Analisis nilai perusahaan ditinjau dari profitabilitas, struktur aset, pertumbuhan penjualan, kebijakan dividen dan struktur modal pada perusahaan sektor property dan real estate
Keywords:
Profitability, Asset Structure, Sales Growth, Dividend Policy, Capital Structure, Firm ValueAbstract
This study aims to determine the effect of profitability, asset structure, sales growth, dividend policy, and capital structure on firm value in property and real estate sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2017-2021 period of 83 companies. The data used in this study were obtained from financial statement data and annual reports. The population in this study are property and real estate sector companies listed on the Indonesian Stock Exchange. The sampling technique used was the purposive sampling method and obtained 230 sample data from 46 companies. The analysis technique used in this study is multiple linear regression analysis using the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version 22. The results of this study indicate that dividend policy and capital structure have a positive and significant effect on firm value, while profitability, asset structure, and sales growth have no effect on firm value.
References
Anggraini, D., & MY, A. S. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Management & Accounting Expose, 2(1), 1–9.
Ayu, D. P., & Suarjaya, A. A. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(2), 1112–1138. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i08.p03
Diantari, K. I., & Suryanawa, I. K. (2019). Pengaruh Opini Auditor dan Pertumbuhan Penjualan Perusahaan pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 26(2), 1103–1131.
Fara, L., & Fidiana. (2020). Kepemilikan Institusional, Struktur Modal, Keputusan Investasi, Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 9(3), 1–20.
Febrina, N. M., & Hermanto, S. B. (2022). Pengaruh Profitabilitas Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Industri Food & Beverage Di BEI Tahun 2017-2021). Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 11(6), 1–21. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/download/4628/4627
Indasari, A. P., & Yadnyana, I. K. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Likuiditas, Dan Struktur Modal Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22(1), 714–746. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/35491
Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan Edisi 1. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Novela, P., & Yanti, H. B. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan, Struktur Aset dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 1933–1940.
Novita, H., Samosir, R., Rutmia, Sarumaha, K., & Saragih, E. (2022). Pengaruh Harga Saham, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Terdaftar BEI 2018-2020. Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 77–86.
Oktaviarni, F., Murni, Y., & Suprayitno, B. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Kebijakan Dividen, Dan Ukuran Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Sektor Real Estate, Properti, dan Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016). Jurnal Akuntansi, 9(1), 1–16.
Pamungkas, F. A., Wijayanti, A., & Fajri, R. N. (2020). Pengaruh Struktur Aset, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Economic, Public, and Accounting (JEPA), 2(2), 86–102.
Putri, A., & Asyik, N. F. (2019). Pengaruh Struktur Aset, Pertumbuhan Aset, Dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8(3), 1–21.
Rosada, L. A., & Idayati, F. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(1), 256–274.
Sari, T. N., & Rahmawati. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Return On Asset dan Debt to Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Tekstil Dan Garmen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2(3), 124–130.
Sintyana, I. P. H., & Artini, L. G. S. (2019). Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan di BEI. E-Jurnal Manajemen Unud, 8(2), 7717–7745. https://doi.org/10.51903/kompak.v15i1.623
Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355–374. https://doi.org/10.1055/s-2004-820924
Stephanie, & Agustina, D. (2019). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Non–Keuangan Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 21(1), 141–152.
Suryana, N., & Chrisnanti, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Nilai Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi TSM Vol., 2(3), 1–12.
Yohana, Bp, A. I., Kalbuana, N., & Cahyadi, C. I. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang, Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Properti Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 – 2020). Jurnal Riset Akuntansi Politala, 4(2), 58–66. https://doi.org/10.34128/jra.v4i2.79