ANALISIS NILAI TAMBAH PENGOLAHAN BUAH CHERRY KOPI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MANFAAT EKONOMI KOPERASI

Main Article Content

Udin Hidayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tambah pengolahan buah cherry kopi dalam upaya meningkatkan manfaat ekonomi koperasi di Koperasi Produsen Kopi Margamulya. Metode penelitiani ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai tambah yang diperoleh dari proses pengolahan kopi muncul dari proses pengolahan buah cherry kopi pada petani anggota hingga Koperasi Produsen Kopi Margamulya. Nilai tambah terbesar diperoleh pada proses pengolahan Ground Coffee sebesar Rp 27.810,- per kilogram buah cherry kopi. Namun Koperasi Produsen Kopi Margamulya belum mampu memproduksi ground coffee dalam jumlah yang besar karena keterbatasan alat dan mesin. Di sisi lain jumlah permintaan terhadap green bean masih memberikan porsi terbesar.

Article Details

How to Cite
Hidayat, U. . (2022). ANALISIS NILAI TAMBAH PENGOLAHAN BUAH CHERRY KOPI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MANFAAT EKONOMI KOPERASI. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 1129–1142. https://doi.org/10.32670/ht.v1i8.1947
Section
Articles

References

Alfred, H. (2005). Pokok-pokok Pikiran Organisasi Koperasi dan Kebijakan Pengembangan di Negara-Negara Berkembang. Bandung: Universitas Padjajaran Bandung.

Anggaram, A. S. (2013). KOPI Si Hitam Menguntungkan Budi Daya dan Pemasaran. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Unggulan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ramudi, A. (2003). Ekonomi Koperasi. Bandung: Ikopin Press.

Andang, K. Ardiwidjaja 2001. Pengukuran Keberhasilan Koperasi Diliat dari Sudut Anggota. Bandung: Jurnal Ilmiah Manajemen Keuangan Value FMK, Edisi 01 IKOPIN.

Ariffin, Ramudi. 2003. Ekonomi Koperasi. Bandung: Ikopin PRESS

Baswir, Revrisond. 1997. Koperasi Indonesia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Handoko, Hani. 1984. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya. Ed ke-5. Yogyakarta (ID): UPP AMP YKPN.

Spillane, James J. 1990. Komoditas Kopi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Sorga S, Darus H, dan Ayu S. 2015. Analisis Komparasi Nilai Tambah dalam Berbagai Produk Olahan Kedelai pada Industri Rumah Tangga di Kota Medan [jurnal]. Medan: Universitas Sumatera Utara

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tampubolon, Manahan P. 2018. Manajemen Operasi dan Rantai Pemasok. Jakarta: Mitra Wacana Media