Pengaruh Metode Analisis Tugas Dalam Meningkatkan Kemampuan Diri Sendiri Pada Anak Tuna Grahita Sedang di SLB Kembar Karya Pembangunan 3 Bekasi

Main Article Content

Widijastuti

Abstract

This research aims to improve the ability to take care of yourself by using the
task analysis method at SLB Kembar Karya Pembangunan 3. The research was
carried out at the SLB Kembar Karya Pembangunan 3. The subjects studied
were SDLB grade 3 students. This study used a task analysis method with an
action intervention pattern, namely taking steps that were carried out in cycles,
and the technique used in this action research was triangulation with data in
the form of observation sheets. , while qualitative data and for the percentage
used quantitative data. The results of the research show that self-development
learning activities. Especially in brushing teeth in class II moderate intellectual
impairment using the task analysis method proved successful with the ability
level to achieve mastery above 60% in each cycle.

Article Details

How to Cite
Widijastuti. (2022). Pengaruh Metode Analisis Tugas Dalam Meningkatkan Kemampuan Diri Sendiri Pada Anak Tuna Grahita Sedang di SLB Kembar Karya Pembangunan 3 Bekasi. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(6), 644–663. https://doi.org/10.32670/ht.v1i6.1531
Section
Articles

References

Arikunto Suharsimi, Suharjono, dan Supardi (2006) Penelitian Tindakan kelas, Jakarta,

Bumi Aksara

Amin H.Moh. Orthopedagogik Anak Tunagrahita, Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga

Guru

Departemen Pendidikan Nasional (2001) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka,

Jakarta

Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, Jakarta: depdikbud1997

Mendepdikbud, (1992), Keputusan Nomor : 0491/U/1992 Tentang Pendidikan Luar

Biasa. Jakarta : Depdikbud

Mulyono A, dan Soedjadi, (1993) Bahan Kuliah Orthopedagogik Umum I, Jakarta :

PLB, FIF, IKIP Jakarta

Soedjadi S, (1996), anak Tuna grahita dalam perkembangannya. Makalah, Jakarta :

Depdikbud

Suroso dkk (1988), Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia, Tiga Serangkai, Solo

Panduan Guru Menolong Diri Sendiri Tuna Grahita, Jakarta : Depdiknas 2002

Pedoman Khusus Usaha Pengembangan Menolong Diri Sendiri, (1983), Jakarta :

Depdikbud

Hasibuan, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Rosdakarya, 2000

Sawarsih Arikunto, (1991), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sunarya Kartadinata, (1996), Psikolgi Anak Luar Biasa, Jakarta: Dirjen Dikti

Wartah Maria, (2007) Pengembangan Kemandirian anak Tunagrahita mampu latih,

Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional

Yustinus seimun, Kesehatan Mental 2, Jakarta : Kanisius, 2006.