Analisa model utaut (unified theory of acceptance and use of technology) dalam peningkatan penggunaan layanan transaksi digital Bank Mandiri pada masa pandemi covid-19
Main Article Content
Abstract
The journal aims to explain the research on increasing users of digital banking transaction services, namely Mandiri Online / New Livin by Mandiri during the COVID-19 pandemic using the Unified Theory of Acceptance and Usage of Technology (UTAUT) model and quantitative research methods with surveys conducted to 300 respondents in the West Jakarta Trade Cluster area. The results of the research are in the form of identifying factors that have a positive correlation with increasing the use of Mandiri Online / New Livin during the COVID-19 pandemic so that they can be used as guidelines for taking
Article Details
References
Andriyani, D. (2019). Jumlah pengguna aktif gojek di Indonesia setara dengan aplikasi ride sharing terbesar dunia. Ekonomibisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20190829/98/1141953/jumlah-pengguna-aktif-gojek-di-indonesia-setara-dengan-aplikasi-ride-sharing-terbesar-dunia
APJII. (2018). Hasil survei penetrasi dan perilaku pengguna internet Indonesia 2018. APJII.or.Id. https://apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018
Ari, D. P. S. (2013). Pengaruh technology acceptance model dan pengembangannya dalam perilaku menggunakan core banking system. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 17(2), 267–278.
Bank Mandiri. (2022). Annual report 2021 PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Bendi, R., & Andayani, S. (2013). Analisis perilaku penggunaan sistem informasi menggunakan model UTAUT. Semantik 2013, 3(1), 277–282.
Bimo, W. A. (2021). Penilaian penggunaan dompet digital saat pandemi covid-19. Moneter: Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 9(2), 37–42.
Binus. (2020). Perbankan era 4.0 : Potensi, risiko dan tantangan transformasi. Binus University. https://maksi.binus.ac.id/2020/09/15/perbankan-era-4-0-potensi-risiko-dan-tantangan-transformasi/
Darmawan, P. F. (2019). Analisis penerimaan pengguna aplikasi cerdas layanan perizinan terpadu untuk publik (Sicantik) pada dinas penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu (Dpmpptsp) menggunakan pendekatan Utaut. Karmapati (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 8(2), 379–393.
Herlambang, A. D., & Dewanti, A. (2018). Minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 12(1), 48–55.
Indah, M., & Agustin, H. (2019). Penerapan model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) untuk memahami niat dan perilaku aktual pengguna Go-pay di kota Padang. JURNAL EKSPLORASI AKUNTANSI (JEA), 1(4), 1949–1967.
Jatmiko, L. D. (2022). Transaksi Livin by Mandiri sentuh Rp1.630 triliun per Desember 2021. Financial Bisnis. https://finansial.bisnis.com/read/20220313/90/1509954/transaksi-livin-by-mandiri-sentuh-rp1630-triliun-per-desember-2021
Mostafa, R. B. (2020). Mobile banking service quality: A new avenue for customer value co-creation. International Journal of Bank Marketing, 38(5), 1107–1132.
Mustaqim, R. N., Kusyanti, A., & Aryadita, H. (2018). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan e-commerce xyz menggunakan model UTAUT (Unified Theory Acceptance and Use Of Technology). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548, 964X.
Narayana, I. W. G. (2019). Analisis penerapan model UTAUT terhadap perilaku pengguna e-learning. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 5(1), 158–164.
Sa’idah, N. (2017). Analisis penggunaan sistem pendaftaran online (E-health) berdasarkan unified theory of acceptance and use of technology (uTAuT). Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 5(1), 72–81.