Peningkatan Komitmen Anggota dan Pengurus Koperasi Dalam Pengembangan Bisnis Koperasi Dekopinda Se-Jawa Barat

Authors

  • Suarny Amran Institut Manajemen Koperasi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55904/ecoopsday.v2i1.463%20for%20articles

Keywords:

Komitmen, Bisnis Koperasi

Abstract

Pengembangan   bisnis  sangat  tergantung  pada  komitmen.  Seseorang  yang  berkomitmen  tinggi terhadap organisasinya memiliki tendensi untuk menganggap dirinya sebagai bagian dari organisasi tersebut. Komitmen anggota dan pengurus dalam organisasi koperasi merupakan  keyakinan antara koperasi dengan anggotanya bahwa hubungan keduanya sangat penting sehingga harus terus diperhatikan  dan ditingkatkan.  Dalam  konteks  tersebut,  Dekopinwil  maupun  Dekopinda  sebagai Gerakan koperasi yang memiliki tugas, dan peran memperjuangkan  kepentingan dan menyalurkan aspirasi  anggotanya  untuk  meningkatkan  komitmen  dalam  pengembangan  bisnis  koperasi  agar dapat  meningkatkan     daya  saing  koperasi  menyelenggarakan   kegiatan  pelatihan.    Diharapkan dengan pelatihan ini anggota koperasi menyadari posisinya sebagai aset utama koperasi, sehingga partisipasi  anggota sangat dibutuhkan  dengan memahami  posisi anggota, yakni sebagai pengguna jasa dan pemilik bersama. Anggota koperasi harus menyadari peran ganda sebagai pemilik bersama dari perusahaan bersama, yang telah dia buat sendiri dengan kontribusi mereka sendiri untuk menyediakan  layanan  yang  akan  dia  gunakan  sebagai  mitra  bisnis.  Demikian  halnya  pengurus sebagai  pengelola  harus  memperhatikan   dan  memberikan   pelayanan   prima  terhadap  anggota koperasi sebagai pelanggan atau pengguna jasa koperasi.

Downloads

Published

2021-06-11

How to Cite

Suarny Amran. (2021). Peningkatan Komitmen Anggota dan Pengurus Koperasi Dalam Pengembangan Bisnis Koperasi Dekopinda Se-Jawa Barat. E-Coops-Day, 2(1), 13–18. https://doi.org/10.55904/ecoopsday.v2i1.463 for articles