PROGRAM PENGHITUNG GAJI YANG EFISIEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE INHERITANCE PBO (PEMROGRAMAN BERERIENTASI OBJEK) PADA KANTOR DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIAPAN KOTA MEDAN

Main Article Content

Dzulfikri Akbar Dollar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Program untuk pembagian gaji pada Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, memudahkan dalam perhitungan gaji pada Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan dan membuat Program yang berbasis objek sehingga lebih mudah di kembangkan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Penerapan metode Inheritance PBO (Pemrograman Berorientasi Objek) Pada Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan dapat mempermudah system penggajian pegawai dan dapat memudahkan akses data tentang pegawai. Aplikasi ini bisa merekam dan menyimpan data dalam kapasitas besar serta menghasilkan sebuah informasi yang akuntabel sehingga Instansi tidak perlu menganggarkan dana yang besar untuk menagani penggajian Pegawai. Sistem yang akan dirancang melibatkan satu aktor yang bertugas menjalankan sistem tersebut. Pengguna merupakan yang menggunakan software tersebut. Kelas diagram berikut bmenjelaskan secara garis besar mengenai semua aplikasi yang terlibat. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membantu proses penggajian pegawai yang akuntabel dan efisien pada kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Medan. Aplikasi ini dapat memudahkan Sistem penggajian yang berorientasi pada PBO (Pemrograman Berorientasi Objek).

Article Details

How to Cite
Dollar , D. A. . (2022). PROGRAM PENGHITUNG GAJI YANG EFISIEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE INHERITANCE PBO (PEMROGRAMAN BERERIENTASI OBJEK) PADA KANTOR DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIAPAN KOTA MEDAN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 264–268. https://doi.org/10.32670/ht.v2i2.2800
Section
Articles

References

A. Pillay, Object Oriented Programming using Java, University of KwaZulu-Natal, 2007.

Amborowati, Amardiyah. 2008. Pengantar Pemrograman Berorientasi Objek. AndiPubliser : Jakarta.

Aziz, M. Farid. 2005. Object Oriented Programing dengan PHP5, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Danuri, M. (2009).Object Oriented Programming (OOP) Pembangunan Program Aplikasi Berbasis Windows, Jakarta : Jurnal Infokam Nomor 1.

Enterprise, J. (2015). Mengenal Java dan Database dengan NetBeans. Jakarta: PT Elex Media Kumputindo

Fadallah, M. F., & Rosyida, S. (2018).Program Pemesanan Percetakan Berorientasi Objek Dengan Pemodelan Unified Modeling Language. Jurnal Sistem Informasi, Stmik Antar Bangsa Vol.VII No.1.

Indrajani dan Martin. 2007. Pemrograman Berbasis Objek Dengan Bahasa Java,

Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jamal, A., Supriyanto, A., Asa, F. I., Utami, A., & Mauludin, B. (2014). Aplikasi Berorientasi Objek Untuk Perhitungan Bagian Waris Berdasarkan Hukum Islam. Jakarta : Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains Dan Teknologi,Vol . 2.

Muh,Rais.,2019. Penerapan Konsep Object Oriented Programming Untuk Aplikasi Pembuat Surat. Jurnal PROtek Volume 06. No 2, September 2019.

Nadifah,Adya,Ilham,. Naziro.,2014. Implementasi konsep pemrograman berorientasi objek pada aplikasi sistem parkir menggunakan bahasa pemrograman java. Jurnal Edukasi Elektro, Vol. 3, No. 2, 2019.

Rosa dan Shalahuddin M. 2011. Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Modula.

S. Dharwiyanti, Pengantar Unified Modelling (UML), Jakarta : ilmukomputer.com, 2003.

Sasmito, A. 2017. Rancangan Pembelajaran Pemrograman Java Dengan Pendekatan Object-First Untuk Mempermudah Memahami Konsep Object Oriented Programing (OOP). Jurnal Pilar Nusa Mandiri, Vol.10 No.2 Halaman 149.

Whitten, Jeffery L., Lonnie D. Bentley., Kevin C. Dittman, Metode Desain dan Analisis Sistem Edisi 6, Yogyakarta:Andi, 2004.

Wibowo, Kadek. (2015). Analisa Konsep Object Oriented Programming Pada Bahasa Pemrograman Php. Jakarta Selatan : Jurnal Khatulistiwa Informatika.