Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Pemasaran Digital Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan di Apartemen Kemang Grup PT Pudjiadi Prestige Tbk Jakarta
Main Article Content
Abstract
The purpose of this research are to analysis effect of product quality, quality of service and digital marketing to customer loyalty through customer satisfaction. 150 people for sampel from tenant and People who have ever rented on Kemang Apartment Group PT Pudjiadi Prestige Tbk. Data were collected by questionnaires and Structural Equation Model (SEM) were applies as an analysis technique. The results analysis showed that product quality, quality of service and digital marketing positive effect on customer loyalty through customer satisfaction. The Implication is product quality, quality of service and digital marketing need to be increased in order to improve customer loyalty through customer satisfaction.
Article Details
References
Abbas, F. (2015). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Home Industry Moshimoshi Cake Samarinda. EJournal Administrasi Bisnis, 3(1), 246.
Angger, A. (2020). Pengantar Manajemen. AE Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Manajemen/9zfvDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Arabic, corporate governance. (2015). Analisis struktur kovarians indikator terkait kesehatan pada lansia di rumah dengan fokus pada kesehatan subjektif No Title. 1–27.
Ardhana, O. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Caesar Semarang). Skripsi, 31.
Chakti, G. (2019). of Digital MarketingThe Book. Celebes Media Perkasa. https://www.google.co.id/books/edition/THE_BOOK_OF_DIGITAL_MARKETING/OQzBDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Fatihudin, Didin dan Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Pemasaran_Jasa/txyPDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=manajemen+pemasaran+jasa+adalah&printsec=frontcover
Febriani, V. A. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pasien Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Dr . Cipto Mangunkusumo). Studi Pada Pasien Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, 1, 1–14.
Firmansyah, Farid dan Haryanto, R. (2019). Manajemen Kualitas Jasa Peningkatan Kepuasan & Loyalitas Pelanggan (A. Fauzi (ed.)). Duta Media Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Kualitas_Jasa/gdf7DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kualitas+pelayanan+menurut+Kotler+(2000)&printsec=frontcover
Fuad, D. (2000). Pengantar Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Bisnis/EVfWJ7nbd-kC?hl=id&gbpv=1
Halim, F. dkk. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran_Jasa/m2gYEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Anggota Luar Biasa. https://www.google.co.id/books/edition/PEMASARAN_DAN_KEPUASA_PELANGGAN/PYfCDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Irawan, H. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT Elex Media Komputindo. https://www.google.co.id/books/edition/10_Prinsip_Kepuasan_Plgn/hiXN56xUoG8C?hl=id&gbpv=1
Lindawati, S. dkk. (2020). Pemasaran Digital. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Pemasaran_Digital/nyr5DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pemasaran+digital&printsec=frontcover
Mulyadi. (2007). No Title (3rd ed.). Penerbit Salemba Empat. https://www.google.co.id/books/edition/Sistem_Perencanaan_Pengendalian_Manajeme/UKBxNmEi4CEC?hl=id&gbpv=1&dq=kualitas+produk&pg=PA42&printsec=frontcover
Normasari, S. (2013). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN Survei padaTamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 6(2), 77767.
Nurdiansyah, Haris dan Rahman, R. S. (2019). Pengantar Manajemen. Diandra Kreatif. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Manajemen/ZjqnDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Perwira, B., Yulianto, E., & Kumadji, S. (2016). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya yang Melakukan Transaksi Pembelian Online dengan Mobile Application Tokopedia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(2), 46–54.
Rahayu, E. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen T-Mart Express Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.114
Rangkuti, F. (2013). Customer Service Satisfaction & Call Center. Kompas Gramedia Bulding. https://www.google.co.id/books/edition/Customer_Service_Satiscaction_Call_Centr/BqBLDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kualitas+pelayanan+adalah&printsec=frontcover
Rauf, A. dkk. (2021). Digital Marketing : Konsep dan Strategi (Romindo (ed.)). Insania. https://www.google.co.id/books/edition/Digital_Marketing_Konsep_dan_Strategi/nSU5EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Salsiah, A. (2015). Kemampuan Menyusun Hipotesis Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 190. https://doi.org/10.21009/jpd.062.01
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran/5OiZDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Sidiq, R. (n.d.). Teknik Berjualan dengan Digital Marketing. UDACODING. https://www.google.co.id/books/edition/Teknik_Berjualan_dengan_Digital_Marketin/hZuxDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Sigit, K. N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 21(1), 157–168. https://doi.org/10.26905/jkdp.v21i1.1236
Waspodo, A. A., Handayani, N. C., & Paramita, W. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Stres Kerja terhadap Turnover Intention pada Karyawan PT. Unitex di Bogor. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 4(1), 97–115.
Wijayanto, D. (2012). Pengantar Manajemen. Gramedia Pustaka Utama. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Manajemen/c0hODwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0