PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KINERJA TERHADAP PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN RSUD A.M. PARIKESIT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Main Article Content

Dhesy Eka Santy
Zainal Ilmi
Aji Sofyan Effendi

Abstract

The hospital as a public health service organization, serves to serve the wider community in the form
of services. From this phenomenon, researchers are interested in conducting a research study on the
Effect of Transformational Leadership and Employee Performance on Employee Service and Patient
Satisfaction at A.M. Hospital. Parikesit Kutai Kartanegara Regency. The research method is causal
associative research, namely research that intends to describe and test the hypothesis of the
relationship between two or more variables. The method used in the study is the path analysis method.
Transformational Leadership Style has a significant effect on services at Aji Muhammad Parikesti
Hospital, Kutai Kartanegara Regency with a significance value of 0.000 and a regression coefficient of
1.136. Employee performance has a significant effect on services at Aji Muhammad Parikesti Hospital,
Kutai Kartanegara Regency with a significance value of 0.004 and a regression coefficient of 0.889.
Transformational Leadership Style is significant on Patient Satisfaction at Aji Muhammad Parikesti
Hospital, Kutai Kartanegara Regency with a significance value of 0.046 and a regression coefficient of
0.180. Employee performance has a significant effect on patient satisfaction at Aji Muhammad
Parikesti Hospital, Kutai Kartanegara Regency with a significance value of 0.005 and a regression
coefficient of 0.526.

Article Details

How to Cite
Dhesy Eka Santy, Zainal Ilmi, & Aji Sofyan Effendi. (2021). PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KINERJA TERHADAP PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN RSUD A.M. PARIKESIT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(3), 651–667. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i3.724
Section
Articles

References

Anoraga, Panji. (2001). Psikologi Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arischa Octarina. (2013). Pengaruh Etos Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai

pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sarolangun.

Skripsi. Program Sarjana Universitas Andalas.

Ega Praja Rimata. (2014). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja

terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Pos Indonesia Yogyakarta. Skripsi. FEUNY.

Gibson, Ivancevich & Donelly. (2003). Organisasi dan Manajemen, Perilaku, Struktur dan

Proses. Jakarta: Erlangga.

Hasibun, Malayu. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Husein Umar. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada.

Heru Setiyono. (2012). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja

Pegawai. Skripsi. Skripsi. FE-UNY.

Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 4.

Semarang: BP-UNDIP.

Luthans. (2005). Manajemen Personalia. Edisis VI, PT Erlangga: Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.

Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA BANDUNG.

Mas’ud, Fuad. (2004). Survai Diagnosa Organisasi: Konsep & aplikasi. Semarang:Badan

Penerbit Universitas Diponegoro.

Mulyanto. (2009). Pengaruh Motivasi, Kepuasan Kerja dan Komitmen organisasi terhadap

Kinerja Pegawai pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi

Daerah Istimewa Yogyakarta. Vol 1. STIE AUB Surakarta: Jurnal Sarjana

Akuntansi.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bandung: Ghalia Indonesia.

Prawirosentono, Suryadi. (2008). Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta.

Robbins, S.P. (2002). Orgnization Behavior: Concept-Contraversies Aplication, New Jersy:

Englewood Cliffs: Prentice-Hall, Inc.

Reni, Mursinta. (2009). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan

Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bandung. Skripsi

dipublikasikan. Program sarjana, Univeritas Pasundan Bandung.

Saydam, Gouzali. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia: Suatu Pendekatan Mikro

(dalam Tanya jawab). Jakarta: Djambatan. Cetakan kedua.

Simanjuntak, Payaman J. (2005). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: FE UI.

Sinamo, Jansen. (2005). Delapan Etos Kerja Proffessional. Jakarta: Institut Mahardika.

Sugiyono. (2008). Statistika untuk Peneliian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujoko Efferin, Stevenus Hadi Darmaji, dan Yuliawati Tan. (2008). Metode Penelitian

Akuntansi. Yogyakarta: PT BPFE.

Suratman, Adji. (2003). Studi Korelasi antara Motivasi Kerja, Program Pelatihan, dan

Persepsi tentang Penembangan Karir dan Kepuasan Kerja Karyawan. Ventura

Volume 6 No. 2.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi offset.

Tasmara, Toto. (2002). Etos Kerja islami. Jakarta: Gema Insani Press.

Urfy Damayati. (2009). Kontribusi Motivasi dan Etos Kerja terhadap komitmen Profesional

serta Dampaknya pada Peningkatan Kinerja auditor. Skripsi. Program Sarjana UIN

Syarif Hidayatullah.

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Penelitian.

Jakarta: Salemba 4.

Yajid Nafiuddin. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan terhadap Kinerja

Karyawan Bank Tabungan Negaracabang Yoggyakarta. Skripsi. Universitas

Negeri Yogyakarta