Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the effect of firm size, profitability, and leverage on firm value. The design in this study is to use quantitative associative research. Data sourced from secondary data in the form of library research. The population of this study is the food and beverage sector companies that have been included in the IDX list for 2018-2020. Sampling using purposive sampling. The data that has been obtained will be analyzed using multiple linear regression techniques. But before that, a test will be carried out using the classical assumption test technique. This study shows that firm size and profitability have a positive and significant impact on firm value. Meanwhile, leverage has a negative and significant effect on firm value. Investors who want to invest in a company, especially a food and beverage company, must know and consider the company's performance and value which can be reflected in several aspects of financial ratios such as Size, DAR, ROA because these ratios can assess the level of risk of investing in shares in the company food and drink.
Article Details
References
Aryanti, N., Dewi, R. R., & Siddi, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(1), 224–229.
Astuti, N. K. B., & Yadnya, I. P. (2019). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan melalui kebijakan dividen. Udayana University.
Awulle, I. D., Murni, S., & Rondonuwu, C. N. (2018). Pengaruh profitabilitas likuiditas solvabilitas dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).
Badruddien, Y., Gustyana, T. T., & Dewi, A. S. (2017). Pengaruh good corporate governance, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (Studi empiris pada sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015). EProceedings of Management, 4(3), 2236–2243.
Dewantari, N. L. S., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2019). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage serta profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan food and beverages di BEI. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 74–83.
Dewi, N., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. E-Jurnal Manajemen, 8(5), 3028–3056.
Gita, R. D., & Yusuf, A. A. (2019). Pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Indonesian Journal of Strategic Management, 2(1), 67–82.
Handayani, F., & Martha, L. (2019). Hubungan antara profitabilitas dengan nilai perusahaan yang dimoderasi oleh Corporate Social Responsibility. INA-Rxiv.
Handayani, S., & Karnawati, Y. (2021). Relevansi informasi dalam pengambilan keputusan investor di pasar modal. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 12(1), 77–92.
Himawan, H. M. (2020). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate yang go public di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(1).
Khoirunnisa, M., & Asih, Y. B. (2021). Effect of liquidity, inventory intensity, leverage, and corporate size on tax aggressiveness on pharmaceutical companies. Indonesian Journal of Economy, Business, Entrepreneurship and Finance, 1(3), 245–257.
Kusumawati, R., & Rosady, I. (2018). Pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 147–160.
Lisa, E., & Sutama, D. R. (2018). Pengaruh leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 10(1), 21–39.
Muharramah, R., & Hakim, M. Z. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 569–576.
Nandita, A., & Kusumawati, R. (2018). Pengaruh profitabilitas, leverage, size, dan kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan. Change Agent For Management Journal, 2(2), 188–199.
Natalie, V., & Lisiantara, G. A. (2022). Pengaruh profitabilitas (ROA), likuiditas (AKO), ukuran perusahaan (SIZE), dan leverage (LTDER) terhadap nilai perusahaan. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(4), 4175–4186.
Putra, S. A., & Wahyuni, D. U. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan semen di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(5), 1–18.
Putri, S. W., & Ramadhan, Y. (2020). Pengaruh kebijakan deviden, leverage, ukuran perusahaan,dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. JCA of Economics and Business, 1(01), 64–77.
Salehi, M., Zimon, G., Arianpoor, A., & Gholezoo, F. E. (2022). The impact of investment efficiency on firm value and moderating role of institutional ownership and board independence. Journal of Risk and Financial Management, 15(4), 170.
Setiawati, L. W., & Lim, M. (2018). Analisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan pengungkapan sosial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Jurnal Akuntansi, 12(1), 29–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25170%2Fjrak.V12I1%25y.
Solikahan, E. Z., Ratnawati, K., & Djawahir, A. H. (2013). Pengaruh leverage dan investasi terhadap nilai perusahaan (Studi pada perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(3), 427–433.
Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I. K. (2017). Pengaruh leverage, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti. Udayana University.
Yanti, I. G. A. D. N., & Darmayanti, N. P. A. (2019). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, struktur modal, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan makanan dan minuman. Udayana University.