Dampak orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening pada UMKM Kota Sukabumi

Main Article Content

Zeffanya Raphael Wijaya
Mariati Tirta Wiyata
Rosa Nurfalah

Abstract

This study aims to determine The Impact of Market Orientation on Marketing Performance and Competitive Advantage in Sukabumi City SMEs. This study uses a quantitative method with a descriptive approach using a questionnaire distributed to 100 respondents with a sampling technique using Probability Sampling where researchers provide equal opportunities for each population to be selected as sample members who have criteria as SMEs in Sukabumi City. Testing the intrument in this study using valisity and reability tests, data analysis techniques using descriptive analysis using classical assumption test cosisting of normality test, heteroscedasticity test and multicollinearity test then regression analisys consisting of hypothesis t test and f test and using path analysis. The results of the study show that: (1) Market Orientation has an effect on Marketing Performance. (2) Market Orientation has an effect on Competitive Advantage. (3) Market Orientation has an effect on Marketing Performance with Competitive Advantage variable as an intervening variable.

Article Details

How to Cite
Wijaya, Z. R. ., Wiyata, M. T. ., & Nurfalah, R. . (2023). Dampak orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening pada UMKM Kota Sukabumi. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(8), 3475–3482. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/2985
Section
Articles

References

Dewi, N. M. P., & Ekawati, N. W. (2017). Peran keunggulan bersaing dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran (Studi UKM Laundry di Kecamatan Kuta Selatan). Manajemen Unud, 6(9), 4947–4977.

Fatmawati, R. A., Pradhanawati, A., & Ngatno, N. (2016). Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran pada warung kucingan/angkringan di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 351–362.

Fiona. (2020, October). Benarkah UMKM lebih bisa bertahan di tengah krisis? Qasir.

Dewi, N. M. P., & Ekawati, N. W. (2017). Peran keunggulan bersaing dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran (Studi UKM Laundry di Kecamatan Kuta Selatan). Manajemen Unud, 6(9), 4947–4977.

Fatmawati, R. A., Pradhanawati, A., & Ngatno, N. (2016). Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran pada warung kucingan/angkringan di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 351–362.

Fiona. (2020, October). Benarkah UMKM lebih bisa bertahan di tengah krisis? Qasir.

Gischa, S. (2020, February). Penyebab krisis moneter di Indonesia. Kompas.Com.

Harini, S., Silaningsih, E., & Putri, M. E. (2022). Pengaruh orientasi pasar, kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 6(1), 67–82.

Hidayanti, K. F. (2021, February). Inilah dampak virus corona bagi perekonomian Indonesia. Glints.Com.

Manambing, A., Mandey, S., & Tielung, M. V. J. (2018). Analisis pengaruh orientasi pasar dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran (Studi kasus UMKM kuliner tinutuan di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).

Mardiyono, A. (2015). Pengaruh orientasi pasar, pembelajaran organisasi terhadap keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja pemasaran (Tinjauan Teoritis). Serat Acitya, 4(1), 48.

Merakati, I., Rusdarti, R., & Wahyono, W. (2017). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, orientansi kewirausahaan melalui keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Journal of Economic Education, 6(2), 114–123.

Morrisan, M. A. (2015). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Kencana.

Myrell Parera, M. S. D. J. (2018). Aglomerasi perekonomian di Indonesia (P. . Cakti Indra Gunawan, SE., MM. (ed.)). CV. IRDH (Research & Publishing).

Narver, J. C., & Slater, S. F. (2013). Market orientation and the learning organization. Journal of Marketing, 63–74.

Nashihah, M. (2018). Analisis pengaruh orientasi pasar dan kemampuan berinovasi terhadap kinerja pemasaran di BTN Syari’ah Semarang. IAIN Salatiga.

Pattipeilohy, V. R. (2018). Inovasi produk dan keunggulan bersaing: Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada usaha nasi Kuning di Kelurahan batu Meja Kota Ambon). Jurnal Maneksi, 7(1), 66–73.

Pertiwi, Y. D., & Siswoyo, B. B. (2016). Pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kripik buah di kota Batu.

Prabawati, A., & Handayani, M. (2019). Orientasi pasar dan inovasi produk pengaruhnya terhadap kinerja pemasaran dengan variabel intervening keunggulan bersaing pada UMKM Kecamatan Kaliwates. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 18(2), 1–17.

Purba, A. S. (2019). Analisis strategi bersaing dalam persaingan bisnis properti residensial (rumah tinggal) di Kota Manado. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 7(4).

Rahmidani, R. (2015). Penggunaan e-commerce dalam bisnis sebagai sumber keunggulan bersaing perusahaan. Pengguna. E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusah., No. C, 345–352.