Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Pemasaran Digital Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan di Apartemen Kemang Grup PT Pudjiadi Prestige Tbk Jakarta

Authors

  • Anis Rostiani Universitas Nasional
  • Rahayu Lestari Universitas Nasional
  • Andini Nurwulandari Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4iSpesial%20Issue%204.1309

Keywords:

Product Quality, Service Quality, Digital Marketing, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

Abstract

The  purpose  of  this  research  are  to  analysis  effect  of  product quality, quality of service and digital marketing to customer loyalty through customer satisfaction. 150 people for sampel from tenant and People who have ever rented on Kemang Apartment Group PT Pudjiadi Prestige Tbk. Data were collected by questionnaires and Structural Equation Model (SEM) were applies as an analysis technique. The results analysis showed that product quality, quality of service and digital marketing positive effect on customer loyalty through customer satisfaction. The Implication is product quality, quality of service and digital marketing need to be increased in order to improve customer loyalty through customer satisfaction.

References

Abbas, F. (2015). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Home Industry Moshimoshi Cake Samarinda. EJournal Administrasi Bisnis, 3(1), 246.

Angger, A. (2020). Pengantar Manajemen. AE Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Manajemen/9zfvDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Arabic, corporate governance. (2015). Analisis struktur kovarians indikator terkait kesehatan pada lansia di rumah dengan fokus pada kesehatan subjektif No Title. 1–27.

Ardhana, O. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Caesar Semarang). Skripsi, 31.

Chakti, G. (2019). of Digital MarketingThe Book. Celebes Media Perkasa. https://www.google.co.id/books/edition/THE_BOOK_OF_DIGITAL_MARKETING/OQzBDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Fatihudin, Didin dan Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Pemasaran_Jasa/txyPDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=manajemen+pemasaran+jasa+adalah&printsec=frontcover

Febriani, V. A. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pasien Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Dr . Cipto Mangunkusumo). Studi Pada Pasien Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, 1, 1–14.

Firmansyah, Farid dan Haryanto, R. (2019). Manajemen Kualitas Jasa Peningkatan Kepuasan & Loyalitas Pelanggan (A. Fauzi (ed.)). Duta Media Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Kualitas_Jasa/gdf7DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kualitas+pelayanan+menurut+Kotler+(2000)&printsec=frontcover

Fuad, D. (2000). Pengantar Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Bisnis/EVfWJ7nbd-kC?hl=id&gbpv=1

Halim, F. dkk. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran_Jasa/m2gYEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Anggota Luar Biasa. https://www.google.co.id/books/edition/PEMASARAN_DAN_KEPUASA_PELANGGAN/PYfCDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Irawan, H. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT Elex Media Komputindo. https://www.google.co.id/books/edition/10_Prinsip_Kepuasan_Plgn/hiXN56xUoG8C?hl=id&gbpv=1

Lindawati, S. dkk. (2020). Pemasaran Digital. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Pemasaran_Digital/nyr5DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pemasaran+digital&printsec=frontcover

Mulyadi. (2007). No Title (3rd ed.). Penerbit Salemba Empat. https://www.google.co.id/books/edition/Sistem_Perencanaan_Pengendalian_Manajeme/UKBxNmEi4CEC?hl=id&gbpv=1&dq=kualitas+produk&pg=PA42&printsec=frontcover

Normasari, S. (2013). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN Survei padaTamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 6(2), 77767.

Nurdiansyah, Haris dan Rahman, R. S. (2019). Pengantar Manajemen. Diandra Kreatif. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Manajemen/ZjqnDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Perwira, B., Yulianto, E., & Kumadji, S. (2016). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya yang Melakukan Transaksi Pembelian Online dengan Mobile Application Tokopedia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(2), 46–54.

Rahayu, E. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen T-Mart Express Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.114

Rangkuti, F. (2013). Customer Service Satisfaction & Call Center. Kompas Gramedia Bulding. https://www.google.co.id/books/edition/Customer_Service_Satiscaction_Call_Centr/BqBLDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kualitas+pelayanan+adalah&printsec=frontcover

Rauf, A. dkk. (2021). Digital Marketing : Konsep dan Strategi (Romindo (ed.)). Insania. https://www.google.co.id/books/edition/Digital_Marketing_Konsep_dan_Strategi/nSU5EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Salsiah, A. (2015). Kemampuan Menyusun Hipotesis Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 190. https://doi.org/10.21009/jpd.062.01

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran/5OiZDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Sidiq, R. (n.d.). Teknik Berjualan dengan Digital Marketing. UDACODING. https://www.google.co.id/books/edition/Teknik_Berjualan_dengan_Digital_Marketin/hZuxDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Sigit, K. N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 21(1), 157–168. https://doi.org/10.26905/jkdp.v21i1.1236

Waspodo, A. A., Handayani, N. C., & Paramita, W. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Stres Kerja terhadap Turnover Intention pada Karyawan PT. Unitex di Bogor. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 4(1), 97–115.

Wijayanto, D. (2012). Pengantar Manajemen. Gramedia Pustaka Utama. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Manajemen/c0hODwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Downloads

Published

2022-02-20

How to Cite

Anis Rostiani, Rahayu Lestari, & Andini Nurwulandari. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Pemasaran Digital Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan di Apartemen Kemang Grup PT Pudjiadi Prestige Tbk Jakarta. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(Spesial Issue 4), 1989–2003. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4iSpesial Issue 4.1309