Peran moderasi good corporate governance pada hubungan corporate social responsibility dengan nilai perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Main Article Content

Novita Dwi Susanti
Susi Handayani

Abstract

This purpose of this study to examine and analyze the moderating role of good corporate
governance in the relationship between corporate social responsibility and the value of
mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2020 period. The
method in this study uses quantitative methods with secondary data obtained from
www.idx.co.id and the official website of the sample company website. The independent
variable of this research uses corporate social responsibility disclosure. The dependent
variable used is the firm value proxied by Tobins q. the moderating variable is good
corporate governance in the form of an independent board of commissioners. The
analytical method used is Moderated Regression Analysis (MRA). The results showed that
CSR had a significant effect on firm value and good corporate governance had a
significant effect on the relationship between CSR and firm value.

Article Details

How to Cite
Susanti, N. D. ., & Handayani, . S. . (2022). Peran moderasi good corporate governance pada hubungan corporate social responsibility dengan nilai perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia . Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(11), 4848–4856. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i11.1816
Section
Articles

References

Dianthe, L. M. (2020). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja

perusahaan dengan corporate governance sebagai pemoderasi (Studi pada perusahaan yang

terdaftar di BEI tahun 2014-2018). Universitas Brawijaya.

Dianthe, L. M. (2021). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja

perusahaan dengan corporate governance sebagai pemoderasi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Universitas Brawijaya, 9, 1–16.

Firmansyah, D., Surasni, N. K., & Pancawati, S. (2020). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan

Dengan Good Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. E-

Jurnal Akuntansi, 30(1), 163. https://doi.org/10.24843/EJA.2020.v30.i01.p12

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan Ke

VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 96.

Kaban, A., Sihombing, M., & Tarigan, U. (2017). Analisis prinsip-prinsip good corporate governance

pada perusahaan pembiayaan. Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal, 7(1),

–16.

Kabir, R., & Thai, H. M. (2017). Does corporate governance shape the relationship between corporate

social responsibility and financial performance? Pacific Accounting Review.

Karina, D. R. M., & Setiadi, I. (2020). Pengaruh Csr Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Gcg Sebagai

Pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 6(1), 37.

https://doi.org/10.26486/jramb.v6i1.1054

Kim, K.-H., Kim, M., & Qian, C. (2018). Effects of corporate social responsibility on corporate

financial performance: A competitive-action perspective. Journal of Management, 44(3), 1097–

Lako, A. (2011). Dekonstruksi CSR dan reformasi paradigma bisnis dan akuntansi. Erlangga.

Muhammad, J. (2018). Pengaruh good corporate governance dan corporate social responsibility

terhadap nilai perusahaan (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek

Indonesia tahun 2012–2016). Universitas Islam Indonesia.

Muhlis, M., & Gultom, K. S. (2021). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap

nilai perusahaan BUMN sektor pertambangan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(1), 191–198.

Mukhtaruddin, M., Ubaidillah, U., Dewi, K., Hakiki, A., & Nopriyanto, N. (2019). Good corporate

governance, corporate social responsibility, firm value, and financial performance as moderating variable. Indonesian Journal of Sustainability Accounting and Management, 3(1), 55–64.

Muntoro, R. K. (2006). Membangun Dewan Komisaris yang Efektif. Artikel Lembaga Management

Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Nahda, K., & Harjito, D. A. (2011). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai

Perusahaan dengan Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Siasat Bisnis, 15(1),

–12. https://doi.org/10.20885/jsb.vol15.iss1.art1

Natanagara, D. M. (2015). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap respon nilai

perusahaan pada subsektor semen, keramik, plastik, dan kimia. Business Accounting Review, 3(2),

–280.

Permatasari, F., & Widianingsih, L. P. (2020). Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi.

Media Akuntansi Dan Perpajakan Indonesia, 1(2), 87–114.

https://doi.org/10.37715/mapi.v1i2.1404

Suminar, R., & Idayati, F. (2019). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan

Sebagai Variabel Pemoderating ( Pada Perusahaaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Jurnal

Ilmu Dan Riset Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, 6(3), 1–

Zulfia, N., & Widijoko, G. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas

Terhadap Nilai Perusahan dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. 1–