Analisis pengaruh kompetensi, dan sertifikasi terhadap kinerja guru yang dimediasi motivasi pada guru SMK se Kabupaten Manokwari

Main Article Content

Edi Sugiono
Andini Wulandari
Obelani Mandacan

Abstract

This study aims to analyze the effect of competence and certification on teacher performance mediated by teacher motivation at SMK in Manokwari Regency and to provide suggestions on how teacher performance should be evaluated. Competence (X1) and certification (X2) are independent variables. The dependent variable is teacher performance (Y) and the intervening variable is motivation (Z). The research approach used for this research is in accordance with quantitative research, namely interviews, observations, and surveys. The model was analyzed using SEM AMOS statistical software version 22. The survey-based data was collected from 100 respondents. This study found that competence directly has a positive and significant effect on motivation. Certification has a direct and significant negative effect on motivation. Certification competence, as well as each motivation, have a direct impact on teacher performance. directly has a positive and significant effect on teacher performance. Certification has a negative and significant effect on teacher performance through motivation.

Article Details

How to Cite
Sugiono, E. ., Wulandari, A. ., & Mandacan, O. . (2022). Analisis pengaruh kompetensi, dan sertifikasi terhadap kinerja guru yang dimediasi motivasi pada guru SMK se Kabupaten Manokwari. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(Spesial Issue 5), 2164–2173. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4iSpesial Issue 5.2119
Section
Articles

References

Anwar Prabu Mangkunegara. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung. PT, Remaja Rosdakarya.

Amstrong, Mischael, 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Sofyan dan Haryanto. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Amstrong & Kotler. (2003). Dasar- Dasar Pemasaran, Jilid I, Edisi Kesembilan. Jakarat: PT. Indeks Gramedia.

Atmosoeprapto, Kisdarto, 2000, Menuju SDM Berdaya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Andrian, Irianto. 2001. Panduan Pengembangan Organisasi. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik Papua Barat, 2017. Indeks Pembangunan Manusia

Carona Elianur. (2017). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Agama di Sekolah Dasar Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal As-Salam, 1(1) Januari- April 2017. (Print ISSN 2528-1402, Online ISSN 2549-5593)

David Wijaya. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Berbasis Kompetensi Guru dalam Rangka Membangun Keunggulan Bersaing Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur - No.12 No,8.

Dessler. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT. Prenhalindo. Direktorat Jenderal. Guru Tenaga Kependidikan. 2019.

Fuad (2019). Pengaruh Program Sertifikasi terhadap Motivasi dan Kinerja Guru. Volume Nomor 2 Edisi Sepetember 2019.P-ISSN:2746-8240

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural. Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24.0. Update Bayesian SEM. In Model Persamaan Struktural. Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24. Update Bayesian SEM.

Gomes, Faustino Cardoso. 2000. Manjemen Sumber Daya Manusia. edisi 1. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara.

Hary Susanto. 2012. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru Sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 2, Juni 2012.

Hair, J. F., Black, W. C., & Babin, A. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

Hair, J. F., Christian, & Marko. (2017). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Springer International Publishing.

Heriswanto. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMPN I Lambuya Kab. Konawe Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akrab Juara Volume 3 Nomor 3 Edisi Agustus 2018 (136-152).

Hesti Murwati. 2013. Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru di SMK Negeri Se-Surakarta. Jurnal pendidikan bisnis dan ekonomi. Vol, 1. No, 1. 2013.

Husein, Umar.1999. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Irianto, J. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: Cendekia

Jesika Sela 2018. Pengaruh Kompetensi Dan Desain Pelatihan Terhadap Efektivitas Pelatihan Guru Sma/Smk/Ma Manado Pada Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Administrasi. Vol 6, No, 4. ISSN 2303-1174.

Keizer, dan Pringgabayu. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, Dan Budaya Sekolah, Terhadap Kinerja Guru Di SMK ICB Cinta Niaga Kota Bandung. Jurnal Manjemen Bisinis dan Inovasi. Vol.4 No.1. ISSN: 2356-3966.

