DETERMINAN PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN : STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR
Main Article Content
Abstract
The establishment of the company, there is a negative impact, damage to nature. The
impact of natural damage that has occurred has made the community demand that
the company pay more attention to the damage. Corporate social responsibility or
CSR is a form of balancing program between economic benefits and contributions
to the economy, society and the environment. Information on CSR activities is needed
by the community to fulfill the right to feel safe, secure and prosperous. This study
aims to analyze the effect of the board of commissioners, gender diversity,
profitability, leverage, company age on corporate social responsibility disclosure.
The study population was all food and beverage sub-sector manufacturing
companies listed on the Indonesia Stock Exchange during 2015-2017. This research
uses purposive sampling method. The results showed that gender diversity,
profitability, leverage and company age did not have a significant effect on
corporate social responsibility disclosure, while the board of commisioners variables had a significant effect on corporate social responsibility disclosure. This
research is expected to be an additional reference for accounting research,
especially those related to corporate social responsibility disclosure. In addition,
this research is expected to become a reference for companies in disclosing
corporate social responsibility.
Article Details
References
Abbas, D.S, dkk. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage dan
Kepemilikan Saham Publik terhadap Pengungkapan CSR pada Perusahaan
Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2014-2017.
Competitive; Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 3 No. 2 2019.
Anggraeni, D. Y., & Djakman, C. D. (2017). Slack Resources, Feminisme Dewan, Dan
Kualitas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan
Keuangan Indonesia, 14(1), 94–118. https://doi.org/10.21002/jaki.2017.06
Arjanggi, A.R dan Zulaikha. (2015). Pengaruh Profitabilitas dan Umur Perusahaan
terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Studi Empiris pada
Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI. Diponegoro Journal
of Accounting, Vol.4, No.3, Tahun 2015. ISSN (online) : 2337-3806.
Budiman, N. A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung
Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 1(1).
https://doi.org/10.26486/jramb.v1i1.9
Dermawan, D. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate
Social Responsibility. Accounting Analysis Journal, 4(4).
https://doi.org/10.15294/aaj.v4i4.9119
Dima, Utama A. (2016). Pengaruh Dewan Direksi Wanita dan Struktur Kepemilikan
Terhadap Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Di
Bursa Efek Indonesia. Universitas Airlangga.
Dharmawan, A., & Suhardianto, N. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 18(2),
–127. https://doi.org/10.9744/jak.18.2.119-128
Erwanti dan Haryanto. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dewan
Komisaris, Komite Audit dan Kualitas Audit terhadap Pengungkapan Informasi
Pertanggungjawaban Sosial. Diponegoro Journal of Accounting, Vol.6 No.4, Tahun
ISSN (online) : 2337-3806.
Hadya, Riska dan Romi Susanto. (2018). Model Hubungan Antara Keberagaman Gender,
Pendididkan dan Nationality Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate
Social Responsibility. Jurnal Benefita 3 (2), Juli 2018.
Nanda, U. L. 2016. Pengaruh Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan
Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dengan Ukuran
Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang
Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Tesis. Magister Ilmu Akuntansi, Universitas
Jambi.
Nayahita, Maulidya. (2018). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan,
Profitabilitas, Leverage dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Corporate Social
Responsibility. Universitas Islam Indonesia, https://dspace.uii.ac.id.
Nugroho, M. N., dan Agung Y. (2015). Pengaruh Profitabilitas Dan Mekanisme
Corporate Governance Terhadap Pengungkapan CSR Perusahaan Terdaftar JII
-2013. Accounting Analysis Journal, 4(1), 1–12.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab
Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.
Pradana, A.V. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas dan Ukuran
Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Universitas
Muhammadiyah Surakarta, http://eprints.ums.ac.id/.
Pradnyani, I, G, A & Ardhani, E. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas,
Leverage, Dan Ukuran Dewan Komisaris Pada Pengungkapan Tanggung Jawab
Sosial Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 11(2), 384–397.
Restu, Muhammad, dkk. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris,
Proporsi Dewan Komisaris Independen dan Ukuran Komite Audit Terhadap
Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-proceeding of Management;
Vol.4, No.3 Desember 2017. ISSN; 2355-9357.
