Dampak bauran penjual terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel moderasi
DOI:
https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i1.2263Keywords:
Marketing Mix, Consumer Loyalty, Consumer Satisfaction, Retail, SalesAbstract
This study aims to measure and analyze the effect of managerial ownership, institutional ownership, profitability, leverage and audit quality. This study uses a quantitative approach. In this study, sampling was carried out using a purposive sampling technique. The type of data used in this study is secondary data, namely data obtained indirectly through intermediary media. The secondary data used in this study is in the form of annual financial reports or annual reports of manufacturing companies listed on the IDX for the 2018-2020 period. The sample criteria set by the author are 223 companies with a number of years of observation for 3 years, then outliers are carried out so as to produce a research sample of 180 companies. The results of this study are managerial ownership and audit quality have no effect on earnings management, institutional ownership and profitability have a positive effect on earnings management, while leverage has a negative effect on earnings management..
References
Agustin, S., Budiyanto, B., & Ridwan, M. (2011). Kepuasan pelanggan memediasi hubungan store image dan ekspektasi pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 15(3), 396–415.
Alma, B. (2014). Manajemen penjual dan penjual jasa. Alfabeta.
Asmara Indahingwati, S. E. (2019). Kepuasan konsumen dan citra institusi kepolisian pada kualitas layanan Sim Corner Indonesia. CV. Jakad Media Publishing.
Astuti, M., & Amanda, A. R. (2020). Pengantar manajemen pemasaran. Deepublish.
Desrianto, D., & Afridola, S. (2020). Lokasi dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada coffee town bakery di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1).
Hurriyati, R. (2015). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen : Fokus pada konsumen kartu kredit perbankan.
Indrasari, L. D. (2017). Analisis pengaruh retail marketing mix terhadap loyalitas konsumen pada pasar modern. J. Urnal JATI UNIK, 1(1), 45–47.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip–prinsip manajemen pemasaran. Erlangga.
Kurniawan, D., & Widajanti, E. (2015). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian rokok Djarum Super dengan kepuasan konsumen sebagai variabel moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(3).
Likumahwa, F. M. (2020). Analisis pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel moderasi. DINAMIS, 17(2 Desember), 25–32.
Odekamaru, J. C. (2019). Analisis preferensi konsumen millennial dalam berbelanja di toko konvensional, department store dan e-commerce. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Vol, 7, 521–534.
Putri, H. D., Batubara, I. W. S., & Aisyah, S. (2022). Analisis managemen rantai pasok halal di Indonesia. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 2116–2125.
Saputra, F. I. (2013). Kualitas layanan, citra dan pengaruhnya terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(3), 445–457.
Sugiyono, P. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta.
Wijaya, A., Fathurrohman, Y. E., Sisca, S., Mathory, E. A. S., Ernanda, R., Purnomo, Y. J., Hutabarat, M. L. P., Nugroho, A., Wardhana, M. A., & Purba, B. (2021). Ilmu manajemen pemasaran: Analisis dan strategi. Yayasan Kita Menulis.