PENGARUH HUBUNGAN ANTARA PENGELOLAAN PENGAJARAN, PEMBIMBINGAN DAN PENGELOLAAN KELAS GURU MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP KEEFEKTIFAN BELAJAR MENGAJAR

Main Article Content

Antonius Tukimin

Abstract

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk melihat pengaruh hubungan antara pengelolaan pengajaran, pembimbingan, dan pengelolaan kelas guru ekonomi SMA N 1 Nanga Pinoh terhadap Keefektifan Belajar Mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan program SPSS Versi 25 dengan metode analisis regresi berganda. Metode analisis regresi berganda dimaksudkan untuk menganalisis secara bersamaan pengaruh beberapa variabel bebas terhadap satu variabel tergantung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri I Nanga Pinoh tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 280 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 Siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode kuesioner atau angket. Hasil penelitian yang didapat ternyata pada kegiatan pengelolaan pengajaran, pembimbingan dan pengelolaan kelas guru mata palajaran ekonomi memiliki pengaruh hubungan korelasi positif dan derajad signifikansi dalam Keefektifan Belajar Mengajar peserta didik, yang dikonfirmasi oleh nilai koefisien signifikansi sebesar 0,006 (lebih kecil dari 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa pengelolaan pengajaran, pembimbingan, dan pengelolaan kelas guru ekonomi memberikan pengaruh terhadap keterampilan berfikir kritis siswa.

Article Details

How to Cite
Antonius Tukimin. (2022). PENGARUH HUBUNGAN ANTARA PENGELOLAAN PENGAJARAN, PEMBIMBINGAN DAN PENGELOLAAN KELAS GURU MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP KEEFEKTIFAN BELAJAR MENGAJAR. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 162–175. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial Issues 1.1132
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hizrah Alimin, Abdul Halim Momo, Wa Ode Hijrah. Peran Guru Dalam Membina Moral Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Siotapina. Selami Ips Volume 14 Nomor 1 Edisi Januari-Juni 2021.

Laode Turi, Murniati Murniati, Muh Syafa Abdullah.2017. Kemampuan Guru-Guru Ekonomi Dalam Menyusun Dan Mengimplementasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Suatu Tinjauan Kemampuan Guru-Guru Sma Di Sulawesi Tenggara). Selami ips Vo.1, N0.45. Riska Defiana, la iru la iru, Arsidik Asuru.2018. Peranan Guru Wali Kelas Dalam Pembinaan Moral Siswa (Studi Pada Siswa Sma Negeri 1 Tongkuno Kabupaten Muna). Selami ips Vol.4, No.48. Samsul Basri, Bunasor Samin, Irfan Syauqi Beik.2019. Peran Kurikulum Ekonomi Syariah Untuk Pencapaian Kemakmuran Dan Kesejahteraan. Jurnal Pendidikan Islam. Ta’dibunaVol.8, No.1. Sindi Mallyanti, I Komang Winatha, Yon Rizal.2020. Pengaruh Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, Dan Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi. Jurnal Edukasi Ekobis.Vol 8.No.1.

Surini. 2010.Hubungan Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa .Semarang : Proposal Skripsi.

Tukimin, Antonius.2001.Hubungan antara Pengelolaan Pengajaran Pembimbingan dan Pengelolaan Kelas Guru terhadap Keefektifan Belajar Mengajar.Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Wa Ode Musriani, Sulfa Sulfa, Wa Ode Hijrah.2020. Efektivitas Cara Belajar Dan Nilai Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Smp Negeri 1 Barangka Kecamatan Barangka Kabupaten Muna Barat. Selami Ips.Vol.3.No.1.

Sumber bacaan dan penelitian dari internet:

https://www.google.com/search?q=keefektifan+belajar+mengajar