ANALISIS PERAWATAN BERDASARKAN PERFORMANCE MESIN PADA MESIN SMELTER & GASIFIER DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAM (RELIABILITY AVAILABILITY MAINTAINABILITY) DI PT. XYZ

Main Article Content

Hildan F. Pratama
Endang Pudji W

Abstract

PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan yang berfokus pada pengolahan pasir silika. Perusahaan ini membagi proses produksinya menjadi 4 proses yaitu Dosing, Smelting, Quenching, dan Packaging. Diantara ke empat proses tersebut bagian smelting adalah yang memiliki resiko downtime mesin terbesar. Di bagian smelting ini terdapat mesin yang bernama smelter & gasifier. Mesin smelter & gasifier ini memiliki jumlah downtime yang sangat besar jika dibandingkan dengan mesin yang lain. Mesin smelter & gasifier ini adalah mesin yang digunakan untuk meleburkan bahan baku kering dengan batu bara. Mesin smelter & gasifier belum memiliki performansi yang baik dikarenakan tidak adanya jadwal pemeliharaan yang tepat yang dilakukan perusahaan. Metode yang dipakai adalah Reliability Availability Maintainability (RAM). penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai keandalan (reliability), ketersediaan (availability) dan kemampuan perawatan (maintainability) mesin smelter & gasifier yang memenuhi standar IVARA sehingga dapat menghasilkan jadwal preventive maintenance pada PT. XYZ. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan didapatkan nilai reliability system sebesar 81,37% pada R(t) = 336 jam, nilai maintaibility system 81,11% dengan minimal waktu perbaikan M(t) = 10 jam, nilai inherent availability 99,23% dan nilai operational availability 90,23%.

Article Details

How to Cite
Pratama, H. F. ., & Pudji W, E. . (2022). ANALISIS PERAWATAN BERDASARKAN PERFORMANCE MESIN PADA MESIN SMELTER & GASIFIER DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAM (RELIABILITY AVAILABILITY MAINTAINABILITY) DI PT. XYZ. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1610–1619. https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2141
Section
Articles

References

Ansori, N., & Mustajib, M. I. (2013). Sistem Perawatan Terpadu. Yogyakarta: Graha Ilmu, 24–32.

Arrahman, M. R., Alhilman, J., & Athari, N. (2017). Penilaian Kinerja Pada Mesin Mori Seiki Nh4000 Dcg Dengan Menggunakan Metode Reliability Availability Maintainability (ram) Analysis Dan Overall Equipment Effectiveness (oee) Di Pt Pudak Scientific. EProceedings of Engineering, 4(2).

Arsyad, M., & Sultan, A. Z. (2018). Manajemen perawatan. Deepublish.

Baroto, T. (2002). Perencanaan dan pengendalian produksi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ebeling, C. E. (2004). An introduction to reliability and maintainability engineering. Tata McGraw-Hill Education.

Ebrahimi, A. (2010). Effect analysis of Reliability, Availability, Maintainability and Safety (RAMS) Parameters in design and operation of Dynamic Positioning (DP) systems in floating offshore structures.

Fathun, M. P. (2020). Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan 1: Diandra Kreatif. Diandra Kreatif.

Gunawan, W., & Soleh, F. (2020). ANALISIS PENERAPAN TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE MENGGUNAKAN DISTRIBUSI WEIBULL PADA MESIN ROLLING MILL. Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 3(1), 42–51.

Handbook, M. (1988). Electronic reliability design handbook. In MIL-HDBK-338, DoD.

Huda, N. (2018). Buku Informasi Mengoperasikan Unit Gasifikasi. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin Dan Teknik Industri.

Kurniawan, F. (2013). Manajemen perawatan industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nur, S. M., Yusandi, S., Indonesia, P. T. C., & Kav, J. J. S. (2009). Aplikasi Program Minitab 15. Statistika Untuk Perancangan Percobaan.

Stapelberg, R. F. (2009). Availability and maintainability in engineering design. Springer.

Sudrajat, A. (2011). Pedoman Praktis Manajemen Perawatan Mesin Industri. Bandung: Refika Aditama.

Susetyo, A. E., & Nurhardianto, E. (2019). PENENTUAN KOMPONEN KRITIS UNTUK MENGOPTIMALKAN KEANDALAN MESIN CETAK. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 5(2), 13–22.

Sutaryono, N. (2018). Kelebihan Analisis RAM. Manajemen Perawatan.

Thomas, A. W. and R. (2005). Key Performance Indicator-Measuring an Managing the Maintenance.

Widana, I. K. (2020). Manajemen Perawatan dan Perbaikan di Dalam Dunia Industri. Panca Terra Firma.

Yusra, A. F., Budiasih, E., & Pamoso, A. (2018). Analisis Performance Mesin Weaving Pada Pt Abc Menggunakan Metode Reliability Availability Maintainability (RAM) Dan Overall Equipment Effectiveness (OEE). EProceedings of Engineering, 5(2).