Pelatihan Pembuatan Konten Digital bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Sekitar Kampus Ikopin

Authors

  • Jaka Sudewa Institut Manajemen Koperasi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32670/ecoopsday.v2i1.471

Keywords:

Pemasaran digital, Konten Digital, Promosi

Abstract

Perkembangan  teknologi yang semakin pesat, ketatnya persaingan  dunia usaha dan kondisi yang diakibatkan pandemi Covid-19 menuntut para pelaku usaha untuk dapat mengikuti perkembangan zaman dengan memacu kreativitas  serta inovasi agar dapat mempertahankan  dan bahkan mampu meningkatkan  usahanya. Salah satu teknologi yang mendukung perkembangan  UMKM, terutama dalam mempromosikan suatu produk atau brand yang dapat menjangkau konsumennya secara tepat waktu, hemat biaya dan tepat sasaran,  adalah penggunaan  media elektronik yang dikenal dengan istilah pemasaran digital. Pemasaran digital membentuk jaringan online dengan penerapan teknologi digital  seperti  website, email, market  place,  social  media,  dan berbagai  inovasi  terbaru  lainnya. Teknologi digital dapat memberikan kontribusi dalam kegiatan pemasaran sehingga pelaku UMKM bisa  mendapatkan  keuntungan  dan  mempertahankan   konsumen.     Untuk  memperkuat  UMKM terutama dalam hal pemasaran  secara digital,   perlu dipahami  fondasinya  dan salah satu fondasi tersebut adalah konten secara terus menerus.   Untuk memberikan pemahaman tentang konten yang tepat  maka dirancang  program  pelatihan  bagi pelaku  UMKM  khususnya  yang berada di sekitar kampus Ikopin yang terdaftar  sebagai  UMKM  Jabar Juara.   Metode pelatihan  dilakukan  dengan penyampaian teori yang dilanjutkan dengan praktek pembuatan konten dengan aplikasi yang dipilih yaitu Canva. Peserta berpartisipasi aktif dalam mengikuti pelatihan sehingga pada akhir sesi mereka mampu membuat sebuah konten promosi digital yang menarik.

Downloads

Published

2021-06-11

How to Cite

Jaka Sudewa. (2021). Pelatihan Pembuatan Konten Digital bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Sekitar Kampus Ikopin. E-Coops-Day, 2(1), 59–64. https://doi.org/10.32670/ecoopsday.v2i1.471