Analisis kompensasi dan benefit dalam meningkatkan kinerja karyawan pada PT Star Omega Abadi Group

Main Article Content

Mega Puspita Sari
Sherly Maharani

Abstract

Kompensasi dan benefit bermanfaat cukup dalam meningkatkan kinerja karyawan. Kompensasi dan benefit bisa masuk sebagai motivasi bagi seorang karyawan dalam melaksanakan pekerjaan guna mendapatkan hasil yang baik. Apabila karyawan tidak mendapatkan kompensasi dan benefit yang layak maka cenderung akan menggangu kinerja karyawan. Sebaliknya pegawai dengan kompensasi dan benefit layak mampu lebih baik kinerjanya di perusahaan. Penelitian ini ingin menganalisis peran Kompensasi dan Benefit apakah dapat meningkatkan kinerja karyawan di PT Star Omega Abadi Group. Metode penelitian ini yaitu metode pendekatan kualitatif deskriptif. Informannya yaitu karyawan dari PT Star Omega Abadi Group. Pengumpulan data memakai metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah riset dijalankan dapat disimpulkan bahwa kompensasi dan benefit begitu penting menaikkan kinerja karyawan. Meskipun ada aspek dari kompensasi dan benefit yang masih belum memenuhi standar menaikkan kinerja karyawan. Hal ini sebagai akibat dari norma perusahaan masih belum sesuai dengan harapan karyawan.

Article Details

How to Cite
Sari, M. P., & Maharani, S. . (2024). Analisis kompensasi dan benefit dalam meningkatkan kinerja karyawan pada PT Star Omega Abadi Group. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 7(2). https://doi.org/10.55904/fairvalue.v7i2.5158
Section
Articles

References

Ajabar, A. (2020). Manajemen sumber daya manusia. Deepublish.

Azhar, M. E., Nurdin, D. U., & Siswadi, Y. (2020). Pengaruh disiplin kerja dan kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 4(1), 46–60. https://doi.org/10.30601/humaniora.v4i1.422

Busro, M. (2018). Teori-teori manajemen sumber daya manusia. Prenada Media.

Donald E. Kieso, Jerry J. Weygandt Terry D., W. (2015). Intermediate Accounting.pdf.

Fandy Tjiptono, G. C. (2019). Service, quality dan customer satisfaction. Andi.

Haya, M. I., & YPE, Y. A. (2020). Analisa motivasi, kompensasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pemberdyaan Masyarakat dan Desa di Kabupaten Karanganyar. Kelola, 7(1), 68–74. https://www.e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/kelola/article/view/647

Herawati, N., Ranteallo, A. T., & Syafira, K. (2021). Pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan divisi sumber daya manusia pada PT Bhumyamca Sekawan Jakarta Selatan. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(11), 13–22. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/484

Kadarisman. (2016). Manajemen kompensasi. Rajawali Pers.

Lating, A., & Susanto, R. A. (2022). Analisa kompensasi, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan (Studi pada CV. Aryanta Prima Perkasa). Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 16(1), 8–15. https://doi.org/10.33795/adbis.v16i1.1772

Mangkunegara, M. A. P., & Hasibuan, M. M. S. P. (2017). Manajemen sumber daya manusia. Remaja Rosdakarya.

Najoan, J. F., Pangemanan, L. R. J., & Tangkere, E. G. (2018). Pengaruh tunjangan kinerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa. AGRI-SOSIOEKONOMI, 14(1), 11–24. https://doi.org/10.35791/agrsosek.14.1.2018.18888

Ratnasari, I., & Mahmud, A. (2020). Pengaruh gaji dan insentif terhadap kinerja karyawan bagian produksi PT. Uniplastindo Interbuana Pandaan. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(2), 66–79. https://doi.org/10.47201/jamin.v2i2.53

Setyo Widodo, D., & Yandi, A. (2022). Model kinerja karyawan: Kompetensi, kompensasi dan motivasi (Literature review MSDM). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.1

Sugiyono, P. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta.

Tambunan, T. S., & Tambunan, W. R. G. (2019). Hukum bisnis. Prenada Media.

Wening, N., & Purnomo, G. (2019). Analisis pemberian benefit, motivasi, dan komitmen organisasional Aparatur Sipil Negara (ASN). Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 6(1), 17–26. https://doi.org/10.32477/jrm.v6i1.332