Koswara dan Rasto. 2016. Kompentensi dan Kinerja guru berdasarkan sertifikasi profesi. Jurnal pendidikan manajemen Perkantoran. Vol 1, No 1 Agustus 2016.

Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Kunartinah dan Fajar Sukoco. 2010. Pengaruh Pendidikan dan pelatihan, Pembelajaran organisasi terhadap kinerja dengan kompentensi sebagai mediasi. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol 17, No 1. ISSN 1412-3126.

Kuncoro, Mudrajad. 200. Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Kusmianto.1997. Panduan Penilaian Kinerja Guru Oleh Pengawas. Jakarta: Erlangga.

Mangkunegara, Anwar Prabu AA. 2007. Evaluasi Kinerja Sumber daya Manusia. cetakan ketiga, Bandung: Refika Aditama.

Muhamad Ansori dkk. 2017. Profesionalisme Guru Akuntansi Pasca Sertifikasi.

Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. ISSN 2302-2663.

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Prenada Media Group.

Mulyasa. 2005. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Mulyasa, (2005). Manajemen berbasis sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa,E. (2007) Standar Kompetensi dan sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Monika, I Gusti Ayu. (2019). Determinasi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Etos Kerja Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Volume 11, Nomor 1, Juli, Th. 2020, Hal. 42-5

Notoatmodjo, 1998, Pengembangan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Nurhattati Fuad. 2012. Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Kinerja Guru PAI di SMP dan MTS. Jurnal Manjemen Pendidikan. Vol 3, No 3, 2012.

Olim. 2013. Modul Manajemen Pendidikan orang Dewasa. Bandung.

Pemerintah Indonesia. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Pemerintah Indonesia. 2000. Undang-Undang Nomor 101 Tahun 2000 Tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil.

Pemerintah Republik Indonesia.2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Pemerintah Republik Indonesia.2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompentensi.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009.

Prawirosentono, Suryadi. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE. Pusat Pendidikan Nasional. 2015.

P. Ardana, I.M. Yudana, D.G.H Divayana (2020). Kontribusi Sertifikasi Guru,Motivasi Kerja Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia.Vol. 11 No. 1, Th. 2020. ISSN 2613-9561

Ramly. 2006. Pumping Teaching. Memompa Teknik Pengajaran Menjadi Guru Kaya. Kawan Pustaka. Depok.

Rivai, Veithzal. 2005. Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi, PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi,

Jilid 1, Edisi 8, Prenhallindo, Jakarta.

Rohimah, S. (2013). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Dan Kepuasan Kerja Guru Sma Islamic Village Karawaci Tangerang. (Tesis) Program Pascasarjana Universitas Bina Esa Jakarta.

Sujianto. 2012. Pengembangan profesionalitas berkelanjutan Guru bersertifikat pendidik di SMK rumpun Teknologi. Jurnal Kejuruan dan Teknologi. Vol. 35, No. 1, Pebruari 2012.

Suprihatininggrum, J. .2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: ArRuzz Media. Sujanto, Bejdo. 2009. Cara Efektif Menuju Sertifikasi Guru. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Soedijarto. 1993. Memantapkan Sistem Pendidikan Nasional. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Suyatno. 2008. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Sugiyono, Edi; Rahajeng, Rita. Pengaruh budaya organisasi, gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai melalui motivasi pegawai sebagai variabel intervening pada dinas ketahanan pangan, kelautan dan pertanian Provinsi DKI Jakarta tahun 2020. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 2022, 4.7: 2691-2708.

Uno Hamzah dan Lamatenggo, Nina.2012. Teori kinerja dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Husaini. 2011. Manajemen. Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Yuliana dkk. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Pelatihan Guru Terhadap Profesionalisme Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Di MI, MTS Dan SMK Yayasan Pesantren Darul Abror Kedungjati. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA) Volume 21 Nomor 01 Tahun 2019

Wibowo, Mungkin Eddy. 2004. Standarisasi, Sertifikasi, dan Lisensi Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Surabaya: Seminar Nasional Pendidikan.

Wijaya dan Rusyan. 1994. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Wijanto, S. H. (2008). Structural Equation Modelling dengan Lisrel 8.8: Konsep dan Tutorial. Graha Ilmu