Pengaruh karakteristik syariah marketing dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah BSI KCP Probolinggo Sudirman dengan kepuasan sebagai variabel intervening

Authors

  • Sayfi Hidayanti Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Maula Nasrifah Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i9.1540

Keywords:

Karakteristik Syariah marketing, Relationship marketing, Loyalitas Nasabah, Kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik Syariah marketing dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah di BSI KCP Probolinggo Sudirman dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan kepada nasabah BSI KCP Probolinggo Sudirman baik nasabah pendanaan maupun pembiayaan sebanyak 2.768 nasabah. Jumlah sampel ditetapkan menggunakan rumus slovin dengan margin of error atau batas kesalahan yang mungkin terjadi sebesar 10% sehingga dari rumus tersebut dibutuhkan sebanyak 97 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan sampel yang diambil menggunakan purposive random sampling. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif dan metode penelitian yang digunakan ialah path analysis atau analisis jalur dengan bantuan alat analisis SPSS versi 25. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara tidak langsung karakteristik Syariah marketing dan relationship marketing melalui kepuasan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sehingga hipotesis yang berbunyi ada pengaruh karakteristik Syariah marketing dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah di BSI KCP Probolinggo Sudirman dengan kepuasan sebagai variabel intervening dapat diterima.

References

Al Arif, M. (2015). Dasar-dasar ppemasaran bank syariah. Alfabeta.

Bayanuloh, I. (2019). Marketing syariah. Deepublish.

Christopher, M., Payne, A., & Ballantyne, D. (2013). Relationship marketing. Routledge.

Departemen Komunikasi. (2021). Indonesia raih peringkat pertama Islamic Finance Country Index

(IFCI) pada global islamic finance report 2021. BI.Go.Id.

https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_2328321.aspx

Fandy, T., Chandra, G., & Adriana, D. (2012). Pemasaran strategik. Andi Offset.

Fitri, W. (2022). Pengaruh integritas perbankan syariah sebagai sektor keuangan dalam meningkatkan

perekonomian Indonesia pada masa pandemi. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 8(1), 317–333.

Ghodang, H. (2020). Path analysis (analisis jalur). Penerbit Mitra Grup.

Hasanah, K. (2016). Pengaruh karakteristik marketing syariah terhadap keputusan menjadi nasabah

BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi dan Perbankan

Syariah, 3(1), 26-45.

Kalimah, S., Sy, M., & Nur Fadilah, S. E. (2017). Marketing syariah: Hubungan antara agama dan

ekonomi. LPPM IAI Ibrahimy Genteng Press Editor: Rima Trianingsih M. Pd., Erisy ….

Nurhisam, L. (2017). Etika marketing syariah. IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah,

(2), 171–193.

Nurlan, F. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif. CV. Pilar Nusantara.

OJK. (2021). Statistik perbankan syariah. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-danstatistik/statistik-perbankan-syariah/default.aspx

Simamora, J. M. (2021). Pengaruh service excellence dan relationship marketing terhadap loyalitas

konsumen pada CV Bersinar Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(1),

–19.

Widiastuti, T., & Suhaji, S. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah. Jurnal Ilmiah

Aset, 23(1), 53–62.

Wijayanto, K. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah bank.

Jurnal Manajemen Dayasaing, 17(1), 38–45.

Downloads

Published

2022-04-25

How to Cite

Hidayanti, S. ., & Nasrifah, M. . (2022). Pengaruh karakteristik syariah marketing dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah BSI KCP Probolinggo Sudirman dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9), 3783–3789. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i9.1540