Analisis perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing dan variable costing untuk menentukan harga jual pada UMKM Java Bakery

Main Article Content

Nadya Kartika
Aswin Akbar

Abstract

The purpose of this study was to analyze the calculation of the cost of production of Donuts carried out at Mr. Isak Nasirin's Java Bakery Business. Analyzing the calculation of the cost of goods produced using the full costing and variable costing methods at the Java Bakery business and the differences and their effect on the selling price. The results of data analysis obtained that the calculation of the cost of goods produced by the owner of Java Bakery and using the full costing method has a difference of Rp 326, -,. The results of the calculation of the cost of production have a difference between the variable costing method and what the company does is Rp 322, - and the determination of the selling price based on the calculation of the full costing method is Rp 1,051, - while the variable costing method is Rp 1,047, -, but Java Bakery usually rounds the selling price per pcs to Rp 2,000. The amount of profit expected by the owner wants 50% of the cost of production per pcs of donuts.

Article Details

How to Cite
Kartika, N. ., & Akbar, A. . (2023). Analisis perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing dan variable costing untuk menentukan harga jual pada UMKM Java Bakery. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(8), 3440–3449. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/2991
Section
Articles

References

Atika, N. (2022). Peran penetapan ODD price dalam meningkatkan penjualan sepatu perspektif marketing syariah. IAIN Kediri.

Aundri, W. F. (2021). Penetapan job order costing dalam penetapan harga pokok produksi pada nimetler project. Jurnal Acitya Ardana, 1(2), 196–199.

Bawiling, E., & Tirayoh, V. Z. (2014). Analisis perhitungan harga pokok dan perlakuan akuntansi atas produk sampingan pada UD Sinar Sakti. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2).

Dawud, M., Namara, I., Chayati, N., & LT, F. M. (2016). Analisis sistem pengendalian pencemaran air Sungai Cisadane Kota Tangerang berbasis masyarakat. Prosiding Semnastek.

Hasyim, R. (2018). Analisis penentuan harga pokok produksi dan harga jual dengan menggunakan metode full costing pada Home Industry Khoiriyah di Taman Sari, Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 65–75.

Indrasari, Y. (2020). Efesiensi saluran distribusi pemasaran kopi rakyat di Desa Gending Waluh Kecamatansempol (Ijen) Bondowoso. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 44–50.

Indraswari, P. S. (2022). Analisis perhitunngan harga pokok produksi dalam menentukan harga jual dengan metode full costing dan variabel costing pada pabrik roti Bali Bakery Jakarta Timur. 2(2), 114–126.

Iswanto, R., Rodin, R., & Jurianto, J. (2019). Analisis sumber informasi budaya suku rejang dalam menciptakan layanan rejang corner perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Curup. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 193–209.

Luthfi, M. (2018). Analisis harga pokok produksi dengan metode full costing dan menentukan harga jual pada PT. Anugrah Permata Indah Perkasa.

Maghfirah, M., & BZ, F. S. (2016). Analisis perhitungan harga pokok produksi dengan penerapan metode full costing pada UMKM Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 1(2), 59–70.

Novrianda, H., Shar, A., & Arisandi, D. (2022). Peningkatan kinerja pemasaran UMKM di Provinsi Bengkulu melalui penerapan teknologi pemasaran digital. Surya Abdimas, 6(1), 189–199.

Rachma, K., Suharyono, S., & Hamid, D. (2013). Pengaruh implementasi relationship marketing terhadap kepuasan dan loyalitas (Survei pada nasabah Bank Rakyat Indonesia Cabang Kawi Malang). Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2).

Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.

Sunyoto. (2016). Metode penelitian akuntansi. PT. Refika Aditama.

Sylvia, R. (2018). Analisis perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing dan variabel costing pada Tahu Mama Kokom Kotabaru. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 12(1), 53–59.