PERBEDAAN KUALITAS CITRA PADA PEMERIKSAAN MRI ANKLE JOINT DENGAN MENGGUNAKAN COIL ANKLE DAN FLEX COIL DI INSTALASI RADIOLOGI RS. UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR

Main Article Content

Nurhikmah Nurhikmah

Abstract

Kualitas citra MRI yang optimal ditentukan oleh empat karakteristik yaitu signal to noise ratio (SNR), contrast to noise ratio (CNR), resolusi spasial dan waktu scan. SNR sangat berpengaruh terhadap kualitas citra, peningkatan nilai SNR diikuti dengan peningkatan kualitas citra. Ada beberapa parameter yang mempengaruhi SNR. Salah satunya adalah penggunaan kumparan frekuensi radio (RF). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui coil mana yang lebih baik digunakan antara ankle coil dan flex coil pada pemeriksaan Ankle Joint MRI dan untuk mengetahui perbedaan kontras citra dan resolusi spasial serta tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh penggunaan Ankle dan Flex coil dalam pemeriksaan MRI Ankle Joint. Penelitian ini menggunakan eksperimen kuantitatif yaitu melakukan percobaan terhadap objek yang diamati, untuk mencari jawaban dari permasalahan yang diangkat dengan melakukan pemeriksaan MRI Ankle Joint dengan menggunakan dua jenis kumparan yang berbeda yaitu ankle coil dan flex coil. Penulis mengambil 10 sampel dari para relawan yang bersedia menjadi sampel. Data tersebut kemudian diolah menggunakan spss. Berdasarkan hasil nilai SNR yang diperoleh dari masing-masing sampel yang telah diolah menggunakan SPSS, berdasarkan perbedaan kualitas citra pada pemeriksaan MRI sendi pergelangan kaki menggunakan ankle coil dan flex coil di Instalasi Radiologi RS Universitas Hasanuddin Makassar.

Article Details

How to Cite
Nurhikmah, N. (2022). PERBEDAAN KUALITAS CITRA PADA PEMERIKSAAN MRI ANKLE JOINT DENGAN MENGGUNAKAN COIL ANKLE DAN FLEX COIL DI INSTALASI RADIOLOGI RS. UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 235–248. https://doi.org/10.32670/ht.v2i2.2795
Section
Articles

References

Arifah AN, Kartikasari Y, Murniati E. Analisis Perbandingan Nilai Signal to Noise Ratio (SNR) pada Pemeriksaan MRI Ankle Joint dengan Menggunakan Quad Knee Coil dan Flex/Multipurpose Coil. J Imejing Diagn JImeD. 2017 Jan 9;3(1):220–4.

Arifah AN, Kartikasari Y, Murniati E. Analisis Perbandingan Nilai Signal to Noise Ratio (SNR) pada Pemeriksaan MRI Ankle Joint dengan Menggunakan Quad Knee Coil dan Flex/Multipurpose Coil. J Imejing Diagn JImeD. 2017 Jan 9;3(1):220–4.

Astuti S, Muzammil A, Aisyiyah N. Analisis Kualitas Citra Tumor Otak dan Variasi flip angle (FA) menggunakan Sequence T2 Turbo Spin Echo Axial pada Magnetic Resonance Imeging (MRI). 2017 Ags;86-87p..

Chen, Kai Yuan. Development Of Radio-Frequency Coil System In Magnetic Resonance Imaging.2012;3-17.

Choo, H.Y, Lee, S.J, Kim, D.W,, Jeong H.W dan Gwak, H. Multibanded Anterior Talofibular, Ligaments in Normal ANG Ankles and Sprained Ankles Using 3D Isotopic ProtonDensity-Weighted Fast Spin Echo MRI Sequence. American Journal of Roentgenology. 2013;3.

Dutton M. Dutton’s orthopaedic examination, evaluation, and intervention. Fourth edition. New York: McGraw-Hill Education; 2016. 1672 p.

Hendrati D, Wyantuti S. PENGENALAN ALAT MAGNETIC RESONANCE IMAGING (MRI) SEBAGAI ALAT DETEKSI KANKER KKN TERINTEGRASI PPM DESA CILELES JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG. :3.

Hidayah S. PENGARUH PERUBAHAN TR TERHADAP NILAI CNR DAN EFISIENSI KONTRAS PADA CITRA MRI HEAD SEQUENCE T1 WEIGHTED IMAGE. 2015;4(1):6.

J.P. Hornak, The Basic of MRI, Chapter 3, (2010).pdf.

Möller TB, Reif E. MRI parameters and positioning. 2nd ed. Stuttgart ; New York: Thieme; 2010. 341 p.

Netter, H H, editor. Atlas of Human Anatomy,. 18., neubearb. Aufl. München Wien Baltimore: Urban und Schwarzenberg; 2016. 391 p.

Notosiswoyo M, Suswati S. Pemanfaatan Magnetic Resonance Imaging (MRI). 2014;6.

Patofisiologi_dan_Tatalaksana_Osteochondral_Lesion.pdf.

Politeknik Kesehatan Kemenkes, Apriantoro NH, Poernama NO, Fatmawati General Hospital Jakarta. SNR Value Evaluation of Knee MRI 1.5 T Using Volume and Surface Coil in Fatmawati General Hospital Jakarta. J Health Med Sci [Internet]. 2019-Mar-30[cited2022Sep26];2(1).Availablefrom:https://www.asianinstituteofresearch.org/JHMSarchives/SNR-Value-Evaluation-of-Knee-MRI-1.5-T-Using-Volume-and-Surface-Coil-in-Fatmawati-General-Hospital-Jakarta

Prasdiyanti YA. Analisis Perbedaan Informasi Anatomi dan Kualitas Citra Antara Penggunaan Head Coil dengan Flex M Coil Pemeriksaan MRI Ankle Joint pada Ptoton Density Weighted Spair. 2012;13.

Putra CS, Susanto E, Rochmayanti D. Analisis Informasi Anatomi dan Kualitas Citra Antara Penggunaan Knee Coil dan Head Coil pada Pemeriksaan MRI Ankle Joint Sequence Fast Spin Echo Pembobotan Proton Density Potongan Sagital. :8.

Rochmayanti D, Widodo TS, Soesanti I. Analisis Perubahan Parameter Number of Signals Averaged (NSA) Terhadap Peningkatan SNR dan Waktu Pencitraan pada MRI. 2013;2(4):9.

Soetikno RD. Imejing Molekuler Menggunakan MRI: Cara Baru Untuk Diagnosis Tumor Otak Glioma. 2015;10.

Toepfer A. Tumors of the foot and ankle – A review of the principles of diagnostics and treatment. Fuß Sprunggelenk. 2017 Jun;15(2):82–96.

Westbrook C, Kaut-Roth C, Talbot J. MRI in practice. 4. ed. Oxford: Wiley-Blackwell; 2011. 442 p.

Westbrook C, Talbot J. MRI in Practice Fifth Edition. Vol. 53, Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis. 2019. 1–737 p

Westbrook C. Handbook of MRI Technique. 2014;394.