STRATEGI BERTAHAN BRAND "APPLE" DIMASA PANDEMI COVID19 DAN PENERAPANNYA PADA UMKM DI KOTA MALANG SEBAGAI UPAYA KEBERLANGSUNGAN USAHA

Main Article Content

Dwi Dayanti Oktavia
Riyanto Setiawan Suharsono

Abstract

This research was conducted to find out the survival strategy used by Apple during the Covid-19 pandemic so that it can answer what MSME actors can do to be able to maintain their business in the midst of the Covid-19 Pandemic that hit the world. The research method used is the research method used in this study is a qualitative analysis with exploratory steps with participatory observation techniques. Sources of data used are primary data in the form of observations and secondary data in the form of data collected, processed and presented by other parties in the form of books and results of previous research related to MSMEs. Respondents or informants in this study are infinite. The results of this study indicate that the survival strategy carried out by the "Apple" Brand, namely innovation, can be applied to MSMEs in Malang City and has a very good impact on business continuity during the Covid 19 Pandemic Period.

Article Details

How to Cite
Dwi Dayanti Oktavia, & Riyanto Setiawan Suharsono. (2022). STRATEGI BERTAHAN BRAND "APPLE" DIMASA PANDEMI COVID19 DAN PENERAPANNYA PADA UMKM DI KOTA MALANG SEBAGAI UPAYA KEBERLANGSUNGAN USAHA. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(8), 3773–3779. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i8.1177
Section
Articles

References

Alfatha, M.Y. dan Yuniawan, A. 2018. Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik dan Mutu Informasi Terhadap Produktivitas Karyawan dengan Perilaku Adaptif sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management. Vol. 7, No. 4, Hal. 1-12.

Faruq, M.A dan Usman, I. 2014. Penyusunan Strategi Bisnis dan Strategi Operasi Usaha kecil dan Menengah Pada Perusahaan Konveksi Scissors di Surabaya, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 7. No. 3, Desember 2014

Hastuti, Puji, dkk. 2020 Kewirausahaan dan UMKM. Yayasan Kita Menulis. Medan

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200916085135-37-187135/. Tekan Dampak Pandemi Apple Luncurkan Produk Baru Ini. Diakses 14 April 2021

https://inet.detik.com/business/d-5209592/. Strategi Baru Apple Kirim Iphone Ke Konsumen Lebih Cepat Diakses 14 April 2021

https://www.merdeka.com/teknologi/. Apple Disebut Jadi Vendor Smartphone Yang Terkuat Dihantam Pandemi. Diakses 14 April 2021

https://www.jurnal.id/id/blog/10. Strategi Marketing Apple Yang Bisa Anda Pelajari. Diakses 14 April 2021

Laura, Wan Hardilawati. 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19.Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10 No. 1

Masihad, A. 2016. Penerapan Budaya Organisasi di KSPPS Berkah Mitra Hasanah Genuk. Tesis UIN Walisongo. eprints.walisongo.ac.id

Nurshabrina, dkk. 2021. Strategi Bertahan UMKM Paguyubun Sewelas Penjaringansari Dalam Menghadapu Pandemi. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Volume 8 Nomor 2,

Pikiranrakyat.com, UMKM Harus Mampu Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Tipsnya oleh Satrio Widianto. Diakses tanggal 20 Oktober 2020 Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar. Cendikia Indonesia

Suryani, Evi. 2021. Analisis Dampak Covid19 Terhadap UMKM (Studi Kasus : Home Industru Klepon di Kota Baru Driyorejo). Jurnal Inovasi Penelitian Vol.1 No.8

Susilo, Y.S., dan Handoko, B.S. 2002. “Dampak Krisis Ekonomi Terhadap Kinerja Sektor Industri: Pendekatan Model Keseimbangan Umum Terapan INDORANI”, Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia, XVIII (3), Juli 2002: 243 – 257.

Susilo, Y.S., dan Krisnadewara, P.D. 2007. “Strategi Bertahan Industri kecil Pasca Gempa Bumi di Yogyakarta”, Ekonomi dan Bisnis, IX (2), Juni 2007: 127 – 146.

UU Nomor 20. 2008. Tentang usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 93.

Widhiandono, H.; Miftahuddin, MA; dan Darmawan, A. 2016. Pengaruh Faktor Internal, Faktor Eksternal, dan Faktor Pendidikan Terhadap Intensi Kewiusahaan Alumni Mahasiswa, Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis & Call For Paper FEB UMSIDA.

Vidyatmoko, D. dan Rosadi, A.H.Y. 2015. Faktor Utama Kesuksesan Wirausaha di Industri Pangan. Jurnal Manajemen Teknologi Vol.14. No.1.

Winata F.A. dan Sugiarto, M. 2014. Pengaruh Kualitas Hubungan dan Kemampuan Adaptasi Terhadap Lingkungan Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Dan Implikasinya Pada Kinerja Perusahaan (Studi pada PT. Aga Pratama). Jurnal Bisnis Strategi. Vol. 25 No. 1 Juli 2016.

Yumna, A. dan Nelonda, S. 2018. Analisis Peran Leadership Style Pengusaha Wanita dalam Meningkatkan Daya Hidup (Viability) Kluster UMKM di Sumatera Barat. Jurnal Economac Volume 2 Issue 1 April 2018.