DESKRIPTIF PENGEMBANGAN KARAKTER MELALUI CIVIC ENTREPRENEURSHIP (STUDI KASUS PADA DESA HAURWANGI KABUPATEN CIANJUR)

Main Article Content

Andrian

Abstract

Era globalisasi merupakan era berkembangnya teknologi dan informasi dalam berbagai
aspek kehidupan termasuk negara. Untuk mengantisipasi perubahan era globalisasi
tersebut, maka warga negara dan negara harus mempunyai cara dalam menghadapinya,
sehingga mempunyai daya saing. Salah satunya adalah dengan meningkatkan civic
entrepreneurship. Civic entrepreneurship merupakan upaya membantu masyarakat dalam
mengembangkan perekonomian yang produktif dan mempunyai daya saing yang tangguh.
Penelitian ini difokuskan pada gambaran pengembangan karakter melalui civic
entrepreneurship pada Desa Haurwangi Kabupaten Cianjur. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimana gambaran pengembangan karakter melalui civic
entrepreneurship pada Desa Haurwangi Kabupaten Cianjur. Dari hasil penelitian
tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa gambaran pengembangan karakter melalui
civic entrepreneurship adalah sudah terdapatnya wirausaha-wirausaha yang dilakukan
oleh pihak warga tersebut, yang terdiri dari perdagangan yang meliputi kios, pasar,
warung, dan toko. Selain itu juga, terdapat pabrik-pabrik yang berdiri di daerah tersebut.
Selain kios, pasar, warung, dan toko, pihak pemerintah Desa Haur Wangi Kabupaten
Cianjur menyediakan kegiatan perkoperasian, di mana perkoperasian tersebut sebagai
penunjang atau wadah bagi warga Haur Wangi Kabupaten Cianjur untuk melakukan erbagai usaha-usaha, sehingga warga dapat melakukan usahanya dengan baik dengan
sistem simpan pinjam yang tidak membebani.

Article Details

How to Cite
Andrian. (2021). DESKRIPTIF PENGEMBANGAN KARAKTER MELALUI CIVIC ENTREPRENEURSHIP (STUDI KASUS PADA DESA HAURWANGI KABUPATEN CIANJUR). Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(Spesial Issue 2), 714–720. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4iSpesial Issue 2.970
Section
Articles

References

Althof, W., & Berkowitz, M. W. (2006). Moral education and character education:

Their relationship and roles in citizenship education. Journal of moral

education, 35(4), 495-518.

Akin, T. dkk. (1995). Character education in america’s schools. Spring Valley.

California : Innerschoice Publishing.

Anees, Bambang Q. dan Hambali, Adang. 2008. Pendidikan Karakter Berbasis Al

Qur’an. Bandung: Refika Offset

Branson, M.S. (1998). The Role of Civic Education, A Forthcoming Education Policy

task Force Position Paper from the Communitarian Network.

De Vos, G.A. (1968). National Character in Sills, David L. (eds) International

Encyclopedia of the Social Sciences, New York: The Macmillan Company and

the Free Press, vol. 11&12, p.14-19.

Lickona, Thomas (1992). Educating For Character How Our Schools Can Teach Respect

and Responsibility. New York-Toronto-London-Sydney-Auckland: Bantam

Books.

Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun

Bangsa. Jakarta : BPMIGAS dan Star Energi

Sutrimo , Purnomo. (2014). Pendidikan Karakter Di Indonesia: Antara Asa dan

Realita. Jurnal Kependidikan, 2(2).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa

Berperadaban. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.