Dividend policy, profitability, institutional ownership, firm size, corporate social responsibility on firm value

Authors

  • Alni Rahmawati Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Dian Sistafiani Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32670/fairvalue.v6i3.4347

Keywords:

Dividend Policy, Profitability, Firm Value, Corporate Social Responsibility, Firm Size,

Abstract

The purpose of this research is to examine and analyze the influence of dividend policy, profitability, institutional ownership, firm size, and Corporate Social Responsibility to  firm value. The object of this research is a manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) period 2015-2019. The data used in this study is secondary data in the form of annual financial statements. The sample was chosen by using purposive sampling method and obtained by 63 companies. The analytical method used in this study used multiple linear regression with E-Views 7.1 application tool. The result of the research shows that dividend policy has a significant positive effect on firm value, profitability has positive significant influence to the firm value, institutional ownership has positive significant influence to the firm value, firm size has significant positive influence to the firm value, and Corporate Social Responsibility (CSR) has significant negative influence to the firm value.

References

Ainy, D. N. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kepemilikan Institusional dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 6(4).

Bachrudin, B. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6(4).

Bathala, C.T., K.P. Moon, dan R.P. Rao. (1994). Managerial Ownership, Debt Policy, and the Impact of Institusional Holdings: An Agency Perspective. Financial Management. 23(3).

Brigham, Eugene dan Houston, Joel. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku Satu. Edisi Kesebelas. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, K. R. C., & Sanica, I. G. (2017). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi & Bisnis, 2(1), 231-246.

Firmansah, A., & Suwitho, S. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kebijakan Dividen. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 6(1).

Fista, B. F. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6(5).

Fistyarini, R. K. (2015). Pengaruh Profitabilitas, IOS dan Leverage terhadap Kebijakan Dividen Tunai dengan Dimoderasi Likuiditas. Accounting Analysis Journal, 4(2).

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I dan Ratmono. (2013). Analisis Multivariat dan Ekonometrika: Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan EViews 8. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., dan Chariri, A. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Edisi Pertama.Yogyakarta: Graha.

Hanafi, M. (2014). Manajemen Keuangan Edisi Pertama.Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Hanafi, M., dan Halim, A. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Jensen, M. C., dan Meckling, W. H. (1976). Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics 3(4): 305- 360.

Sari, E. P. P. (2016). Analisis Rasio Keuangan Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas dan Rentabilitas dalam Menilai Kinerja Laporan Keuangan pada PT. Suparma, Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. EQUITY, 2(3).

Setiani, F. R. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Laba dan Corporate Social Responsibilityterhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 4(5).

Sudana, I. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga.

Suffah, R. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen pada Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5(2).

Suharsono, R.S., & Rahmasari, G.A.P.W. (2013). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Cost of Capital (COC) dengan Kepemilikan Institusional sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika. 2(2).

Sugiarto. (2009). Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan dan Informasi Asimetri. Edisi Pertama.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulistyanto, S. (2008). Manajemen Laba (Teori & Model Empiris). Grasindo.

Yahdiyani, A. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6(7).

Yulindar, S. N. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada PT. Semen Indonesia Tbk. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 6(9).

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Rahmawati, A., & Sistafiani, D. . (2024). Dividend policy, profitability, institutional ownership, firm size, corporate social responsibility on firm value. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 6(3), 295–304. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v6i3.4347