Rovers, Mijntje L. (2010). Female Directors on Corporate Boards Provide
Legitimacy to A Company. Available : http://ssrn.com/abstract=1411693.
Ruroh, I.N dan Sri Wahjuni L. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran
Perusahaan dan Risk Minimization terhadap Pengungkapan CSR. Jurnal Akademi
Akuntansi., Vol.1 No.1.
Sanjaya, O., Taufik, T., & L, A. A. (2014). Pengaruh Good Corporate Governance,
Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab
Sosial Perushaan Pada Perusahaan Real Estate Dan Property Yang Terdaftar Di
Bursa Efek Indonesia (2010-2011), 1(1), 1–15.
Santioso, L dan Natasha C. D. (2012). Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan,
Dewan Komisaris, Leverage dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Tanggung
Jawab Sosial Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2008-2010. Jurnal
Akuntansi, Vol.12 No.1, April 2012.
Singgih, Marmono, dkk. (2017). Determinan Pengungkapana Tanggung Jawab Sosial
Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman di BEI. Bisma; Jurnal
Bisnis dan Manajemen; Vol.11 No.3 September 2017.
Siregar, S Veronica and Y. Bachtiar. (2010). Corporate Social Reporting; Empirical
Evidence from Indonesian Stock Exchange. International Journal of Islamic and
Middle Eastern Finance and Management, Vol.3, No.3,2010, pp.241-252.
Susilowati, F., Hartono, A, Wafirotin, KZ. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan,
ProfitabilitasLeverage, Tipe Industri dan Ukuran Dewan Komisaris terhadap
Corporate Social Responsibility Disclosure.
https://www.researchgate.net/publication/333424368_PENGARUH_UKURAN_P
ERUSAHAAN_PROFITABILITAS_LEVERAGE_TIPE_INDUSTRI_DAN_UK
URAN_DEWAN_KOMISARIS_TERHADAP_CORPORATE_SOCIAL_RESPO
NSIBILITY_DISCLOSURE
Sugiyono dan Agus Susanto. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS dan Lisrel. Alfabeta,
Bandung.
Suparman. 2013. Corporate Social Responsibility : Bentuk Tanggung Jawab Sosial dan
Kepedulian Perusahaan dengan Masyarakat. JURNAL INTERAKSI, Vol. II No.2,
Juli 2013 : 69-81.
Triani. (2018). Analisis Pengaruh Keberagaman Dewan Komisaris dan Struktur
Kepemilikan Perusahaan Terhadap Kualitas Pengungkapan Corporate Social
Responsibility. Aset, Maret 2018, Vol.20 No.1, ISSN 1693-928X; hal 57-65.
Untari, L. (2010). “Effect On Company Characteristics Corporate Social Responsibility
Disclosures In Corporate Annual Report of Consumption Listed In Indonesia Stock
Exchange”. Undergraduate Program, Economy Faculty, Gunadarma University.
http:/www.gunadarma.ac.id.
Z, S. F., Makhdalena, & Trisnawati, F. (2016). Pengaruh Komisaris Independen Dan
Komite Audit Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility
Perusahaan Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 s.d 2014, 3(2),
–11.
UU No.40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.
Wahyuningsih, A., & Mahdar, N. M. (2019). Pengaruh Size, Leverage dan Profitabilitas
Terhadap Pengungkapan Csr Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa
Efek Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Widyatama, Arif. (2014). Good Corporate Governance dan Corporate Social
Responsibility; Sebuah Tinjauan Empiris. Jurnal Akuntansi Aktual, Vol. 2, No. 4,
Juni 2014.
Yurdila, M, dkk. (2019). PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN,
DEWAN KOMISARIS, LEVERAGE DAN PENGUNGKAPAN MEDIA
TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
(CSR) PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DAN LISTING DI BURSA
EFEK INDONESIA (BEI). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja (JAKU), Vol.4
No.4, 2019.
Global Reporting Index. https://www.globalreporting.org/
www.google.com/