ANALISIS PELAKSANAAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN FKIP UNIVERSITAS RIAU BIDANG FISIKA DI MA HASANAH

Main Article Content

Cindy Gusvita Hamdani
Rati Rahayu

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan Pengenalan Lapangan Sekolah (PLP) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau di Sekolah MA Hasanah Pekanbaru . Untuk pengalaman pendidikan faktual dalam menerapkan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dapat mendukung tercapainya empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kompetensi, kompetensi sosial dan kompetensi profesional dalam pembentukan calon guru mahasiswa yang profesional dan berkarakter. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, desain penelitian, pengumpulan data, reduksi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan Pengenalan Lapangan Sekolah (PLP) di MA Hasanah Pekanbaru cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari pengalaman-pengalaman yang diperoleh siswa oleh siswa calon guru diantaranya pengalaman dalam mengajar, menyusun silabus dan RPP, serta lebih mengenal sekolah MA Hasanah Pekanbaru.

Article Details

How to Cite
Hamdani, C. G. ., & Rahayu, R. . (2022). ANALISIS PELAKSANAAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN FKIP UNIVERSITAS RIAU BIDANG FISIKA DI MA HASANAH. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 303–314. https://doi.org/10.32670/ht.v2i2.2804
Section
Articles

References

Afrianto, A., Dahnilsyah, D., & Supriusman, S. (2019). Eksplorasi Pengalaman Mahasiswa Bahasa Inggris Selama Program Ppl: Harapan, Tantangan, Dan Pelajaran. Jurnal Pendidikan, 9(1), 16. Https://Doi.Org/10.31258/Jp.9.1.16-30

Arianti, R., Ria Ningsih, A., Mures Walef, S., & Hendrisman. (2020). Pelatihan Pembekalan Etika, Disiplin, Dan Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Stkip Rokania Dalam Persiapan Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Ii. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 1(2), 27–33. Https://Doi.Org/10.56313/Jmnr.V1i2.21

Hayati, S., Aini, I., & Guntara, Y. (2020). Analisis Persepsi Guru Dan Calon Guru Fisika Terkait Sumber Belajar, Media Pembelajaran Dan Bahan Ajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 3(1), 295. Https://Jurnal.Untirta.Ac.Id/Index.Php/Sendikfi/Index

Hidayat, R. K., Makhrus, M., & Darmawan, M. I. (2021). Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Fkip Universitas Mataram Bidang Studi Pendidikan Fisika Di Man 1 Lombok Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1). Https://Doi.Org/10.29303/Jppfi.V3i1.115

Karmila, K., Arafah, K., & Arsyad, M. (2020). The Role Of Physics Teacher’s Pedagogical Competence In The Implementation Of The 2013 Curriculum At Sma Negeri 5 Maros. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 190–200. Https://Doi.Org/10.26618/Jpf.V8i2.3360

Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp), Minat Mengajar, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Bagi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3946–3953. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.1353

Mariasih. (2021). Peralihan Praktik Pengalaman Lapangan ( Ppl ) Menuju Pengenalan Lapangan Persekolahan ( Plp ) Bagi Mahasiswa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Stkip Kusuma Negara. Jurnal Ilmiah Kependidkan, 8, 158–166.

Nugraheni, B. I. (2021). Analisis Pelaksanaan Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Secara Daring Berdasarkan Experiential Learning Theory. Humanika, 21(2), 173–192. Https://Doi.Org/10.21831/Hum.V21i2.38224

Pendidikan, A., Universitas, P., & Kuala, S. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2), 88–95.

Rizqa, Z., & Anwar, A. (N.D.). Penerapan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Oleh Mahasiswa Plp Ii Universitas Syiah Kuala. 5158, 14–23. Https://Doi.Org/10.24815/Jp.V10i1.27886

Sadikin, A., & Siburian, J. (2019). Analisis Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Fkip Universitas Jambi Bidang Studi Pendidikan Biologi Di Sma Pgri Jambi. Bioeduscience: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 90–99. Https://Doi.Org/10.29405/J.Bes/3290-993562

Salmiah Sari, S., Nur Iwana Darwis, Z., & Susanto, J. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Fisika Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Di Sma Negeri Kota Mkasar. Jurnal Sainsmat, X(1), 64–77. Http://Ojs.Unm.Ac.Id/Index.Php/Sainsmat

Sohibun, S., Febriani, Y., & Maisaroh, I. (2017). Peranan Mata Kuliah Profesi Kependidikan Dan Microteaching Terhadap Kompetensi Profesional Mahasiswa Ppl Fisika. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 57. Https://Doi.Org/10.24042/Tadris.V2i1.1739

Tanjungpura, U. (2022). Volume 11 Nomor 8 Tahun 2022 Halaman 1184-1193 Pengaruh Program Plp 2 Terhadap Pengembangan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. 11, 2715–2723. Https://Doi.Org/10.26418/Jppk.V11i9.557726.