Persepsi keamanan wisatawan terhadap infrastruktur

Main Article Content

Rachmat Syam

Abstract

Sarana parkir merupakan salah satu infrastruktur penunjang di berbagai bidang, termasuk pariwisata. Kawasan Alun-alun Bandung yang terletak di Jalan Asia Afrika merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Bandung. Banyaknya wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi menuju Kota Bandung mengakibatkan kebutuhan akan sarana parkir yang aman semakin meningkat. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keselamatan (sense of security) wisatawan terhadap fasilitas parkir basement Alun dengan menggunakan teori perceived risk dari Kaplan et al (1974). Data yang diperoleh diambil dengan menggunakan kuisioner kepada 200 wisatawan secara tidak sengaja, penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif antara lain menggunakan diagram lingkaran, tabel frekuensi, dan tabulasi silang dan dapat disimpulkan bahwa mayoritas wisatawan merasa aman terhadap jenis risiko keuangan ini. , risiko kinerja, dan layanan psiko-sosial di fasilitas parkir. Saat menghadapi risiko fisik, mereka merasa tidak aman.

Article Details

How to Cite
Syam, R. (2022). Persepsi keamanan wisatawan terhadap infrastruktur . Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(Spesial Issue 6). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/3296
Section
Articles

References

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. (2018). Bandung traveller friendly city. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

Hakim, R. (2006), Rancangan Visual Landsekap Jalan Panduan Estetika Dinding Penghalang Kebisingan. PT. Bumi Aksara.

Mua, G. P., Suheri, T. (2017). Tingkat kepuasan masyarakat tentang alun-alun Kota Bandung sebagai ruang terbuka publik. Majalah Ilmiah UNIKOM, 15(2), 263-272.

Khalik, W. (2014). Kajian kenyamanan dan keamanan wisatawan di kawasan pariwisata Kuta Lombok. JUMPA, 1(1), 23-42.

Liana, M., Radam, A., & Yacob, M. R. (2010). Consumer perception towards meat safety: Confirmatory factor analysis. International Journal of Economics and Management, 4(2), 305-318.

Kaplan, Leon B., George J., Szybillo & Jacob, Jacoby. (1974). Components of perceived risk in product purchase: A cross-validation. Journal of Applied Psychology, 59(3), 287- 291