fishbone Diagrams. http://www.bppk.depkeu.go.id/pubikasi/artikel/418-artikel-softcompetency/10999 teknik-ilustrasi-masalah-fishbone-diagrams.
Dwisatyadini, M., Hariyati, R. T. S., & Afifah, E. (2018). The effects of the application of SIMPRO on the completeness and time efficiency of nursing documentation in the outpatient instalation at Dompet Dhuafa Hospital Parung. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 332(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/332/1/012034.