Peningkatan Kualitas Pelayanan Kepada Konsumen Akhir Melalui Variasi Produk Kue UKM

Authors

  • Iwan Mulyana Institut Manajemen Koperasi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32670/ecoopsday.v2i1.467

Keywords:

Kualitas pelayanan, Variasi Produk, UKM

Abstract

Pengabdian  kepada  masyarakat  ini  difokuskan  pada  pelaku  bisnis  usaha  kecil  menengah  yang bergerak  di bidang  makanan  dan  minuman.  Kegiatan  ini  dilakukan  di  Kabupaten  Pangandaran berdasarkan  pertimbangan   peluang  bisnis  UKM  makanan  dan  minuman  masih  tinggi  karena Kabupaten Pangandaran masih dalam pembenahan wilayah dalam berbagai sektor termasuk bidang ekonomi yang berbasis pariwisata. Dengan pertimbangan itu maka Eti Snack menjadi pilihan untuk melakukan  Tridharma  dalam pengabdian  kepada masyarakat  ini. Metode  yang digunakan  dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode konsultasi. Tujuannya untuk peningkatan kualitas pelayanan UKM tersebut melalui variasi produk. Berdasarkan  hasil konsultasi tersebut Eti Snack mulai mengembangkan variasi produknya dengan bahan baku yang berkualitas dan proses produksi yang lebih higienis dan pengemasan yang lebih cantik buat meningkatkan pelayanan yang lebih baik. Atas hasilnya tersebut pelanggan tetap loyal untuk membeli produk yang dihasilkan Eti Snack.

Downloads

Published

2021-06-11

How to Cite

Iwan Mulyana. (2021). Peningkatan Kualitas Pelayanan Kepada Konsumen Akhir Melalui Variasi Produk Kue UKM. E-Coops-Day, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.32670/ecoopsday.v2i1.467