ANALISA VISUALISASI DATA LAPORAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

(Studi Kasus SD Islam Khalifah Palu)

Authors

  • Muhammad Qaidin Syahputra Pascasarjana, Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial%20Issues%201.1083

Abstract

Laporan hasil belajar siswa merupakan aset penting bagi suatu sekolah untuk mengetahui ketercapaian pembelajaran siswa yang disajikan dalam bentuk suatu nilai akhir dari serangkaian proses pembelajaran dan penilaian yang dilakukan oleh tenaga pendidik. Selain itu, laporan hasil belajar siswa dapat digunakan sebagai salah satu aspek penting dalam pengambilan kebijakan dan keputusan evaluasi akademik dan pembelajaran yang ada dalam satuan tingkat pendidikan tertentu. pada penelitian ini memuat metode analisa visualisasi data laporan hasil belajar peserta didik dari SD Islam Khalifah palu pada semester satu tahun ajaran 2021-2022. Jumlah siswa sebanyak 227 yang terdiri dari 12 rombel dan 6 tingkatan level kelas 1 sampai dengan kelas 6. hasil analisa visualisasi data menunjukkan bahwa kelas dengan perolehan nilai rata-rata tertinggi adalah kelas 1 Abu Bakar dengan nilai 88,42 dan kelas yang memiliki nilai ra-rata terendah adalaha kelas 6 Ubay yaitu 84,40. Hasil temuan juga menunjukkan bahwa muatan pelajaran yang mencapai nilai tertinggi adalah mupel IPAS yaitu 91,18 dan mupel yang memiliki nilai rata-rata terendah adalah mupel yaitu 81,11 nilai tersebut didapatkan dari proses akumulasi nilai seluruh kelas yang ada (12 kelas). Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran bisa dilakukan dengan peningkatan dari segi model, pendekatan, strategi atau rencana pelaksanaan pembelejaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik. Tidak berhenti sampai situ saja hal yang juga harus menjadi perhatian adalah infrastruktur yang berkaitan dengan muatan pelajaran tersebut (seni).

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Syahputra, M. Q. . (2022). ANALISA VISUALISASI DATA LAPORAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK: (Studi Kasus SD Islam Khalifah Palu). Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 11–16. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial Issues 1.1083