KONSULTASI BAURAN PEMASARAN DAN PEMBUKUAN SEDERHANA PADA USAHA KECIL RESELLER KAOS OBLONG
DOI:
https://doi.org/10.32670/ecoopsday.v1i2.400Keywords:
Usaha Kecil, Bauran Pemasaran dan Jatidiri koperasiAbstract
Pengabdian kepada masyarakat melalui usaha kecil reseller kaos oblong dan pakaian second dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam pengelolaan pemasarannya melalui bauran pemasaran yang baik dan pembukuan transaksi secara sederhana serta memberikan pemahaman tentang perkoperasian untuk menumbuhkan minat berkoperasi melalui pemahaman jatidiri koperasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap aktivitas usaha yang dijalankan pengusaha kecil reseller kaos oblong, ada hal yang harus diperbaiki dalam pengelolaan bauran pemasarannya serta pembukuan transaksinya. Selain itu keinginan belajar yang tinggi dan rasa kepercayaan yang dibarengi dengan semangat untuk bekerja keras dan mau belajar dalam bidang pemasaran , pembukuan dan perkoperasian. Usaha kecil yang dijalankan oleh pemilik dengan rekan kerjanya dimulai dari ide yang diwujudkan dalam kerjasama usaha dengan rekan-rekanya untuk membuka room di tempat yang sudah disediakan dan membagi peran dan tugas masing-masing yang ditanganinya. Adapun pembagian keuntungan masih dibagi rata. Pelaku usaha kecil ini diberikan wawasan tentang manajemen bauran pemasaran, pembukuan sederhana dan tentang perkoperasian. Kesimpulannya mereka perlu dibina lebih lanjut dalam bidang manajemen pemasaran produk secara online. Sarannya agar mereka dapat mengikuti pelatihan yang tepat dalam pemasaran dan pembukuan.