ANALISIS INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN KEBERLANGSUNGAN USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA UD. SABAR JAYA, FOLKE COFFEE, BATIPINDO JAYA, IDOLA DAN SOAK NGALAM DI KOTA MALANG)
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the effect of marketing costs on operating profit at Nugget
Sagala Rasa Kuningan Regency. The method used is descriptive verification method. The
research population is marketing cost data and operating profit data from 2015 to 2019,
the samples are marketing cost data and Nugget Sagala Rasa operating profit data for the
last five years (2015 – 2019) which were taken using purposive sampling technique. The
results of the simple linear regression test obtained the equation = 147,188,543,325 +
4,324 X; This means that every increase in the amount of marketing costs incurred so far
has resulted in an increase in the amount of operating profit. From the results of the
correlation test, the value of r = 0.960 means that the amount of marketing costs has a
very strong relationship with the amount of operating profit. The results of the
determination test show that the total operating profit which is influenced by the total
marketing costs is 92.20%, while the remaining 7.80% is influenced by other factors not
examined. Based on the results of hypothesis testing using the t test, the tcount value is
5.957 and ttable at a = 0.05 and dk = 3 is 2.353 so that tcount > ttable; means Ho is
rejected or Ha is accepted. It can be concluded that marketing costs have a positive and
significant effect on operating profit at Nugget Sagala Rasa, Kuningan Regency
Article Details
References
Astuti,M.,Agni,R.A.(2020). Pengantar Manajemen Pemasaran.Yogyakarta: CV. Budi
Utama. Firmanysah, M.A.(2018) .Perilaku Konsumen (Sikap dan
Pemasaran).Yogyakarta: CV.Budi Utama.
Badan Pusat Statistik. (2018). Kota Malang Dalam Angka 2018. Malang: BPS
Chakti,A.G.(2019).The Book Of Digital Marketing. Makasar: Celebes Media Perkasa
Dhewanto, W., Indradewa, R., Ulfah, W. N., Rahmawati, S., Yoshanti, G., &
Lumanga, C. Z. 2015. Manajemen Inovasi untuk Usaha Kecil dan Mikro. Bandung:
Alfabeta
Fitri,I.(2016). Analisis Promosi Penjualan Online, Harga, Kepercayaan, Dan
Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Ceker Brontak (Studi Pada
Ceker Brontak Kota Bandar Lampung). Diambil dari digilib.unila.ac.id
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Pasuruan: Qiara Media.
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran Malang: Universitas Brawijaya Press.
Handayani, Lina. 2007. Modal Sosial dan Keberlangsungan Usaha. Solo: Universitas
Sebelas Maret.
Ikatan Akuntansi Indonesia. 2007. Standar Akuntansi Keuangan -1 September 2007.
Jakarta: IAI.
Kusinwati. 2019. Mengenal industri kreatif. Tangerang: Loka Aksara.
Kasmir. (2018). Pemasaran Bank. Jakarta : Kencana.
Kloter, Philips. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Intan Sejati Klaten.
Mahalaxmi, K. R., dan Ranjith, P. (2016). A Study on Impact of Digital Marketing in
Customer Purchase Decision in Trichy. International Journal fot Innovative
Research in Science and Technoligy, 2 (10), 332-338
Noor, Henry Faizal. 2013.Ekonomi Publik: Ekonomi untuk Kesejahteraan Rakyat.
Padang: Akademia Permata.
Pamungkas,B.A.,danSitiZ.(2016).PengaruhPromosiDiMediaSosialDanWordOfMouth
TerhadapKeputusan Pembelian (StudiKasus Pada KedaiBontacos Jombang).
Jurnal Komunikasi, x(2),145
Peraturan Meteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2016 Tentang
Besaran Jumlah Tenaga Kerja Dan Nilai Investasi Untuk Klasifikasi Usaha
Industri. Kemenperin(Online), (Jdih.Kemenperin.Go.Id), Diakses 08 September
Putra, Johan Jatu Wibawa. 2010. Jaringan Sosial Pengusaha Tempe Dalam
Kelangsungan Usaha Di Debegan (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Jaringan
Sosial Sentra Industri UsahaTempe Terhadap Kelangsungan Usaha di Debegan
Kelurahan Mojosongo).Universitas Sebelas Maret. Skripsi
Saifuddin, M. (2013). Pengaruh Jenis Endorser dan Brand Name terhadap Sikap Atas
Iklan, SikapAtasMerk dan Niat Pembelian pada Produk High dan Low
Involvement.Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga (JEBA),23 (3)
Saifuddin, M. (2020). Strategi Peningkatan Ekonomi Lembaga Sosial Dengan
Memanfaatkan Aplikasi Pemasaran Berbasis Android (Studi kasus pada unit
bisnis kidpreneuer di Yayasan AL MADINA Surabaya) Jurnal Ekonomi dan
Bisnis Airlangga.
Sudarmadji, P. W., &Pelli, Y. S. (2018). Ibm Diversifikasi Handicraft Kerajinan Tangan
Bernilai Ekonomis, Berbasis Limbah Perca Kain Tenun Ikat Di Kelompok Ikm
Petra Kabupaten Sikka.Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik,1(1), 13-19.
Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Perindustrian.Kemenperin (Online),
(https://.Kemenperin.Go.Id), Diakses 11Desember2020.
Zuliarni, Sri. 2014. Analisis Kreatifitas dan Inovatif Pengusaha Industri Kreatif
Sub Sektor Kerajinan di Pekanbaru. Jurnal Aplikasi Bisnis