ANALISIS INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN KEBERLANGSUNGAN USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA UD. SABAR JAYA, FOLKE COFFEE, BATIPINDO JAYA, IDOLA DAN SOAK NGALAM DI KOTA MALANG)

Main Article Content

Dista Levina A
Nasikh

Abstract

This study aims to determine the effect of marketing costs on operating profit at Nugget
Sagala Rasa Kuningan Regency. The method used is descriptive verification method. The
research population is marketing cost data and operating profit data from 2015 to 2019,
the samples are marketing cost data and Nugget Sagala Rasa operating profit data for the
last five years (2015 – 2019) which were taken using purposive sampling technique. The
results of the simple linear regression test obtained the equation = 147,188,543,325 +
4,324 X; This means that every increase in the amount of marketing costs incurred so far
has resulted in an increase in the amount of operating profit. From the results of the
correlation test, the value of r = 0.960 means that the amount of marketing costs has a
very strong relationship with the amount of operating profit. The results of the
determination test show that the total operating profit which is influenced by the total
marketing costs is 92.20%, while the remaining 7.80% is influenced by other factors not
examined. Based on the results of hypothesis testing using the t test, the tcount value is
5.957 and ttable at a = 0.05 and dk = 3 is 2.353 so that tcount > ttable; means Ho is
rejected or Ha is accepted. It can be concluded that marketing costs have a positive and
significant effect on operating profit at Nugget Sagala Rasa, Kuningan Regency

Article Details

How to Cite
Dista Levina A, & Nasikh. (2021). ANALISIS INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN KEBERLANGSUNGAN USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA UD. SABAR JAYA, FOLKE COFFEE, BATIPINDO JAYA, IDOLA DAN SOAK NGALAM DI KOTA MALANG). Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(Spesial Issue 2), 429–440. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4iSpesial Issue 2.950
Section
Articles

References

Astuti,M.,Agni,R.A.(2020). Pengantar Manajemen Pemasaran.Yogyakarta: CV. Budi

Utama. Firmanysah, M.A.(2018) .Perilaku Konsumen (Sikap dan

Pemasaran).Yogyakarta: CV.Budi Utama.

Badan Pusat Statistik. (2018). Kota Malang Dalam Angka 2018. Malang: BPS

Chakti,A.G.(2019).The Book Of Digital Marketing. Makasar: Celebes Media Perkasa

Dhewanto, W., Indradewa, R., Ulfah, W. N., Rahmawati, S., Yoshanti, G., &

Lumanga, C. Z. 2015. Manajemen Inovasi untuk Usaha Kecil dan Mikro. Bandung:

Alfabeta

Fitri,I.(2016). Analisis Promosi Penjualan Online, Harga, Kepercayaan, Dan

Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Ceker Brontak (Studi Pada

Ceker Brontak Kota Bandar Lampung). Diambil dari digilib.unila.ac.id

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Pasuruan: Qiara Media.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran Malang: Universitas Brawijaya Press.

Handayani, Lina. 2007. Modal Sosial dan Keberlangsungan Usaha. Solo: Universitas

Sebelas Maret.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2007. Standar Akuntansi Keuangan -1 September 2007.

Jakarta: IAI.

Kusinwati. 2019. Mengenal industri kreatif. Tangerang: Loka Aksara.

Kasmir. (2018). Pemasaran Bank. Jakarta : Kencana.

Kloter, Philips. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Intan Sejati Klaten.

Mahalaxmi, K. R., dan Ranjith, P. (2016). A Study on Impact of Digital Marketing in

Customer Purchase Decision in Trichy. International Journal fot Innovative

Research in Science and Technoligy, 2 (10), 332-338

Noor, Henry Faizal. 2013.Ekonomi Publik: Ekonomi untuk Kesejahteraan Rakyat.

Padang: Akademia Permata.

Pamungkas,B.A.,danSitiZ.(2016).PengaruhPromosiDiMediaSosialDanWordOfMouth

TerhadapKeputusan Pembelian (StudiKasus Pada KedaiBontacos Jombang).

Jurnal Komunikasi, x(2),145

Peraturan Meteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2016 Tentang

Besaran Jumlah Tenaga Kerja Dan Nilai Investasi Untuk Klasifikasi Usaha

Industri. Kemenperin(Online), (Jdih.Kemenperin.Go.Id), Diakses 08 September

Putra, Johan Jatu Wibawa. 2010. Jaringan Sosial Pengusaha Tempe Dalam

Kelangsungan Usaha Di Debegan (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Jaringan

Sosial Sentra Industri UsahaTempe Terhadap Kelangsungan Usaha di Debegan

Kelurahan Mojosongo).Universitas Sebelas Maret. Skripsi

Saifuddin, M. (2013). Pengaruh Jenis Endorser dan Brand Name terhadap Sikap Atas

Iklan, SikapAtasMerk dan Niat Pembelian pada Produk High dan Low

Involvement.Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga (JEBA),23 (3)

Saifuddin, M. (2020). Strategi Peningkatan Ekonomi Lembaga Sosial Dengan

Memanfaatkan Aplikasi Pemasaran Berbasis Android (Studi kasus pada unit

bisnis kidpreneuer di Yayasan AL MADINA Surabaya) Jurnal Ekonomi dan

Bisnis Airlangga.

Sudarmadji, P. W., &Pelli, Y. S. (2018). Ibm Diversifikasi Handicraft Kerajinan Tangan

Bernilai Ekonomis, Berbasis Limbah Perca Kain Tenun Ikat Di Kelompok Ikm

Petra Kabupaten Sikka.Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik,1(1), 13-19.

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Perindustrian.Kemenperin (Online),

(https://.Kemenperin.Go.Id), Diakses 11Desember2020.

Zuliarni, Sri. 2014. Analisis Kreatifitas dan Inovatif Pengusaha Industri Kreatif

Sub Sektor Kerajinan di Pekanbaru. Jurnal Aplikasi Bisnis