Pengembangan e-modul berbasis flipbook maker untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas XII SMK

Main Article Content

Ifa Afifah Dianawati
I Nyoman Suputra

Abstract

This study aims to develop an e-module based on a flipbook maker in the subject of Public
Relations and Protocol Governance Automation to improve learning outcomes for class
XII students of the Office Governance Automation Expertise Program at SMK PGRI 6
Malang. The model used by the researcher is Research and Development (RnD) with the
Borg and Gall development model. Research and development used in research can be in
the form of conceptual models, theoretical models, and procedural models. This study uses
two types of data, namely quantitative data and qualitative data. Quantitative data consists
of two types, namely data that comes from the results of the validation assessment of the
flipbook maker-based e-module product by the validator. Qualitative research data,
namely comments and suggestions from the subject of research trials and product
development of flipbook maker-based e-modules. the results of the validation of material
experts are 88, 33% are very valid, module experts are 91, 25% are very valid and field
trials are 87, 27% are very valid.

Article Details

How to Cite
Dianawati, I. A. ., & Suputra, I. N. (2022). Pengembangan e-modul berbasis flipbook maker untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas XII SMK. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9), 3815–3825. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i9.1557
Section
Articles

References

Alexander, A., Rahayu, H.M. & Kurniawan, A.D. 2018. Pengembangan Penuntun Praktikum

Fotosintesis Berbasis Audio Visual Menggunakan Program Camtacia Studio di SMAN 1 Hulu

Gurung. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 75–82. Dari

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/12075/9764.

Dwicha Asda, V. & Andromeda. 2021. Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning

Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 710–716. Dari

https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/423/pdf.

Evenddy, S.S., Hamer, W., Pujiastuti, H. & Haryadi, R. 2021. The Development of 3D Flipbook ELearning Module of English Mathematics Profession. IOP Conference Series: Earth and

Environmental Science, 1796(1), 0–8. Dari https://www.scinapse.io/papers/3139967561.

Fadilah, B.N., Ahmad, J. & Farida, N. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching

and Learning (CTL) pada Materi Geometri Transformasi dengan Berbantuan Flipbook Maker.

Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–11.

Fauzan, M. 2016. Pembuatan Electronic Book ( E-Book ) Bahasa Arab Dengan Software Flip Book

Maker. Prosiding Kenferensi Nasional Bahasa Arab, 228–244. Dari http://prosiding.arabum.com/index.php/konasbara/article/view/64.

Kalinda, P.K.D., Maharta, N. & Ertikanto, C. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika

Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika,

(3), 123–132. Dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/8663.

Permata, M.D., Safitri, A. & Jumadi. 2021. Developing an E-Module Physics-Based Kvisoft Flipbook

Maker to Enhance the Concept of Understanding for the Senior High School Student.

Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020), 541(Isse 2020),

–501. Dari https://www.atlantis-press.com/proceedings/isse-20/125954779.

Puspitasari, R., Hamdani, D. & Risdianto, E. 2020. Pengembangan E-Modul Berbasis Hots Berbantuan

Flipbook Marker Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 247–

Dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika/article/view/11910/6912.

Rostikawati, T., Suryanti, Y., Noviyanti, R.U. & Rahmadi. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis

Flipbook Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JPI

(Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2). Dari

https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/56525/33428https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/5652

/33428.

Sa’diyah, K. 2021. Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook untuk Mempermudah

Pembelajaran Jarak Jauh di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. Dari

https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/561.

Safitri, S.N., Churiyah, M., Arief, M. & Zen, F. 2021. Pengembangan E ‐ modul berdasarkan aplikasi

Pdf Flipbook untuk meningkatkan kemampuan menulis dan kemampuan belajar mandiri peserta

didik ( E ‐ module based on the corporate Pdf Flipbook application. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan

Pendidikan, 1(6), 589–599. Dari http://journal3.um.ac.id/index.php/fe/article/view/1129.

Santosa, A.S.E., Santyadiputra, G.S. & Divayana, D.G.H. 2017. Pengembangan E-Modul Berbasis

Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas

Xii Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smk Ti Bali Global Singaraja. Kumpulan Artikel

Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 62–72. Dari

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/9269.

Sari, D.A.P., Hidayat, M. & Kurniawan, W. 2019a. Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis

Pendekatan Saintifik Materi Getaran Harmonis Menggunakan Kvsoft Flipbook Maker. Jurnal

Pendidikan Fisika, 4(1), 79–91. Dari https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4528.

Sari, Y.P., Sunaryo., Serevina, V. & Astra, I.M. 2019b. Developing E-Module for fluids based on

problem-based learning (PBL) for senior high school students. Journal of Physics: Conference

Series, 1185(1), 0–7. Dari https://ui.adsabs.harvard.edu/abs/2019JPhCS1185a2052S/abstract.

Shobahah, E.N. 2018. Pengembangan e-modul digital flipbook berbasis discovery learning pada materi

sistem penyimpanan arsip kelas x otkp 1 di smkn 10 Surabaya. Jurnal pendidikan Administrasi

Perkantoran, 6(1), 70–77. Dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index

Desimal:

Sugiyanti, M.H., Agustini, K. & Santyadiputra, G.S. 2017. Penerapan E-Modul Komunikasi Data

Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Kumpulan Artikel Mahasiswa

Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(3), 366. Dari

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/12072.

Widiana, F.H. & Rosy, B. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata

Pelajaran Teknologi Perkantoran. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3728–3739. Dari

https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1265.

Wijaya, S.A. & Jumadi. 2021. Developing Kvisoft Flipbook Maker-Based Physics E-Module to Build

on Critical Thinking Skills of Senior High School Students. Proceedings of the 6th International

Seminar on Science Education (ISSE 2020), 541(Isse 2020), 515–521. Dari https://www.atlantispress.com/proceedings/isse-20/125954722.

Wijayanti, N.P.A., Damayanthi, L.P.E., Sunarya, I.M.G. & Putrama, I.M. 2016. Pengembangan EModul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas

X Studi Kasus Di Smk Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2),

–197. Dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/8526.